Dokumentasi

Syuriyah NU Cilacap Gelar Rapat Kerja Cabang, Ini Agendanya

Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap melakasanakan Rapat Kerja Cabang dengan beberapa agenda pembahasan, Ahad (20/6) di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap. Hadir dalam Rapat Kerja Cabang Syuriyah tersebut antara lain Wakil Rais Syuriyah KH Maslahudin dan Katib Syuriyah K Abdal Malik.

Kepada NU Cilacap Online, K Abdal Malik menyatakan bahwa Rapat Kerja Cabang Syuriyah NU Cilacap ini merupakan tindak lanjut dari amanat Muskercab-2 tahun 2021 yang dilaksanakan bulan Maret tahun 2021 yang lalu.

“Komisi Syuriyah Muskercab-2 tahun 2021 memutuskan agar internal Syuriyah juga responsif dengan pelaksanaan program kerja oleh tanfidziyah. Dengan Rapat Kerja Cabang ini, dimaksudkan untuk meguatkan mekanisme respon dalam penguatan kelembagaan syuriyah,” katanya.

Rapat Kerja Cabang Syuriyah NU Cilacap dihadiri juga oleh Pengurus Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se Kabupaten Cilacap.

Rapat Kerja ini untuk tingkat Cabang, jadi Kami menghadirkan unsur Syuriyah MWCNU. DI tingkat MWCNU, juga sebaiknya bisa mulai ditradisikan Rapat Kerja Syuriyah, karena ini bagian dari amanat AD ART NU yang harus dilaksanakan,” tegas Kiai Addal Malik.

Agenda Rapat Kerja Cabang Syuriyah membahas 7 (tujuh) pokok pelaksanaan kegiatan sebagai perwujudan program kerja; masing-masing;

(1) perwujudan Syuriyah sebagai uswah jamiyyah dan jamaah;
(2) tentang permusyawaratan Syuriyah;
(3) Perluasan wewenang Syuriyah,
(4) Peningkatan Kapasitas Syuriyah;
(5) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Syuriyah oleh sekretariat syuriyah;
(6) Pemanfaatan teknologi media sosial oleh syuriyah untuk koordinasi dengan syuriyah MWCNU;
(7) Komunikasi dan koordinasi intensif antara jajaran katib dan sekretariat di tingkatan cabang dan MWCNU

KH Maslahudin, selaku Wakil Rais Syuriyah menegaskan, perwujudan Syuriyah sebagai uswah jam’iyyah dan jama’ah: di antaranya ditempuh dengan memastikan semua personal jajaran syuriyah terdata dalam SISNU PWNU Jawa Tengah dan memiliki KARTANU; memastikan semua personal jajaran Syuriyah terjangkau penggalangan dana melalui koin gocap dan mengoptimalkan keterlibatan aktif jajaran syuriyah dalam kegiatan organisasi sesuai tingkatannya

Menyinggung masalah Rapat Kerja, dikatakan KH Maslahudin, bahwa ini bagian dari permusyawaratan Syuriyah di tingkat Cabang.

“Syuriyah memiliki kewenangan mengadakan dan atau memperbanyak rapat-rapat Syuriyah di tingkatan cabang dan Wakil Cabang, dan ini akan kami tindaklanjuti di kemudian hari” katanya.

Baca Artikel Terkait:

Dengan perluasan Wewenang Syuriyah ditegaskan agar Syuriyah bersama para Wakil Ketua diberi wewenang dan didelegasikan untuk membawahi (mendampingi dan mengawasi) beberapa lembaga lembaga prioritas dan badan otonom NU

Sebagai tindaklanjut dari Rapat Kerja Cabang Syuriyah, akan dilaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Syuriyah MWCNU dan Ranting NU untuk bersama-sama menggerakkan organisasi Ranting NU.

“Melalui sekretariat NU Cilacap, PCNU akan menjadwalkan silaturahmi ke masing-masing MWCNU mulai bulan Juli 2021. Diharapkan minimal tiap bulan satu kegiatan satu MWCNU, dan diikuti oleh Syuriyah Ranting NU” ungkap K Abdal Malik.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 + fifteen =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button