Tujuan Dan Usaha NU (Nahdlatul Ulama)

Tujuan Dan Usaha NU. Nahdlatul Ulama memiliki tujuan dan melaksanakan usaha-usaha di bidang agama pendidikan sosial ekonomi

Nahdlatul Ulama / NU adalah Perkumpulan/Jam’iyyah Diniyyah Islamiyyah Ijtima’iyyah (Organisasi Sosial Keagamaan Islam) mempinyai tujuan untuk menciptakan kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa, dan ketinggian harkat dan martabat manusia (Bab IV Pasal 8 AD NU ayat 1).

Tujuan dan Usaha NUTujuan organisasi NU / Nahdlatul Ulama adalah berlakunya ajaran Islam yang menganut faham Ahlusunnah wal jamaaah untuk terwujudnya tatanan masyarakat yang berkeadilan demi kemaslahatan, kesejahteraan umat dan demi terciptanya rahmat bagi semesta (Bab IV Pasal 8 AD NU ayat  2).

Lalu, apa saja usaha-usaha NU di bidang bidang agama pendidikan sosial ekonomi? Secara garis besar, usaha-usaha NU adalah sebagai berikut:

Usaha Usaha NU

Untuk mewujudkan tujuan sebagaimana Pasal 8 di atas, maka NU / Nahdlatul Ulama melaksanakan usaha-usaha sebagai berikut (Bab IV Pasal 9 AD NU ayat 1):

  1. Usaha NU di bidang agama, mengupayakan terlaksananya ajaran Islam yang menganut faham Ahlusunnah wal Jamaah. 
  2. Usaha NU di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan mengupayakan terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran serta pengembangan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran Islam untuk membina umat agar menjadi muslim yang taqwa, berbudi luhur, berpengetahuan luas dan terampil, serta berguna bagi agama, bangsa, dan negara.
  3. Usaha NU di bidang sosial, mengupayakan dan mendorong pemberdayaan di bidang kesehatan, kemaslahatan dan ketahanan keluarga, dan pendampingan masyarakat yang terpinggirkan (mustadl’afin).
  4. Sementara itu Usaha NU di bidang ekonomi, mengupayakan peningkatan pendapatan masyarakat dan lapangan kerja/usaha untuk kemakmuran yang merata.
  5. Mengembangkan usaha-usaha lain melalui kerjasama dengan pihak dalam maupun luar negeri yang bermanfaat bagi masyarakat banyak guna terwujudnya Khaira Ummah.

Untuk melaksanakan tujuan dan usaha-usaha sebagaimana dimaksud Pasal 8 dan 9, Nahdlatul UIama membentuk perangkat organisasi NU, yang meliputi: Lembaga dan Badan Otonom yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kesatuan organisasi Jam’iyah Nahdlatul Ulama (Bab VI Pasal 13 AD NU ayat 1).

Baca Juga

Sejarah Organisasi NU
Struktur Organisasi NU
Paham Keagamaan NU
Perangkat Organisasi NU

Masing-masing struktur Organisasi NU memiliki Tujuan dan Usaha. Namun Tujuan dan Usaha NU yang paling pokok dalam AD ART menjadi pedoman bagi struktur yang ada. Misalnya, MWCNU, Ranting NU, Lembaga NU dan Badan Otonom NU.

Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online ini juga merupakan bagian dari contoh usaha organisasi NU, dalam mengembangkan dakwah dan pemikiran melalui media online.

Demikian artikel tentang Tujuan dan Usaha NU. Semoga bisa menambah pengetahuan bersama.

Back to top button