Taushiyah

Taushiyah. Artikel, Ceramah,  Pandangan, Nasehat, Pendapat Ulama Nahdlatul Ulama sebagai organisasi Islam Aswaja tentang keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, keislaman, kemasyarakatan dan lain sebagainya.

Arti kata asal Taushiyah atau Tausiyah adalah wasiat, memberi wasiat. Contoh Wasiat, Khatib pada Khutbah Jumat selalui berwasiat kepada diri dan jamaahnya, atau orang yang memberikan wasiat sebelum meninggal dunia.

Arti Taushiyah atau Tausiyah juga berarti nasehat agama yang disampaikan, antara lain melalui metode ceramah keagamaan Islam. Tergantung pada konteksnya. Dalam sebuah ayat Al Qur’an, dimaknai sebagai “saling menasehati”, “memberi nasihat”. contohnya kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran (QS. Al ‘Ashr [103]: 3)

Di halaman ini, disajikan corak Taushiyah yang lebih luas yang bersumber, terutama dari para Alim Ulama di Jamiyyah Nahdlatul Ulama. Ia bisa saja berupa ceramah, pidato baik formal organisasi maupun non formal seperti dalam sebuah pengajian, tradisi khas warga NU.

Semoga, halaman ini bermanfaat untuk pembaca semuanya. Dan artikel-artikel taushiyah yang disajikan NU Cilacap Online, bisa menghadirkan pemahaman, wawasan, hingga ilmu dan pengetahuan yang baru tentang keagamaan Islam, kebangsaan, kenegaraan, keislaman, kemasyarakatan dan lain sebagainya.

Back to top button