Islam Aswaja

Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) merupakan satu dari beberapa aliran dalam teologi Islam, ISLAM ASWAJA sendiri menunjukkan corak kepenganutan, penghayatan dan pengamalan Islam menurut Aliran / Manhaj Aswaja, termasuk yang dianut mayoritas umat Islam Nusantara / se Indonesia.

Definisi Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) pernah disampaikan oleh Pendiri Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) Hadlrotusy Syekh Muhammad Hasyim Asy’ari. Menurut beliau, Ahlussunnah Wal Jamaah adalah golongan atau pengikut madzhab, yang:

  1. Dalam akidah, mengikuti salah satu dari Imam Abu Hasan Al Asyari dan Imam Abu Manshur Al Maturidi.
  2. Dalam ubudiyah (praktik peribadatan) mengikuti salah satu Imam (Madzhab) Empat: Imam Abu Hanifah, Imam Malik bin Anas, Imam Muhammad as Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal
  3. Dalam hal ber tasawuf mengikuti salah satu dari dua Imam: Qasim Al Junaidi Al Baghdadi dan Abu Hamid Muhammad Al Ghazali.

Sementara itu, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj (1983) memberikan definisi Ahlussunnah Wal Jamaah sebagai orang-orang yang memiliki metode berfikir keagamaan yang mencakup semua aspek kehidupan yang berlandaskan atas dasar-dasar moderasi, menjaga keseimbangan dan toleransi.

Ada ragam definisi, namun secara ringkas bisa disampaikan bahwa Ahlussunnah Wal Jamaah adalah semua orang yang berjalan dan selalu menetapkan ajaran Rasulullah Muhammad S.A.W. dan para sahabat sebagai pijakan hukum baik dalam masalah aqidah, syari’ah maupun tasawuf.

Ahlussunnah Wal Jamaah disamping sebagai faham keagamaan, juga haluan dalam berislam, dianut oleh orang per orang dalam pengertian individu, juga dianut sekelompok orang dalam organisasi termasuk organisasi Nahdlatul Ulama.

NU Cilacap melalui Situs Online di halaman Website Islam Aswaja ini menyajikan artikel dan informasi yang berhubungan dengan Islam Manhaj Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) Al Nahdliyyah khususnya berkaitan dengan persoalan Keislaman, Keindonesiaan, Kebangsaan dan kehidupan sehari hari umat Islam Nusantara.

Terima kasih atas kunjungan anda ke NU Cilacap Online. Posting artikel-artikel di bawah ini semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.

Back to top button