MWCNU Sampang

MWCNU Sampang. Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama / MWCNU Sampang merupakan salah satu Struktur Organisasi NU di tingkat Kecamatan. MWCNU Sampang membawahi struktur organisasi Ranting NU sejumlah 10 (sepuluh) Ranting NU.

Sekilas sejarah pendirian dan  perkembangan MWCNU Sampang.

Tahun 1990 M, Sampang dan 9 desa di sekitarnya masih masuk dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Selang setahun berikutnya yakni tahun 1991, Gubernur Jawa Tengah; H. Isma’il kala itu mencanangkan program pemekaran wilayah kecamatan dan Sampang resmi menjadi kecamatan tersendiri.

Seiring dengan pemekaran wilayah kecamatan tersebut, maka MWCNU Maos membuka ruang gerak bagi jajaran Ulama Sampang untuk menyusun pengurus baru yakni MWCNU Sampang. Terpilih sebagai Rois Syuriyah, Kyai Slamet Isma’il dari Karangjati dan Katib Kyai Daenuri dari Nusajati.

Sebagai ketua tanfidziyah  terpilih Kyai Rochmat Ridwan dari Desa Sampang, sekretaris Mohammad Sokhib, S.Pd.  Adapun luas kecamatan Sampang meliputi sepuluh desa, yakni: Sampang, Karangtengah, Karangasem, Karangjati, Sidasari, Ketanggung, Paberasan, Nusajati, Brani dan Paketingan.

Karena masih terbatasnya SDM dan tata kelola organisasi saat itu, pengurus berjalan sampai lewat periodisasi yang semestinya. Pengurus MWCNU Sampang berjalan alami tanpa knferensi sampai kisaran tahun 2005.

Konferensi baru digelar tahun 2006 di SMP/SMA Diponegoro Sampang dan terpilih sebagai Rois Syuriyah, K. Abdul Mughits dan Katib, KH. M. Sururudin. Sedangkan Ketua Tanfidziyah terpilih K. M. Sokhib, S.Pd. dan sekretaris Muchamim, S.Ag untuk 2006-2011.

Untuk konferensi MWCNU Sampang kedua digelar di MI Darwata Nusajati bulan November 2011. Perubahan struktur MWCNU Sampang terjadi dengan komposisi; Rois Syuriyah, KH. M. Jarir dan Katib, KH.M.Sururudin. Sedangkan ketua masih dijabat oleh K. Muh. Sokhib, S.Pd. dan sekretaris Imam Asy’ari, S.Ag untuk periode 2011-2016.

Untuk ketiga kalinya MWCNU Sampang menggelar konferensi pada tanggal 17 Desember 2017 di SMA Diponegoro Sampang. Di tangan duo pimpinan sidang pleno IV, K.Munawar AM, S.Ag dan K. Banu Tolib, M.Pd.I yang menjadi utusan PCNU Cilacap, palu sidang diketukkan dan terpilih kepengurusan baru periode 2017-2022.

Komposisi baru tercatat sebagai Rois Syuriyah, KH. Muh. Jarir, Katib KH.M. Sururudin dan Ketua Tanfidziyah, Imam Asy’ari, S.Ag., M.Pd. serta K. Fathul Arifin menjadi sekretaris.

Secara geografis Sampang merupakan gerbang timur Kabupaten Cilacap, sehingga sangat strategis dari aspek transportasi antar kota antar provinsi untuk persinggahan. Secara demografis wilayah Sampang didiami oleh penduduk mayoritas beragama Islam dengan peta ideologi Sunny dan Wahaby.

Dua warna keyakinan ini direpresentasikan oleh eksisnya kepengurusan Ormas Islam NU dan Muhammadiyah yang duduk bersanding dengan penuh toleransi.

Dari sisi ekonomi Sampang menjadi daerah satelit Cilacap yang sangat dinamis dengan perkembangan ekonomi yang pesat dengan peta pencaharian mayoritas petani dan sebagian pedagang.

Regulasi pemerintah Desa Sampang dengan Perdes larangan kepemilikan tanah dan pertokoan oleh warga keturunan etnis asing terutama China menjadi benteng keberpihakan pemerintah bagi dunia usaha warga pribumi dan  potensi kearifan lokal.

Dari aspek pendidikan, Sampang berperan besar bagi ikhtiar mulia mencerdaskan kehidupan bangsa di kawasan timur utara Cilacap. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta formal dan non formal.

Begitupun pendidikan formal dan keagamaan berbasis madrasah dan pondok pesantren utamanya yang berafiliasi di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU menjadi penguat kokohnya ideologi Ahlussunnah wal Jamaah di Sampang. Apalagi dengan didirikannya Yayasan Al-Mukarromah Sampang yang menaungi lembaga pendidikan sekolah dan madrasah di Sampang.

Yayasan ini menyelenggarakan lembaga pendidikan sbb:

  1. TK Diponegoro 1 di Sampang
  2. TK Diponegoro 2 di Karangjati
  3. RA Nurul Islam di Karangjati
  4. MI Darwata Karangjati 01 di Karangjati
  5. MI Darwata Karangjati 02 di Tinggarmangir
  6. MI Darwata Karangasem di Karangasem
  7. MI Darwata Nusajati di Nusajati
  8. SMP Diponegoro Sampang di Sampang
  9. SMA Diponegoro Sampang di Sampang
  10. MTs Al-Mukarromah Sampang di Karangjati
  11. MA Nurul Islam Sampang di Karangjati

Adapun lembaga non Formal terdiri dari beberapa Madrasah Diniyyah:

  1. Madin Nahdlatul Ulama Karangjati
  2. Madin Nurul Khoir Tinggarmangir
  3. Madin NurulImanPaberasan
  4. Madin SalafiyahSidasari
  5. MadinBaitussalam Karangtengan
  6. MHM (Madrasah HidayatulMuttaqin) Sampang

Sedangkan Pondok Pesantren di Sampang meliputi:

  1. PP. Nurul Islam Karangjati,
  2. PP. Darul Muzani Karangjati,
  3. PP. Al-Falah Sampang,
  4. PP. Al-Barokah Sidasari,
  5. PP. Darul Ulum Nusajati dan
  6. PP. Al-Fakhri Karangtengah.

Dari aspek sosio kultural Tidak heran jika amaliyah Islam Nusantara berbasis Aswaja yang sangat lekat dengan ritual khas NU cukup jamak mewarnai aktifitas ibadah masyarakat Sampang.

Sebut saja kegiatan Tahlilan, Yasinan, Ritual Ngupati, Tingkeban, Nelung dina, Mitung dina, Matang puluh, Nyatus dan Nyewu serta Mendak dan lain-lain tak goyah sedikitpun oleh derasnya badai vonis bid’ah, syirik, kurofat, takhayyul dan lain sebagainya. 

Kaum Nahdliyyin Sampang tetap setia dan khidmat menjalani ritual-ritual tersebut, bahkan majelis doa dalam forum pemerintah setempat seperti Renungan Suci HUT RI didominasi oleh shighot doa model NU seperti Tahlilan.

Alamat Kantor MWCNU Sampang:

Kantor Pusat : Jl. Masjid No. 02 Karangjati Sampang Cilacap (Komp. PP. Nurul Islam Karangjati). Telepon: (0282) 5293982-5294113 HP. 089523959634-08112618766. Email: mwcnu.sampang@gmail.com

Kantor Perwakilan:

  • Sampang: Jl. Gerilya No. 88 Sampang Cilacap KP. 53273 (Toko FC. HASTAMA)
  • Karangtengah: Masjid Attaubah Perum Bumi Sampang Baru Karangtengah Sampang

Aset Organisasi:

MWCNU Sampang memiliki beberapa aset organisasi. Di antaranya adalah

  1. Tak bergerak: Tanah Wakaf di Komplek Perum Bumi Sampang Baru seluas: 391 m2 dengan Wakif: H. Sari Wijaya (alm), Akta Ikrar Wakaf No. W2/120/KK.11.01.13/2006 tanggal 08/06/2006
  2. Barang Bergerak: 2 (dua) unit Printer merk Canon iP2770
  3. Tabungan di Rekening BMTNU Cilacap; Rp. 100.000.000,- (terbilang: Seratus Juta Rupiah) untuk persiapan pembangunan Gedung Kantor Sekretariat Bersama MWCNU dan Banom NU Sampang

Program kegiatan MWCNU Sampang, antara lain:
1. Bahtsul masaail, tiap malam senin pahing
2. Pertemuan rutin jumat manis
3. Turba ke Pengurus Ranting
4. Pertemuan kader dan pengumpulan koin gocap
5. Peringatan hari besar islam dan upacara HSN

Demikian profil singkat tentang sejarah pendirian dan  perkembangan MWCNU Sampang, beserta dinamika di dalamnya. (Diupdate, 11/12/18, Fathul Arifin, S.Ag.)

About admin

Admin Utama Situs Islam Aswaja: menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen − 16 =