Peletakan Batu Pertama Gedung Sekretariat Bersama MWCNU Sampang

pcnucilacap.com – Dalam rangka melengkapi sarana prasarana sebagai pusat kegiatan organisasi, MWCNU Sampang akan segera mendirikan gedung sekretariat bersama MWCNU dan Banom NU.

Pembangunan gedung sekretariat bersama MWCNU dan Banom NU Sampang ditandai dengan kegiatan peletakan batu pertama. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 21/9/20 di komplek Perumahan Bumi Sampang Baru (BSB), sebelah barat kantor Kecamatan Sampang.

Lokasi pembangunan gedung sekretariat bersama ini berada di atas tanah seluas 140 m2 yang merupakan wakaf dari Almarhum H. Sariwijaya Cilacap, investor perumahan BSB Sampang. Bersebelahan dengan masjid At-Taubah, RS Pricilia, instansi pemerintah; Kantor Camat, Polsek Sampang serta Kantor Kas Bank Jateng Sampang.

Letak kantor MWCNU menjadi sangat strategis. Secara geografis lokasi pembangunan gedung MWCNU Sampang berada di titik lintas jalan raya Karangtengah Sampang jalur Sampang-Cilacap.

proses peletakan batu pertama MWCNU Sampang oleh ulama dan aparat setempat

Acara yang gelar tepat pukul 13.30 WIB dihadiri oleh Rois Syuriyah PCNU Cilacap; Romo KH. Su’ada Adzkiya, Wakil Rois PCNU Cilacap; KH. Maslakhudin, Camat, Kapoksek, KUA Sampang,  Koramil serta jajaran Syuriyah, Tanfidziyah MWCNU Sampang juga PAC Banom NU Sampang. Selain itu acara juga dihadiri oleh jajaran PRNU dan Banom NU  ranting  se-kecamatan Sampang.

Dukungan Alim Ulama dan Aparat Setempat

Dalam pengantar mujahadah peletakan batu pertama, Simbah KH. Su’ada Adzkiya mengajak orang NU Sampang agar berdoa dan berusaha mewujudkan amanat umat. Yakni kantor sekretariat bersama MWCNU Sampang dan Banom NU.

Di sesi lain, KH Maslakhudin menyampaikan support dan motivasi kepada panitia pembangunan dan warga NU Sampang. Beliau menyampaikan bahwa harapan besar dan amanat yang berat ini akan menjadi ringan dan mudah dicapai. Manakala semua elemen NU Sampang bahu membahu menggalang dana infaq sodaqoh dan usaha lain yang halal untuk pembangunan ini.

Sebagai uswah dari motivasinya (provokasi; kata beliau), KH. Maslakhudin secara pribadi menyerahkan sejumlah uang untuk infaq gedung MWCNU Sampang yang diterima langsung oleh ketua tanfidziyah MWCNU Sampang, H. Imam Asy’ari, S.Ag., M.Pd.

Mewakili unsur pemerintah, Camat Sampang Drs. Ahmad Khaerudin, M.Si menyambut baik kegiatan pembangunan ini sebagai sarana pendukung kegiatan organisasi Islam terbesar yang terbukti pro aktif.  Membantu realisasi program pemerintah baik sektor sosial, keagamaan maupun pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Peran serta MWCNU sangat dibutuhkan termasuk dalam usaha penanganan Covid-19 terutama dari aspek peribadatan di masa darurat corona. Partisipasi NU dan ormas keagamaan lainnya sangat terasa dalam event “road show” ke 10 desa di Kec. Sampang bersama tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kec. Sampang.

Bagaimana Mengenai Dananya?

Dalam laporan singkat terkait agenda pembangunan gedung MWCNU dan Banom, ketua tanfidziyah MWCNU Sampang. H Imam Asy’ari, S.Ag., M.Pd. Melaporkan bahwa proyek pembangunan ini ditaksir  menelan dana sebesar Rp. 650.000.000 (terbilang: enam ratus lima puluh juta rupiah).

Bersama konsultan perencana, Saif Ihsanudin Suryandaru, S. Ars panitia berencana membangun gedung dua lantai. Yakni lantai satu untuk aula dan lantai dua untuk perkantoran MWCNU dan Banom NU.

Alokasi dana masuk sementara sejumlah Rp.  120.000.000 (terbilang : seratus dua puluh juta rupiah) bersumber dari infaq warga NU Sampang. Dana awal digunakan untuk tahap pekerjaan pondasi dan rangka gedung berupa beton sampai rangka atap.

Sedangkan sumber dana lainnya berupa hibah daerah APBD Cilacap anggaran tahun 2021 sebesar Rp. 155.000.000 (terbilang: seratus lima puluh lima juta rupiah)

“ Insyaa Alloh ini akan digunakan untuk tahap lanjutan yakni pekerjaan interior dan pengecoran lantai dua”, papar H. Imam Asy’ari.

“Dengan demikian, masih ada kekurangan biaya sebesar Rp. 375.000.000 (terbilang : tiga ratus tujuh puluh lima juta rupiah).

“Rencana kita akan lelang amal jariyah berupa voucher infaq UPZIS NU Sampang untuk ditawarkan kepada warga nahdliyin Sampang”. Kata ketua tanfidziyah Sampang saat menutup sambutannya.

Kegiatan ini ditandai dengan pembacaan Qur’an oleh santri Ponpes Nurul Islam Karangjati. Dan dilanjutkan dengan tahlil serta doa dipimpin oleh Rois Syuriah PCNU Cilacap KH Sungada Adzkiya.

Adapun prosesi peletakan batu pertama secara simbolis dilakukan oleh 7 (tujuh) orang yang hadir yakni KH. Su’ada Azdkiya, KH Maslakhudin, KH Muhammad Jarir, KH Surudin, KH Abdul Mughist, camat Sampang, serta H Asy’ari S.Ag, M.Pd.

Secara urutan peletakan batu pertama ini dilakukan oleh para tokoh ulama dan umaro ini menandai berakhirnya kegiatan.

Reportase MWCNU Sampang
Kontributor : Fathul Arifin, Fathul Atqiya

About Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × four =