Badan Otonom NU

Apel Akbar Kesetiaan NKRI: BANSER Cilacap Satu Komando

Sebanyak seribu lebih kader dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Cilacap; menggelar Apel Akbar Kesetiaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di lapangan Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap, Ahad (6/3).

Apel Akbar Kesetiaan NKRI dihadiri oleh Wakil Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Maslahudin Jaelani sekaligus sebagai pembina Apel; juga mantan Kasatakorcab H Sahlan Nasir, penasehat Satkorcab Cilacap Jamaludin Al Bab, Kasatkorwil Banyumas Raya H Musalim, Katua PC GP Ansor Cilacap ‘Aliman dan jajarannya.

Kegiatan Apel ini juga sebagai bentuk dukungan kepada Menteri Agama Gus Yaqut Choulil Qoumas yang sekaligus ketua Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor yang sedang jadi sorotan. Sebelum acara Apel dimulai diadakan sholat dzuhur berjamaah dilanjutkan Istighosah dan doa bersama untuk keselamatan dan kedamaian NKRI.

Banser Satu Komando

Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cilacap Aliman S.Pd., dalam sambutannya di sela-sela Istighotsah mengatakan; seluruh kader Banser tetap solid satu komando dari Pimpinan Pusat hingga Ranting, bukan komando lainnya.

Banser Satu Komando

Artikel Terkait

Menyikapi situasi yang ada sekarang Banser Cilacap harus tetap siap dan setia mengawal Ketua Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor sebagai marwah organisasi Ansor Banser melalu gerakan-gearkan yang santun di masing-masing Satkoryon maupun Satkorkel. Serta tidak melakukan gerakan di luar komando pimpinan Ansor Banser.

“Keluarga besar NU khususnya Banser sangat setia kepada para Kiai dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan hal ini tidak bisa dipertanyakan lagi,” tegas Aliman

Selanjutnya Kasatkorcab Banser Cilacap Hadi Mustofa mengatakan apel kesetiaan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser merupakan komitmen bersama dalam menjaga keutuhan NKRI dan pimpinan, menjaga kekompakan agar tetap satu komando.

“Jangan sampai kita membuat ataupun mengajarkan ujaran kebencian kepada siapapun, tetapi kalau pimpinan kita sudah dihina dicaci maka kita wajib mendukung dan membela beliau Gus Yaqut sebagai ketua Pimpinan Pusat GP Ansor. Setiap perjuangan Banser dilandasi keikhlasan serta niat untuk mengabdi, mendukung dan membantu perjuangan para Kiai Nahdlatul Ulama dalam menjaga dan mempertahankan Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terang Hadi.

Banser Kiai NKRI

Banser, Kiai dan NKRI

Pembina Apel KH Maslahudin Afandi juga menegaskan akan pentingnya arti satu komando bagi anggota Banser. Satu komando agar kekompakan dan keutuhan tetap bisa terjaga dengan baik pada aturan dan jalur yang benar. Kiai Maslahudin juga berharap agar Apel Akbar kesetiaan tersebut dapat dipraktekkan atau diimplementasikan di masyarakat; dengan tetap setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Sudah kewajiban dan memang sewajarnya bagi Banser yang dilahirkan oleh Kiai, patuh terhadap Kiai. Tulus ikhlas adalah modalnya perjuangan Banser. Di mana ada Kiai di situ ada Banser. Meski tugasnya berat menjaga Kiai dan NKRI tapi Banser tidak pernah mengeluh dan putus asa. Tetap satu komando dan tetap merwat NKRI dan kebhinekaan di Indonesia,” jelas beliau.

Hadir juga dalam Apel Akbar Kesetiaan NKRI Kepala Kankemenag Cilacap H. Imam Thobroni, Kasubag TU Kemenag Cilacap H. Azis Muslim, Kasi Penma H. Aid Mustakim, Ketua LTMNU Cilacap KH. Muhammad Nur Kiswandi, Wakil Sekretaris PCNU Cilacap H. Munawar serta beberapa tokoh di antaranya H. Seto, H. Subarkah dan H. Darmaji.

Kegiatan Apel Akbar Kesetiaan NKRI diakhiri dengan atraksi kebal atau debus dari sejumlah anggota Banser yang dikomandoi oleh Tarjo, Banser senior dari Kota Brebes. [Naeli Rokhmah}

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 2 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button