Lembaga NU

Target NU Care LAZISNU Tahun 2022, Koin NU Rp14.3 Milyar

Dengan Dukungan Aplikasi Digital

NU Care LAZISNU Cilacap targetkan perolehan Koin NU di tahun 2022 ini sebesar Rp14.3 Milyar270, demikian ungkap Ketua NU Care LAZISNU H Wasbah S Rawaid pada kesempatan Rapat Kerja Awal Tahun PCNU Cilacap, Sabtu (8/1) di Gedung Pusdiklat NU Cilacap.

Gerakan KOIN NU oleh NU Care LAZISNU mengalami perkembangan yang signifikan; sampai dengan akhir tahun 2021 sudah merambah di 22 MWCNU dari 24 MWCNU se Kabupaten Cilacap; dan terlaksana di 253 dari 284 Ranting NU. Menurut H Wasbah S Rawaid otal perolehan Koin NU tahun 2021 mencapai Rp15.6 milyar dari target Rp13 milyar.

“Ini memang melebihi ekspektasi yang kami targetkan. Artinya, ada sambutan yang sangat positif dari masyarakat sebagai Munfiq dalam gerakan KOIN NU. Target yang terlampaui juga berkat kerja keras semua komponen yang ada di NU Care LAZISNU, UPZIS MWCNU hingga JPZIS Ranting NU” terang H Wasbah.

Atas peroleh tersebut, dan berdasarkan pertimbangan yang rasional, NU Care LAZISNU Cilacap optimis untuk tahun 2022 bisa lebih meningkat perolehannya. Ini, lanjut H Wasbah, akan ditopang dengan peningkatan sebaran pelaksanaan gerakan KOIN NU.

“Sampai Desember 2021, masih berkisar di 24 MWCNU dan 253 Ranting. Tahun 2022 akan ditingkatkan ke 100% MWCNU atau sejumlah 24 MWCNU dan tidak kurang dari 280an Ranting NU,” terang H Wasbah

100 Ribu Munfiq

Salah satu yang akan menopang optimisme dari target NU Care LAZISNU Tahun 2022 adalah dengan sebaran gerakan KOIN NU dengan 100 ribu Munfiq; (orang yang berinfaq) se Kabupaten Cilacap. Angka 100 ribu sendiri menurut H Wasbah S Fawaid harus dibarengi dengan langkah operasionalisasi di lapangan yang sepadan.

“Para Petugas Lapangan Penjemput KOIN NU (PLPK) menjadi ujung tombak keberhasilan. Sampai saat ini tidak kurang dari 1.988 orang petugas. Di tahun 2022, Kami mentargetkan sekitar 2.200an petugas seiring pertambahan pada target-target wilayah baru dan para Munfiq yang baru pula,” jelas H Wasbah.

Berdasarkan pengalaman tahun 2021, peran PLPK sangat dominan. Tidak hanya dalam akses penjemputan KOIN NU, melainkan pada aspek kesemangatan yang terus bertambah. Di atas PLPK ada Kordinator Desa (Kordes) yang juga menjadi penentu keberhasilan komunikasi manajerial ke level Kecamatan dan Kabupaten.

Aplikasi Gocap

Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan KOIN NU Cilacap menurut H Wasbah S Fawaid adalah pentasyarufan yang semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain itu, dukungan aplikasi digital GOCAP juga sangat menentukan efektifitas dan efisiensi operasional di lapangan.

“Bahwa praktik menjemput KOIN NU door to door tetap dilaksanakan. Namun kali ini, PLPK dibekali dengan Aplikasi Gocap yang mempermudah pelaksanaan pelaporan secara online. Oleh sebab itu, di tahun 2022, semua PLPK di 24 MWCNU harus sudah bisa dan mahir mengoperasikan aplikasi Gocap,” katanya.

Target NU Care LAZISNU Tahun 2022 tidak hanya besaran perolehan. Melainkan penerapan Aplikasi Gocap bagi semua PLPK. Semua PLPK wajib menguasai Aplikasi Gocap. Dan untuk mengarah ke sana, sedang disiapkan pelatihan digitalisasi KOIN NU di setiap MWCNU.

NU Care LAZISNY Cilacap adalah satu satunya Lembaga NU di tingkat Cabang yang menginisiasi penggunakan Aplikasi dalam Gerakan KOIN NU Cilacap. Dan atas prestasi tersebut, NU Care LAZISNU Cilacap mendapatkan penghargaan dari Pengurus Pusat NU Care LAZISNU sebagai Inisiator Digitalisasi Koin NU.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button