Antusias Warga NU Kedungreja Sambut Hari Santri Nasional

Dari Pawai Taaruf Hingga Shalawat Nariyah

NU CILACAP ONLINE – Warga NU Kedungreja Cilacap antusias menyambut Hari Santri Nasional 2023 yang jatuh pada hari Ahad Legi 22 Oktober 2023 atau bertepatan dengan tanggal 7 Robiul Akhir 1445.

Majelis Wakil Cabang Nahdalatul Ulama Kedungreja memfokuskan kegiatann dengan menggelar Apel di wilayah Desa Sidanegara. Berbagai acara mengawali rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional. Mulai perlombaan, pawai dan puncaknya Apel Hari Santri Nasional pada hari Ahad tanggal 22 Oktober 2023.

Apel menyertakan seluruh warga nahdliyin se-Kecamatan Kedungreja.  Akan tetapi euforia dari Hari Santri Nasional ini adalah dengan adanya pawai yang kurang lebih ada 400 armada dari mulai odong-odong, mobil pribadi dan angkutan umum.

Baca juga Pawai Resolusi Jihad Meriahkan HSN MWCNU Karangpucung

Menurut koordinator pawai  Wahib Baehaqi, pawai HSN 2023 ini merupakan pawai yang paling meriah. Tidak seperti tahun yang lalu, lantaran tahun ini bisa menghadirkan ratusan armada dari berbagai elemen masyarakat.

Antusias masyarakat sangat luar biasa. Bahkan ada Ranting NU yang mengirimkan 35 armada. Wahib sebagai koordinator acara merasa heran mengingat saat ini tengah musim paceklik.

“Saya sendiri pun heran, bisa semeriah ini yang katanya sedang musim peceklik tapi bisa menghadirkan peserta sebanyak ini. Atau mungkin karena dalam pawai ini dilombakan jadi mereka sangat semangat,” kata Wahib.

Pawai Hari Santri

Pawai Hari Santri di Kedungreja sudah rutin setiap tahun pada satu hari sebelum apel HSN. Tapi baru ini peserta yang melebihi perkiraan.

“Tujuannya untuk mensyiarkan santri terahadap warga Nahdliyin khususnya dan masyarakat umum,” terang Wahib.

Baca juga GP Ansor Cilacap Sampaikan 5 Pernyataan Sikap, Ini Isinya

Wabih mengajak masyarakat untuk bersyukur dengan kehadiran santri dan ulama. Hanya Nahdlatul Ulama yang memperingati Hari Santri Nasioanl semeriah ini baik tingkat PBNU hingga Ranting NU, karenanya NU lah yang bisa menghadirkan santri santri yang moderat dan santun.

“Jadi masyarakat sangat bersyukur adanya santri dan Kiai NU yang dengan santun dan santai dalam mensyiarkan agama Islam,” ungkap Wahib.

Baca juga Pengurus Ranting NU Kedungreja Cilacap | NUCOM

Apresiasi luar biasa disampaikan oleh Sekretaris MWCNU Kedungreja Kiai Habib Ma’sum. Ia yang juga sebagai OC HSN tingkat MWCNU Kedungreja berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan semua rangkaian acara. (Anas/Naeli)

Baca juga Apel Akbar Kesetiaan NKRI: BANSER Cilacap Satu Komando

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button