Badan Otonom NU

GP Ansor Cilacap Sampaikan 5 Pernyataan Sikap, Ini Isinya

GP Ansor Cilacap Sampaikan 5 Pernyataan Sikap. Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Cilacap, Ahad 29 Juli 2018 menggelar silaturahim yang dikemas dalam bentuk Apel Bersama GP Ansor dan Banser.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Adipala dan diiktui oleh kader-kader GP Ansor dan Banser dari beberapa kecamatan, di antaranya dari Nusawungu, Binangun, Kroya, Adipala, Sampang, Maos dan beberapa kecamatan sekitarnya.

Selain dari GP Ansor dan Banser, terlihat juga dalam barisan, peserta apel dari Muslimat NU, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama; Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama, Perwakilan dari Pengurus Ranting NU dan ormas kepemudaan Pemuda Pancasila.

Pernyataan Sikap

Bertindak sebagai Inspektur Apel, Ketua PC GP Ansor Cilacap ‘Aliman (34). Ia menyampaikan bahwa setidaknya ada 5 pernyataan sikapGP Ansor Cilacap, dalam merespon dinamika bangsa yang belakangan muncul;

Pertama, Gerakan Pemuda Ansor selalu siap sedia untuk mendukung negara dalam melawan segala bentuk intoleransi, radikalisme dan rongrongan berbagai pihak yang bermaksud merobohkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dulu kiai-kiai Nahdlatul Ulama mempertaruhkan jiwa raga untuk turut serta memerdekakannya.

Artikel Terkait

Kedua, perjuangan melawan berbagai rongrongan tersebut, adalah perjuangan semesta, yakni perjuangan di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara. GP Ansor Kabupaten Cilacap  akan selalu hadir dan berupaya maksimal dalam perjuangan tersebut.

Ketiga, menempatkan tiga prinsip gerakan ala Ansor yakni ngaji, ngader, dan makaryo sebagai pilar untuk menopang dinamika organisasi dan sebagai semangat dalam menunjukkan bukti kecintaan kader terhadap NKRI. Kader Ansor harus ngaji, yakni selalu berupaya untuk belajar dan memperdalam ilmu kepada kiai dan guru yang memiliki sanad keilmuan dan wawasan kebangsaan yang jelas. Kader Ansor harus ngader, yakni menjalankan aktivitas yang memiliki orientasi dalam berjalannya kaderisasi, untuk menunjang dan memastikan keberlanjutan organisasi. Dan sebagai kader Ansor juga harus makaryo, mewujudkan kemandirian kader dan organisasi dalam mencukupi kebutuhan ekonomi.

Keempat, Pimpinan Cabang GP Ansor Cilacap mengimbau kepada seluruh elemen bangsa, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk selalu menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam suasana yang damai dan saling menghargai perbedaan, terutama menjelang dan saat berlangsungnya pemilihan umum.

Kelima, dan yang terakhir, seluruh kader GP Ansor di Kabupaten Cilacap, dengan segenap daya dan upaya; Siap mengawal dan melaksanakan seluruh instruksi dari Pimpinan Gerakan Pemuda Ansor demi kemaslahatan masyarakat.

Orasi GP Ansor

Selain para peserta apel, hadir juga menempati kursi tamu undangan dalam Apel tersebut diantaranya adalah Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap H Imam Tobroni, Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Adipala KH Sahal Adzkiya, Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Mujiburrohman, Wakil Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah H. Faisal Riza dan beberapa tokoh dari lintas sektor dan lintas daerah.

Di pengujung acara, Aid Mustaqim, memberikan orasi kebangsaan, menyulut kembali kobaran sentimen kebangsaan dan soliditas gerakan. Ia mengajak seluruh kader GP Ansor untuk solid; satu barisan dan satu komando dalam mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sudah saatnya GP Ansor untuk solid satu barisan, satu komando untuk memenangkan pertempuran di berbagai lini kehidupan, demi tegak dan utuhnya Ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (Ahmad Fajri NIda)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

five + twelve =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button