Dokumentasi

Workshop Penguatan Kesekretariatan dan Kontributor NUCOM

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap memperkuat SDM internalnya melalui kegiatan Workshop Penguatan Kesekretariatan, Tim Media dan Kontributor NUCOM;, Sabtu, 4 Desember 2021 di Aula Kantor PCNU Cilacap.

Workshop kali ini mengambil tema Penguatan Kesekretariatan dengan mengukuhkan berbagai poin di dalamnya, bekerjasama dengan tim media dan kontributor NUCOM Cilacap; 34 Peserta dari 24 MWCNU se-kabupaten Cilacap hadir mengikuti dengan seksama.

Acara Workshop dibuka dengan bacaan Al Fatihah oleh Sekretaris PCNU Cilacap, K Khazam Bisri dan diawali dengan sambutan sekaligus laporan oleh Wakil Sekretaris PCNU Cilacap, KH Munawar A.M.

Dalam laporan pembukanya KH Munawar AM menyampaikan tujuan dan alasan workshop ini, yaitu untuk meningkatkan kapasitas SDM di PCNU Cilacap dalam penguatan kesekretariatan, tim media dan kontributor NUCOM di masing-masing MWCNU se-Kabupaten Cilacap.

Tak lupa pula KH Munawar AM memberikan arahan bahwa seluruh peserta harus memahami konsep dan menguasai RTL-nya secara utuh.

Pemahaman itu juga meliputi manajemen komunikasi, tata kelola akun media, tim media dan kontributor NUCOM; serta validasi pengajuan SK, Petunjuk Pelaksanaan (juklak), Petunjuk Teknis (juknis), manajemen surat menyurat dan dokumentasi.

Penguatan Kesekretariatan Kontributor NUCOM

10 Point Materi Workshop

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap selaku penyelenggaran workshop turut menyampaikan penjelasan teknis mengenai Rencana Tindak Lanjut (RTL)/materi meliputi:

1. Manajemen komunikasi call center; 2. Akun media sosial, tim media dan kontributor NUCOM; 3. Manajemen persuratan dan dokumentasi digital & non-digital. 4. Koordinasi keadaan SK ranting di sebulan terakhir; 5. Validasi pengajuan SK MWCNU dan Ranting NU; 6. Juklak, Juknis, Materi konferensi MWCNU dan Musran NU; 7. Penyusunan Laporan kegiatan serta profil MWCNU dan ranting NU; 8. Penyediaan naskah khutbah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU); 9. Penyusunan program dan kegiatan pendidikan pelatihan keorganisasian NU; 10. Serta, pengawalan pelaksanaan program dan kegiatan oleh sekretariat.

Selama workshop materi akan disampaikan secara luring melalui sejumlah fitur seperti forum diskusi, seminar, video dan materi ajar, hingga penilaian. MWCNU juga diharapkan mempunyai akun media sosial resmi yang nantinya akan difungsikan sebagai media publikasi kegiatan di tingkatan MWC. Selain itu, media ini juga bisa merelay kegiatan yang ada di PCNU Cilacap.

Kegiatan workshop RTL penguatan kesekretariatan yang merupakan tindak lanjut dari roadshow kesekretariatan NU Cilacap selama bulan November 2021 yang lalu. Implementasi program kerja NU Cilacap ini memang melalui jalur kesekretariatan hingga level Ranting NU. Mengingat peran stratgis sekretariat dalam menopang kegiatan organisasi NU.

Kontributor : Fauzan Ramadhan
Editor : Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button