Catatan Redaksi

NUCOM, NU Cilacap Official Media Content Creator & Publisher

NUCOM NU Cilacap Official MediaNUCOM NU Cilacap Official Media adalah rebranding dari Media Nahdliyyin Cilacap atau MNC sebagai content creator & publisher di website dan media sosial. NUCOM, demikian singkatannya, menjadi payung bersama Official Media Online yang dimiliki oleh Organisasi NU / PCNU Cilacap. Jika NU Online menjadi Official Account atau Akun Resmi dan NU Cilacap Online menjadi tagline Situs Islam Aswaja, maka NUCOM memayungi keduanya.

Alasan utama rebranding dari MNC ke NUCOM adalah untuk menghindari klaim pihak lain yang sudah terlebih dahulu memiliki brand MNC. Kita semua tahu itu milik siapa, bukan? Alasan lain, ini ikhtiar yang bersifat preventif. Di dunia digital dan dunia maya, kita tetap berusaha menjaga hal-hal baik dan benar. Apalagi menyangkut aspek hukum, atau ranah hukum.

Apakah hanya itu alasannya? Tentu tidak. Ada beberapa alasan lain. Pertama, organisasi NU Cilacap memiliki komitmen untuk ambil bagian dalam dunia digital secara umum. Kedua, Organisasi PCNU Cilacap sudah harus memanfaatkan media sosial secara lebih massif. Dan Ketiga, menjadi ruang ekspresi kader NU Cilacap yang memiliki minat dan bakat khusus di bidang content creator.

NUCOM, NU Cilacap Official Media, dimanage oleh Tim Media PCNU Cilacap. Mereka mengelola Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube sebagai media resmi organisasi NU Cilacap.

Tim Media NU Cilacap ini semacam tim ad hoc yang legal formal nya ditetapkan dengan Surat Keputusan PCNU Cilacap. Artinya, keberadaannya diakui secara resmi oleh organisasi. Lalu, segala bentuk kegiatannya juga dipertanggungjawaabkan kepada organisasi. Perubahan yang niscaya namun filosofi, semangat dan ghirrah nya ada pada tingkatan yang sama. Namun, perubahan ini membawa harapan baru.

Baca Juga : 12 Tahun Usia pcnucilacap.com (15 Mei 2009–15 Mei 2021)

Content Creator & Publisher

Tugas pokok NUCOM secara team work adalah membuat dan mempublikasikan serta menyebarluaskan konten. Konten sendiri sudah umum dimaknai sebagai karya di dunia media. Konten tidak hanya besifat alphabetical dalam pengertian artikel, tapi juga desain audio video visual.

Ada 5 tugas pokok dari NUCOM sebagai “corong” media PCNU Cilacap, yaitu:

  1. Mengelola Akun Media Sosial,
  2. Mengelola Website pcnucilacap.com
  3. Membuat sekurang-kurangnya 3 jenis konten, yaitu Desain (Gambar, Meme, InfoGrafis), Video/Audio, dan konten berbasis artikel.
  4. LiveStreaming Tematik & Terschedule
  5. Membuat Dokumentasi Terencana/Insidental (Kegiatan PCNU, Lembaga & Banom, dan yang terkait)

Ke 5 tugas di atas bukan tugas yang mudah dan gampang. Layaknya produser konten saat ini, dalam skala kecil sekalipun Tentu kebutuhan yang paling utama adalah media-survival, kebertahanan sebuah media dari kreasi sampai publikasi.

Banyak akun media sosial tumbang, bahkan akun personal sekalipun. Karena sebagai user-nya, seseorang bisa saja sekadar mengikuti arus. Tidak sedikit situs online personal bahkan lembaga atau organisasi yang juga layu sebelum berkembang.

NUCOM menggawangi platform media untuk sebuah organisasi. Inilah yang menjadikan amanah itu terasa berat untuk dijalani. Media NU Cilacap tentu harus mencerminkan wajah NU nya. Namun, semangat dan tekad menjadi modal dasar, dan itu sudah dimiliki.

27 Januari 2021, NUCOM resmi di-branding, sebagai Official Media NU Cilacap. Mewakili pendamping team, menyampaikan Selamat untuk NUCOM, semoga semakin mendatangkan manfaat, untuk semuanya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × three =

Back to top button