Trending

KH Maslahudin Wafat di Makkah, Khidmat Sampai Akhir Hayat

NU CILACAP ONLINE – KH Maslahudin, Wakil Rais Syuriyah PCNU Cilacap Wafat di Makkah, Inna lillahi wa Inna Ilaihi Raji’un. Kabar wafatnya KH Maslahudin diterima NU Cilacap Online dari Amrul Mukminin. “Pak KH Maslahudin Sedo nembe jam 19.00 WAS Selasa 20 juni 2023 M di RS An Nur Arab Saudi,” tulis Amrul lewat inbox Whats App.

Almarhum KH Maslahudin (KH Maslahuddin Jaelani) berangkat menunaikan ibadah haji 1444/2023 bersama jamaah calon haji KBIHUNU Cilacap di Kloter 69 SOC. Pada tanggal 18 Juni 2023 KH Maslahudin masih memimpin rombongan gabungan Kloter 69 SOC dan Kloter SOC 70 untuk menunaikan Umrah Sunnah dengan miqat di Tan’im.

KH Maslahudin sejak tiba di Makkah sudah melaksanakan kordinasi pembimbingan kepada para jamaah calon haji. Memberikan taushiyah dan ceramah sebagaimana pasti dilakukannya saat memberikan dampingan selama di Makkah maupun di Madinah di musim haji sebelumnya.

Kabar yang diterima NU Cilacap Online dari Gus Fahru Rozie, selama memimpin rombongan Umrah Sunnah berangkat dari Miqat Tan’im menuju Masjidil Haram menunaikan rangkaian Umrah.

“Kondisi KH Maslahudin masih dalam semangat yang tinggi. Hingga selesai tawaf di Masjidil Haram,” ungkap Fahru Rozie.

Selang beberapa saat warga NU di Cilacap dan keluarga calon jamaah haji KBIHUNU mendapat berita bahwa kesehatan KH Masalahudin menurun. Pihak medis dan petugas kesehatan melakukan tindakan sebagaimana mestinya. Hingga membawanya ke RS An Nur Makkah Arab Saudi.

Tindakan medis yang ketat oleh petugas dan pihak Rumah Sakit, juga penanganan intensif di Instalasi Gawat Darurat dilakukan terhadap KH Maslahudin.

“Beliau tidak boleh dijenguk karena masih di IGD. Dokter kloter yang mengantar dan teman-temanya juga tidak lagi berada di rumah sakit, karena memang tidak diperkenankn,” tulis Fahru Rozi Selasa dini hari Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) melalui inbox Whats App.

KH Maslahudin PCNU Cilacap
KH Maslahudin (Tengah) di Makkah pada kesempatan memebrikan taushiyah kepada Jamaah Calon Haji KBIHUNU Cilacap

Khidmat Sampai Akhir Hayat

Keluarga besar PCNU Cilacap, Pengurus KBIHUNU Cilacap dan segenap jajaran struktural sampai Pengurus Anak Ranting NU dan warga NU di Cilacap menjadi saksi bahwa KH Maslahudin adalah teladan Khidmat sampai akhir hayat.

KH Maslahudin perintis dan penggerak GERBUHU, merupakan salah satu Pengurus Nahdlatul Ulama di Cilacap, hingga wafat masih menjabat sebagai Wakil Rais Syuriyah PCNU Cilacap Masa Khidmat 2018-2023.

Pada masa khidmat 2012-2017 menjabat sebagai Ketua PCNU Cilacap antar waktu melanjutkan kepemimpinan KH Syahid Muhson (Gus Syahid). Pada Masa Khidmat sebelumnya, juga sudah aktif di Lembaga Dakwah NU Cilacap. Bahkan sejak dari tingkatan Pengurus MWCNU Kawunganten.

Sejak diintis dan berdirinya KBIHNU (sekarang KBIHUNU), KH Maslahudin aktif dan proaktif mengembangkan dan membesarkan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji miliki NU Cilacap tersebut. Baik sebagai pengurus maupun sebagai pembimbing ibadah haji.

Dalam catatan NU Cilacap Online, sudah belasan kali KH Maslahudin menunaikan ibadah haji. Sebagian besarnya bersama dan membersamai jamaah haji KBIHUNU Cilacap.

PCNU Cilacap dan Pengurus KBIHUNU Cilacap ikut berbela sungkawa dan duka yang mendalam atas telah Wafatnya Guru Kita KH Maslahudin (Pembimbing KBIHUNU Cilacap, Wakil Rais Suriyah PCNU Cilacap) Hari Ini Selasa, 20 Juni 2023/2 Dzul Hijjah 1444 H Jam 19.00 /Maghrib Waktu Arab Sadi di Makkah Al Mukarrmah

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْن

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ
وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين
الفاتحة

KH Maslahudin wafat dalam keteladanan paripurna; teladan Khidmat kepada Jamiyyah NU sampai akhir hayat. Baca beberapa publikasi >> KH Maslahuddin Jaelani

Saya bersaksi, tulis KH Mastur Sodiq, Pengurus MWCNU Kawunganten: “KH Maslahudin adalah orang yang sangat gigih dalam memperjuangkan agama melalui organisasi NU dan juga sangat serius dalam mengurusi KBIHUNU”.

“Allah SWT sangat sayang kepada beliau sehingga beliau dipanggil dan ditempatkan di tanah yang paling mulia, yakni Makkatul Mukarromah,” tulis H Mastur Sodiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button