Dokumentasi

Peresmian Gedung PCNU Cilacap II Dan Harlah NU Ke-99

Peresmian Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap II bersamaan dengan momen Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-99, Kamis (17/02). Gedung yang beralamat di Jalan Masjid, Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap ini telah ditetapkan penggunanaannya untuk kegiatan kelembagaan.

PCNU Cilacap telah menetapkan 4 lembaga NU yang akan menempati Gedung PCNU II, masing-masing Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU, Lembaga Dakwah NU (LDNU), Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia NU (Lakpesdam NU), dan NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU). 4 Lembaga tersebut akan menempati gedung tersebut sebagai sekretariat dan pusat pengendalian kegiatan masing-masing.

peresmian gedung pcnu cilacap ii
Potong tumpeng dilakukan oleh Ketua DPRD Cilacap Taufiq Nurhidayat diberikan kepada Ketua PCNU Cilacap KH Nasrullah Muchson

Gedung PCNU Cilacap II telah dimulai pembangunannya sejak Mei 2021. Sebelumnya ditempati oleh LP Maarif dan NU Care LAZISNU Cilacap. Dengan peresmian Gedung PCNU Cilacap II ini, maka diharapkan akan lebih memaksimalkan ruang gerak lembaga-lembaga NU.

“Gedung ini hanya menampung gerakan yang sudah ada, karena Lazisnu selama ini kan sudah bergerak, Ma’arif juga sudah bergerak. Ini seperti menyediakan tempat yang representatif,” ungkap Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Suada Adzkiya.

KH Suada Adzkiya juga berpendapat bahwa pembangunan gedung NU ini penting bermanfaat bagi warga NU khususnya dan bagi bangsa Indonesia. Karena gerak NU tidak hanya untuk anggota tapi juga untuk bangsa. Beliau berpesan, yang paling pokok yaitu kolegial dalam semangat.

“Mari kita bersama-sama menyukseskan program yang telah dicanangkan dan kalau itu bisa berhasil. Saya yakin apa yang telah dicapai oleh NU Kabupaten Cilacap akan meningkat. Sebab itu merupakan salah satu pilar dari kaidah berorganisasi, yaitu kolegial dalam semangat,” ujarnya.

Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman yang mewakili Pemkab Cilacap mengucapkan selamat dengan diresmikannya Gedung PCNU Cilacap II ini.

“Hal ini sebagai wujud pengabdian NU untuk semakin terus bermaslahat, dan berbuat baik untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Cilacap khususnya bagi para nahdliyin serta seluruh masyarakat Cilacap. Selain itu untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Syamsul.

Peresmian Gedung PCNU Cilacap II Di Harlah NU Ke-99

Sinergi NU dengan Pemkab Cilacap

Ke depan, imbuh Syamsul bagaimana sinergi NU dan Pemkab Cilacap bisa saling bekerja sama, bahu-membahu membangun generasi muda yang disiapkan untuk Cilacap dan bangsa Indonesia.

Rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak pagi sampai sore dibuka dengan sima’an Alqur’an, khotmil qur’an, serta tahlil. Dalam peresmian Gedung PCNU Cilacap II ini juga digelar pelantikan pengurus Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Sakoma NU) Kwarcab 11.01 Cilacap; juga prosesi potong pita dan potong tumpeng.

Penulis: Naeli Rokhmah
Editor: Munawar AM

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button