Taushiyah

9 Kaidah Berorganisasi Dari Rais Syuriyah KH. Suada Adzkiya

9 kaidah berorganisasi disampaikan oleh Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Suada Adzkiya melalui sebuah video yang dikirim ke beberapa WA Grup dalam rangka Harlah NU ke 95 tahun 2021. 9 Kaidah berorganisasi tersebut adalah;

  1. Konsisten dan tegar dalam prinsip
  2. Adil dan kerakyatan dalam orientasi
  3. Demokratis dalam pengambilan keputusan
  4. Ilmiah dalam pemecahan masalah
  5. Terbuka dalam manajeman
  6. Realistis dan sistematis dalam perencanaan
  7. Profesional dalam kerja
  8. Manusiawi dalam tindakan
  9. Kolegial dalam semangat

Dalam penuturannya, kaidah-kaidah berorganisasi tersebut didapatkannya dari sebuah rapat kordinasi NU di tingkat Jawa Tengah sekitar 20 tahun yang lalu. 9 Kaidah berorganisasi tersebut disampaikan oleh KH Suada Adzkiya kepada seluruh komponen NU, khususnya di Kabupaten Cilacap.

Video berdurasi kurang dari 6 menit tersebut memang tidak menjelaskan secara rinci kaitannya dengan penjelasan ke-9 kaidah dalam berorganisasi tersebut.

9 Kaidah Berorganisasi KH. Suada Adzkiya Ditegaskan oleh KH Suada Adzkiya, dalam berorganisasi, semangat “maju bersama satu tujuan” harus dilandasi dengan “mau” dan “mampu”. Menurut beliau, “yang penting mau, (ada kemauan), masalah mampu (kemampuan), bisa dibangun”.

Kemauan ini, hubungannya dengan ghirah, spirit, semangat. Mengelola organisasi besar seperti NU, dibutuhkan semangat dan kemauan yang besar. Tanpa kemauan, organisasi akan stagnan.

Menerjemahkan kemauan antara lain dengan melahirkan ide-ide, ber-inisiatif memunculkan ide, pendapat dan pikiran yang bisa diberikan kepada organisasi.

Kemauan juga berarti kesiapan melangkah. Sebab ide dan inisiatif hanya akan menjadi konsep mati jika tidak ada kemauan untuk melangkah, menjalankan ide-ide yang ada, menjadi aktifitas nyata dan konkrit organisasi.

Kiranya, dan mudah-mudahan ke depan ada penjelasan lebih rinci. Hal yang ditekankan oleh KH Suada Adzkiya sangat tepat untuk memompa semangat, khususnya bagi pengurus NU Lembaga dan Badan Otonom. Dan semoga, kita bisa memedomani 9 kaidah berorganisasi tersebut dalam harokah yang nyata dan bermanfaat.

Redaksi NU Cilacap Online mengapresiasi Rais Syuriyah, KH Suada Adzkiya. Di saat menjalani masa pemulihan pasca perawatan di Rumah sakit, beliau memiliki kemauan untuk “menyapa” para pengurus NU Lembaga Badan Otonom dan warga NU khususnya di Kabupaten Cilacap, bersamaan dengan peringatan Harlah NU 31 Januari tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

sixteen − 11 =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button