Dokumentasi

Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap

Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap ada dua, di mana masing-masing Kantor  dengan alamat di Jl Raya Kalisabuk Km.15 Kalisabuk Kesugihan Cilacap Kode Pos 53274 dan Gedung Kantor PCNU Cilacap yang terletak di Jl. Masjid No 11, Cilacap, Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53223.

Untuk sekian tahun sampai dengan pertengahan bulan Juli tahun 2009, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap berkantor di Jl. Masjid No 11, Cilacap. Dalam sejarahnya; juga pernah berkantor di Komplek Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap.

Keberadaan Kantor sangat penting bagi perkumpulan / Jamiyyah / organisasi NU, mengingat fungsi yang ada. Adapun kantor memiliki beberapa macam fungsi antara lain seperti; menerima dan informasi, merekam dan mendokumentasikan kegiatan, mengatur jalannya informasi dan komunikasi, menjadi pusat pengendali kegiatan, memanage serta melindungi aset atau harta.

Demikian juga dengan Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap, tentu memiliki banyak fungsi; utamanya sebagai pusat pengendalian kegiatan organisasi. Aktifitas keseharian kantor, menunjukkan denyut eksistensi organisasi.

Sebuah kantor, tidak harus ramai dalam pengertiaan banyak orang di dalamnya. Sebuah kantor cukup dimanage dengan beberapa orang sesuai kebutuhan dan tugas serta fungsi yang diperankan. Tanggungjawab yang diamanatkan oleh organisasi, dilaksanakan sebagaimana mestinya. Tentunya, sesuai dengan SOP yang ditetapkan.

Kantor NU

Kantor dan sarana perkantoran bagi perkumpulan NU di level yang ada, penting dan rgensinyatidak bisa disangkal. Sebagai perkumpulan yang memiliki struktur sampai dengan tingkat anak ranting NU, ghirah untuk mendirikan Kantor NU perlu dibangun.

Kantor NU adalah salah satu elemen penting performa organisasi, juga untuk perkumpulan NU. Untuk beberapa saat yang lama, Gedung Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap  hanya ada satu sebagai sekretariat. Namun menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan sarana, kemudian dibangun kantor satu buah lagi menjadi kantor sekretariat bersama.

Di Kabupaten Cilacap, dari 24 Pengurus MWCNU, hampir 50% sudah memiliki Kantor dan Sekretariat Bersama Lembaga dan Badan Otonom NU. Bahkan beberapa Ranting NU juga sudah memiliki Kantor. Ini tentu hal yang membanggakan. Mengingat bahwa sentral atau pusat kegiatan menjadi penting, dan itu diwujudkan dengan keberadaan kaantor NU.

Di era seperti sekarang ini, tuntutan performa organisasi memang menghinggapi perkumpulan NU. Itu seiring berjalan, misalnya dengan kebutuhan akan media online. Jika kantor sebagai pusat pengendali informasi, maka media online menjadi sarana distribusi informasi melalui jaringan internet. Dalam rangka mensinergikan fungsi kantor dengan sarana media distribusi informasi, pengurus NU Ccabang Cilacap sudah menyediakan keduanya. (Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button