Cara Jamaah Masjid Nurul Huda Karangrena Memperingati Isra Mi’raj

NU CILACAP ONLINE –  Memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan berbagai cara telah menjadi bagian dari tradisi umat muslim di berbagi belahan dunia; tidak terkecuali bagi jamaah Masjid Nurul Huda Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap.

Pada hari Rabu malam (16/2) puluhan jamaah Masjid Nurul Huda Karangrena mengikuti serangkaian acara memperingati peristiwa Isra Mi’raj tersebut; yang diselenggarakan oleh JPZIS Masjid Nurul Huda Karangrena.

Isra Mi’raj sendiri merupakan peristiwa perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah shalat dari Allah SWT. Dalam perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW juga bertemu dengan nabi-nabi lainnya.

Acara memperingati Isra Mi’raj Masjid Nurul Huda Karangrena di isi oleh KH Muksihin Al-Hafidz dari Cilacap. Dalam tausiyahnya menyampaikan bawasanya bulan Rajab yang di dalamnya terdapat peristiwa besar Isra Mi’raj merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Baca Raih Kemuliaan Bulan Rajab, Tingkatkan Kualitas Diri

Dirinya menyebut bahwa, bulan rajab adalah bulannya allah SWT, di mana di bulan ini memberikan pesan awal pada Nabi Muhamad SAW untuk melaksanakan shalat lima waktu yang menjadi kewajiban seluruh umat islam. Baca Khutbah Jumat: Memperingati Isra Mi’raj, Menjaga Kualitas Shalat

“Maka siapapun yang melaksanakan puasa di bulan Rajab, memperingati peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhamad SWT, dosa-dosa yang dilakukukan insya Allah diampuni; mengingat bulan Rajab adalah bulannya allah SWT,” kata KH Muksihin.

jamaah Masjid Nurul Huda Desa Karangrena

Shalawat Nariyah 4444 kali

Dalam acara peringatan Isra Mir’aj itu, selain acara utamanya yakni pengajian dari KH Muksihin. Jamaah Masjid Nurul Huda Karangrena juga membaca shalawat Nariyah bersama sejumlah 4444 kali.

Saat ditemui NU Cilacap Online, Muhamad Wahyudi ketua JPZIS Desa Karangrena menuturkan bahwa  Shalawat Nariyah merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap bulan oleh jamah Masjid Nurul Huda, untuk itu dilakukan secara bersamaan dengan peringatan Isra Mi’raj menambah keberkahan.

Selain membaca shalawat nariyah bersama, pada acara Isra Mi’raj jamaah Masjid Nurul Huda kali ini yang diselenggarakan JPZIS Karangrena; juga mengadakan tumpengan atau potong tumpeng yang mana itu menjadi bagian dari eksprsi wujud rasa syukur.

“iya, tumpengan tersebut adalah bentuk dari rasa syukur kita masih dapat memperingati Isra Mi’raj di tahun ini. Jamaah Masjid juga sangat antusias dan saling membantu satu sama lain menyediakan tumpeng itu secara sukarela bersama-sama,” ujar Wahyudi.

Baca Juga Makesta IPNU IPPNU, Kaderisasi dan Titik Balik NU Karangrena

Seperti diketahui bersama, total tumpeng pada acara tersebut berjumlah lima tumpeng; kemudian dilakasanakan santap malam bersama jamaah usai semua rentetan acara selsai.

Ratini, salah satu jamaah masjid Nurul Huda merasa senang dan bangga telah hadir dalam acara peringatan Isra Mi’raj tersebut yang diselenggarakan oleh JPZIS Karangrena.

Selain kehangatan dan kebersamaan yang terjalin sesama jamaah Masjid Nurul Huda. Ratini juga mengaku mendapat ilmu baru tentang peristiwa Isra Mi’raj.

“ya tentu kebersamaannya, kehangatannya, dan ilmunya yang saya dapat dari acara ini, yang nantinya semoga dapat menjadikan ibadah saya lebih baik lagi,” pungkas Ratini pada NU Cilacap Online.

Kontributor: Toto Priyono
Editor: Munawar AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button