Muskercab Ke 3 PCNU Cilacap, Semangat Baru Perkumpulan

NU CILACAP ONLINE – Muskercab Ke-3 PCNU Cilacap di Gedung Sekber MWCNU Cimanggu pada Sabtu, (4/3/2023) besok adalah sebagai media semangat baru perkumpulan. Hal tersebut disampaikan Ketua Organizing Committe (OC) Muskercab Ke-3 PCNU Cilacap, Banu Tolib M.Pd.

Banu Tolib yang juga Wakil Sekretaris PCNU Cilacap lebih lanjut menjelaskan Muskercab ke-3 juga dalam rangka untuk menyusun program kerja sekaligus media silaturahim, komunikasi, dan konsolidasi bagi semua pengurus PCNU Cilacap di awal Abad ke-2 NU (dalam kalender Hijriyah).

Perlu diketahui secara georafis dan mengingat luas dan panjangnya wilayah Kabupaten Cilacap, untuk pemerataan, Muskercab ke-3 kali ini ditempatkan di Cilacap bagian barat yakni MWCNU Cimanggu.

“Muskercab¬†ke-1 di Cilacap bagian Timur yakni di Sampang, semenatara Muskercab ke-2 di Gedung PCNU Cilacap di Kesugihan”. katanya.

Perlu diketahui jajaran kepanitiaan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cilacap tengah menyiapkan gelaran agenda Muskercab ke-3 di Gedung Sekretariat Bersama (Sekber) Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cimanggu, Pada Sabtu, (4/3/2023) besok.

“Kegiatan ini akan dihadiri oleh semua jajaran PCNU Cilacap mulai dari Syuriyah, Katib, Tanfidziyah, dan semua unsur ketua dan sekretaris baik dari Lembaga NU maupun dari Badan Otonom (Banom) NU di bawah naungan PCNU Cilacap.”.

Baca juga

Dibagi Dua Sidang

Dijelaskan Muskercab ke-3 yang akan dilangsungkan di Jalan Nasional KM 5 Majenang, Desa Cilempuyang, Cimanggu tersebut, terbagi menjadi dua sidang yaitu sidang pleno dan sidang komisi.

Dijelaskan bahwa untuk sidang komisi terbagi menjadi lima bagian yaitu komisi Organisasi, komisi program, komisi rekomendasi, komisi syuriyah dan bahsul masail.

“Dalam Komisi organisasi nanti membahas pada arah penataan organisasi supaya sesuai dengan regulasi perkumpulan yang sekarang yaitu AD/ART hasil keputusan muktamar di Lampung dan peraturan perkumpulan,” tuturnya.

Baca juga PCNU Cilacap Borong Penghargaan Terbaik PWNU Jateng 

Lebih lanjut, Kasubag Kemenag Cilacap ini, menjelaskan untuk komisi program pembahasannya nanti lebih pada melakukan evaluasi program-program dari amanah konferensi cabang pada tahun 2018 lalu.

“Evaluasi program menjadi penting karena semangat berkhidmah nanti akan sesuai dengan regulasi perkumpulan, di samping sebagai media refleksi bersama-masa untuk perbaikan dan pemajuan organisasi,” terangnya.

Sementara komisi rekomendasi, lanjutnya, lebih ke soal internal, penguatan dalam bidang Penggalian pontensi warga NU.

Adapun komisi Syuriyah dan Bahsul masail merupakan persidangan khusus membahas tentang program kerja umum, konsolidasi masalah dan rekomendasi hasil kerja kajian intelektual para ulama, masyayikh dalam menyikapi masalah yang berkembang baik bidang keagamaan, lingkungan, politik, sosial, ekonomi dan budaya hingga persoalan kebangsaan dan peradaban dunia.

Dihadiri PWNU Jawa Tengah

Dia menambahkan pada pembukaan Muskercab ke-3 PCNU Cilacap di Gedung Sekber MWCNU Cimanggu nanti direncanakan akan dibuka oleh KH Munib Abdul Muchit Katib Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah.

Muskercab juga dihadiri tokoh-tokoh antara lain tokoh agama dan ormas termasuk pengasuh-pengasuh pesantren, juga perwakilan pengurus dari semua MWCNU Se-Cilacap, dan lain-lain.

Dari unsur pemerintah panitia juga mengundang Bupati Cilacap, dan aparatur pemerintah yang tergabung dalam Forkomincam seperti POLRI, TNI, Camat Se-Dawamancung, dan Kepala Desa Se-Kecamatan Cimanggu dan sekitarnya. (Imam Hamidi Antassalam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button