Dokumentasi

Ke Cilacap, PCNU Sleman Belajar Manajemen KOIN NU

Gedung Pusdiklat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap kembali kedatangan tamu dari luar kabupaten; kali ini adalah rombongan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan NU Care LAZISNU Sleman. Kedatangan mereka bermaksud sinau (belajar) terkait pengelolaan LAZISNU.

Tak tanggung-tanggung 4 armada sekaligus dibawa untuk mengantar rombongan berjumlah 41 orang. Hari itu, Ahad (24/07/2022) ruang auditorium PCNU Cilacap pun penuh oleh tamu dari PCNU Sleman.

Kehadiran mereka disambut hangat langsung oleh Rais Syuriah PCNU Cilacap KH Su’ada Adzkia dan Ketua PCNU Cilacap KH Nasrullh Muchson atau Gus Nas.

Dikonfirmasi oleh NU Cilacap Online, wakil Ketua PCNU Sleman Ulun Nuha yang memimpin rombongan pada hari itu mengatakan bahwa kedatangannya ke PCNU Cilacap membawa beberapa jajaran kepengurusan PCNU Sleman, Pengurus NU Care LAZISNU Sleman, dan perwakilan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se Kabupaten Sleman.

Kunjungan PCNU Sleman

Ulun Nuha mengungkap kedatangan mereka bertujuan untuk belajar terkait manajemen LAZISNU terhadap NU Care LAZISNU Cilacap. Juga berkaitan dengan GOCAP, Gerakan Koin NU Cilacap.

“Di tempat kami sudah terbentuk LAZISNU, akan tetapi gerakannya belum terpusat seperti di Cilacap. Hal ini menjadikan gerakan kami belum bisa merata,” kata Ulun (28/07).

Koin NU Di Sleman

Ulun Nuha yang juga termasuk pengurus Robitotul Ma’ahidl Islamiyah (RMI) PBNU mengaku sering terlibat Kerjasama dengan NU Care LAZISNU Pusat. Dari situ ia bertekad untuk bisa mengaplikasikan di Kabupaten Sleman. Hingga akhirnya gerakan LAZISNU mulai dirintis pada tahun 2016 hingga saat ini.

Akan tetapi gerakannya masih bersifat kedaerahan di masing-masing MWCNU. Hal ini menyebabkan gerakan tidak merata di setiap MWCNU.

“Dari sinilah kami mulai belajar pada kabupaten-kabupaten lain. Kami sudah study banding ke Sragen, Magelang, Tegal, dan lain-lain. Dan di Kabupaten Cilacap ini yang terakhir kalinya,” sambung Ulun.

Ulun Nuha mengaku sangat puas dengan pemaparan NU Care LAZISNU Cilacap. Ia pun mengucapkan terimakasih atas nama PCNU Sleman.

“Atas nama PCNU Sleman, saya mengucapkan terima kasih atas sambutan PCNU Cilacap. Kami  disambut langsung oleh Rais Syuriah serta Ketua Tanfidziyah yang kami tahu bahwa keduanya sangat sibuk. Jadi kami merasa surprise sekali.” ujarnya.

Ulun mengatakan NU Care LAZISNU Sleman tengah menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) sebagai implementasi Manajemen KOIN NU Cilacap di Kabupaten Sleman. Untuk ini PCNU Sleman meminta NU Care Cilacap untuk mendampingi.

“Target kami segera mengimpelmentasikan manajemen KOIN NU di Cilacap sehingga bisa menyalurkan Zakat Infaq Sodaqoh (ZIS) secara optimal, mengantar mustahiq menjadi muzakii,” Ujar Ulun  mantap.

Keberhasilan Koin NU

Sementara di lain pihak, Ketua NU Care Cilacap Wasbah Samudra mengapresiasi kedatangan PCNU Sleman. Ia mengatakan bahwa Kabupaten pada sangat dasarnya potensial sehingga optimis manajemen KOIN NU akan sukses diterapkan di sana.

“Saya melihat dari Kabupaten Sleman sangat potensial. Melihat SDM yang hebat-hebat, juga letaknyaa yang stragegis. Saya yakin NU Care LAZISNU Sleman akan sukses. Kuncinya satu pengelolaan,” ujar Wasbah.

Wasbah mengungkap bahwa manajemen LAZISNU terpusat yang diterapkan di Cilacap adalah satu-satunya di Indonesia. Ini pula yang menjadi kunci sukses pengelolaan Koin NU di Cilacap.

Kunjungan PCNU Seman

“Ada tiga rahasia sukses KOIN NU Cilacap, pertama regulasi terpusan, penanganan yang all out, dan visi misi bersama. Kalau tida ini bisa dilaksanakan pasti KOIN NU berhasil,” kata Wasbah

NU Care LAZISNU Cilacap membuka pintu tentang KOIN NU untuk diterapkan di PCNU Sleman.

“Insyaalloh PCNU Sleman sukses. Cilacap siap untuk mentoring terhadap gerekan Koin NU di Kabupaten Sleman,” pungkas Wasbah.

Diskusi hari itu berlangsung hangat. Para peserta satu persatu mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang memuaskan. (Naeli Rokhmah)

Baca juga: Ke Cilacap, PCNU Purbalingga Belajar Manajemen LAZISNU

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button