Dokumentasi

NU Care LAZISNU Bersinergi Dengan Lembaga NU Cilacap

NU Care LAZISNU bersinergi dalam pelaksanaan program kegiatan dengan Lembaga di bawah naungan NU Cilacap. Hal itu terungkap dalam Rapat bersama PCNU dan Lembaga NU pada Selasa, 16 Februari 2021, di Gedung PUSDIKLAT PCNU Cilacap.

Ketua NU Care LAZISNU Wasbah Samudra Fawaid mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membangun sinergisitas dengan lembaga – lembaga yang ada di PCNU.

“Program dan kegiatan di tahun 2021 dari lembaga-lembaga di PCNU dapat dilaksanakan dengan optimal dan berjalan dengan baik sesuai amanat Konferensi Cabang NU Cilacap,” tuturnya.

Bagi H. Wasbah, LAZISNU memiliki peranan itu semua karena sebagai pemegang dana untuk penguatan kelembagaan. Atas dasar manajemen pengalokasian atau pentasharufan yang prosedural, dimungkinkan sekali dialokasikan pada masing-masing lembaga

Namun, dia wanti-wanti, program dan kegiatan Lembaga tidak terlepas dari NU Care 4 pilar NU Care LAZISNU yakni: pendidikan, kesehatan, sosial keagamaan ekonomi, dan kebencanaan.

Wasbah berharap dengan NU Care LAZISNU bersinergi, Lembaga dan Banom NU semakin berdaya dan bisa menjalankan program dengan optimal. Dengan begitu NU bisa menjadi inspirasi di masyarakat sebagai organisasi yang besar dan punya kemanfaatan lebih yang bisa dirasakan umatnya.

“Untuk LAZISNU sendiri semoga semakin modern, terbuka, dan survive, menjadi lembaga amil zakat infaq shadaqah yang punya kapasitas untuk melakukan penghimpunan dana, serta mempunyai pelaporan yang pasti dan jelas,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Cilacap, Khazam Bisri, juga sepakat bahwa model pelaksanaan program dasar dan kegiatan dengan strategi bersinergi. Kegiatan yang menyasar kepada semua lembaga, dan Badan Otonom yang ada di lingkungan NU Cilacap, tanpa terkecuali.

“Sinergitas ini mencerminkan sinkronisasi semua lembaga dan banom di tingkat PCNU Cilacap. Mereka membuat rencana kegiatan satu tahun ini di tahun 2021, dan NU Care LAZISNU hadir bersama mereka,” tegasnya.

Khazam Bisri mengatakan setelah rapat kordinasi, masing-masing lembaga harus membuat perencanaan, usulan, dan diberikan kepada PCNU. Nantinya, semua akan dilihat seperti apa kegiatannya. Apakah sesuai dengan mandat organisasi NU kepada Lembaga dan Badan Otonom.

“PCNU akan melaksanakan koreksi, verifikasi, lalu dijadwalkan kegiatannya. Jadwal akan diusulkan oleh lembaga, kegiatan ini mau kapan, lalu dilihat supaya tidak berbenturan dengan kegiatan lembaga lain. Sinkronisasi tidak hanya tentang kegiatan nya, melainkan cakupan alokasi yang didukung oleh NU Care LAZISNU,” katanya.

Khazam Bisri mengharapkan supaya antar lembaga benar-benar bersinergi untuk menghadapi satu abad NU. Perlu kekompakan program dan konsistensi perencanaan sesuai dengan yang telah direncana pada Konferensi Cabang, supaya masyarakat merasakan kehadiran Nahdlatul Ulama ketika lembaga dan banom betul-betul langsung turun ke bawah.

Penulis : Zulia Adzkiyati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seven − seven =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button