Launching LBH, Ansor Cilacap Tekadkan Pendampingan Hukum

NU CILACAP ONLINE – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda (GP) Ansor atau lebih dikenal dengan sebutan LBH Ansor adalah Lembaga Bantuan Hukum di bawah naungan organisasi Gerakan Pemuda Ansor bertujuan untuk memberikan advokasi dan pendidikan hukum.

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Cilacap sebagai organisasi kepemudaan yang berhadapan langsung dengan masyarakat melaunchingkan Lembaga Bantuan Hukum pada hari Selasa (28/11) di Hotel Sindoro Cilacap.

“Salah satu tugas daripada LBH ini adalah pendampingan advokasi terkait dengan persoalan-persoalan hukum yang ada di masyarakat, tentu tugas ini tidak bersifat reaktif artinya kalau ada persoalan baru kemudian sahabat-sahabat ini turun tapi lebih dari itu,” papar Ketua PC GP Ansor Cilacap.

Selanjutnya, kata Gus Fani, LBH Ansor Cilacap ini akan menjadi tempat rujukan bagi kader dan masyarakat agar sadar hukum dan bisa mendobrak bahwa hukum adalah panglima.

“Kami kembali mengingatkan akan tugas serta tanggungjawab LBH Ansor agar bisa turut memberikan pendidikan hukum kepada kader Ansor Banser dan masyarakat secara umum sehingga persoalan hukum yang menimpa akan bisa diminimalisir,” katanya.

“Mari kita maksimalkan keberadaan LBH Ansor ini dalam rangka aktivitas terutama semakin banyaknya persoalan hukum. Misalnya beberapa kasus yang lalu ada kader-kader kita yang bersinggungan atau bertemu dengan persoalan hukum selama ini kita barangkali kesulitan dalam hal memberikan atau dalam hal pekerjaan bantuan harapannya ini kita sudah punya ilmu,” tambahnya.

Baca Juga : Launching LBH UNUGHA; Strategi Penyelesaian Sengketa Tanah

LBH GP Ansor yang merupakan lembaga semi otonom bertujuan untuk memberikan advokasi dan pendidikan hukum. Hal tersebut akan diberikan kepada seluruh kader Ansor dan Banser serta masyarakat, khususnya Nahdliyin atau warga NU.

“Launching LBH sebagai pertanda pelayanan konsultasi dibuka untuk umum. Mohon doa restu semoga kantor LBH Ansor ini bisa bermanfaat untuk khalayak, khususnya Nahdliyin di Cilacap,” papar Ketua LBH Ansor Cilacap, Ahmad Nur Khozin.

KH Suada Adzkiya Rais Syuriyah PCNU Cilacap menyampaikan bahwa PCNU Cilacap sebenarnya sudah memiliki  Lembaga Bantuan Hukum yakni LPBHNU

“PCNU memiliki LPBHNU, kedepannya bisa berjalan beriringan dengan LBH GP Ansor baik dalam program kerja maupun dalam penyelesaian segala problematika di masyarakat,” ucapnya kepada NU Cilacap Online.

Hadir dalam acara Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Su’ada Adzkiya, Kapolresta, Komandan Kodim 0703, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Cilacap, Pengurus LPBHNU, serta Pengurus LBH GP Ansor Cilacap.

Baca Juga : PC GP Ansor Cilacap Launching Logo Kemah, Inilah Filosofinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button