Badan Otonom NU

Ranting GP Ansor – Rijalul Ansor Glempangpasir Ngaji Bareng

Pasca diterapkannya pelonggaran aktifitas oleh pemerintah, Pimpinan  Ranting Gerakan Pemuda Ansor (PR GP ANSOR) Desa Glempangpasir kembali menggelar kegiatan rutinan Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor yang dilaksanakan di Mako 003 Glempangpasir.

Pembacaan Sholawat al-Barzanji dan Ngaji bareng mengisi Acara Rutinan Rijalul Ansor. Sementara itu, kegiatan ini sebenarnya sudah berjalan empat kali putaran Paska PPKM. Sebelumnya sempat terhenti hampir 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

Hadir dalam rutinan ini anara lain Ketua Ranting  GP Ansor Glempangpasir Ustadz Toriq firdosi Ketua Rijalul Ansor Ustadz Khayaturrohman, Kasatkorkel Banser Gus Muhammad Syafiil Anam, Kasie Pemerintahan Desa Glempangpasir Ustadz Nur Kholis dan Wakasakorcab Wilayah Timur Kiai Muhammad Sutamrin; juga jajaran pengurus dan angota Ranting Ansor Banser Glempangpasir.

Ketua Ranting GP Ansor Glempangpasir  Toriq, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peranan Ansor dan Banser dalam menjaga dan melestarikan tradisi dan amaliah Nahdlatu Ulama; dengan cara belajar atau mengaji bersama  kepada guru yang memiliki sanad keilmuannya jelas.

“Sahabat ayo bareng-bareng, ngaji, ngurip-ngurip akidah Ahlussunnah Wal Jamaah an Nahdliyah,” ungkapnya.

Ngaji Kitab Safinatun Najah

Dia menambahkan, selain pembacaan Sholawat Kitab Albarzanji juga Ngaji Bareng Dan Membaca mengkaji Kitab Safinatunnajah.

Kitab Safinatun Najah adalah sebuah kitab yang membahas dasar-dasar ilmu fiqih menurut mazhab Syafi’i. Judul kitab ini adalah Safinatun Najah Fiima Yajibu ‘ala Abdi li Maulah yang artinya ‘Perahu Keselamatan dalam Mempelajari Kewajiban Seorang Hamba kepada Tuhannya’.

Baca Juga: Ini Hasil Rapat Pengurus Harian PAC GP Ansor Kedungreja

Kitab karangan Salim bin Abdullah ini meringkas hukum-hukum fiqih dalam Islam secara padat dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Kitab ini sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar tentang ilmu fiqih, juga para santri di pesantren.

“Sebagai kader garda terdepan ulama Nahdliyin, Ansor dan Banser harus bisa menjaga marwah Ulama dan nama besar Nahdlatul Ulama. Dalam konteks kekinian, peranan itu bisa dengan cara terus belajar atau mengaji. Mengaji yang baik itu bukan pada medsos ataupun youtube, tetapi kepada guru secara langsung,” imbuhnya.

Kegiatan Rutinan Rijalul Ansor Ranting GP Ansor Glempangpasir ini terlaksana setiap malam selasa dalam 2 minggu sekali. Sedangkan tempatnya berpindah pindah atau keliling di Rumah rumah Sahabat Ansor Banser Se Desa Glempangpasir Dan Masjid Dan Musholla.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button