Dokumentasi

KH Maslahudin Ditetapkan Sebagai Ketua PCNU Cilacap

KH Maslahudin ditetapkan sebagai Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap menggantikan Al Magfurlah KH. Mochammad Syahid Muchson yang wafat pada 3 Mei 2013 lalu. Sementara KH. Syuhud Muchson LC menggantikan Al Magfurlah KH. Mochammad Syahid Muchson sebagai Ketua KBIHNU. Demikian hasil Rapat Harian Syuriyah-Tanfidziyah PCNU Cilacap, Selasa, 14 Mei 2013 di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap.

Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH. Suada Adzkiya menyatakan bahwa dengan Wafatnya KH. Syahid Muchson, jabatan Ketua Tanfidziyah segera diisi untuk kepentingan keberlanjutan organisasi. Oleh sebab itu, pergantian pengurus antar waktu ditempuh sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Seluruh peserta Rapat secara aklamasi menetapkan KH Maslahudin sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap. Seperti diketahui bahwa KH. Maslahudin sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PCNU Cilacap hasil Konfercab NU 2012. Di forum Konfercab, KH. Maslahudin mendapat suara di urutan ke dua di bawah perolehan suara KH. Mochammad Syahid Muchson.

Penetapan KH Maslahudin sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Cilacap selain mempertimbangkan perolehan suara tersebut di atas, juga atas dasar alasan dan mempertimbangkan kapasitas dan pengalaman yang bersangkutan. Diketahui bahwa KH Maslahudin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PCNU Cilacap Masa Khidmat 2007-2017.

“Alasan tersebut menguatkan aturan main yang digariskan dalam Anggaran Rumah Tangga NU yang mengatur masalah Pengisian Jabatan Antar Waktu,” demikian ungkap Hazam Bisri, sekretaris PCNU Cilacap.

Dengan penetapan dimaksud, kemudian tidak lagi terjadi kekosongan pada jabatan Ketua, dan organisasi NU Cilacap tetap bisa menjalankan program dan kegiatannya.

Sementara itu, KH. M. Suhud Muchson LC, Wakil Rais Syuriyah,  ditetapkan sebagai Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Nahdlatul Ulama (KBIHNU). Setelah mempertimbangkan beberapa masukan dan saran, peserta Rapat juga secara aklamasi memilih beliau sebagai Ketua KBIHNU.

“KH. Suhud Muchson LC merupakan figur yang tepat dalam jabatan Ketua KBIHNU,” kata KH. Imam Mudaris, Wakil Ketua PCNU Cilacap.

Rapat kemudian memberi mandat kepada KH. M. Suhud Muchson LC untuk melengkapi susunan pengurus KBIHNU. Rencananya, Kamis (16/Mei), Rapat internal KBIHNU akan digelar.

“Kelengkapan Pengurus KBIHNU mutlak segera direalisasikan, mengingat tugas-tugas pelayanan Haji oleh KBIHNU sedang terus dilaksanakan. Dengan kepengurusan yang baru, mudah-mudahan semua tugas pelayanan bisa diberikan kepada para calon jamaah haji,” demikian ungkap KH. Suhud Muchson.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button