Badan Otonom NU

Ngader, Ngaji, Makaryo, Tiga Pilar Penting Kader GP Ansor

Ngader itu, mengkader, melaksanakan kaderisasi, Ngaji itu ya mengaji, belajar ilmu agama, makaryo itu bekerja. Ngaji, Ngader, dan Makaryo, menurut Aliman S.Pd., Ketua PC GP Ansor Kab Cilacap, adalah pilar untuk menopang dinamika organisasi dan sebagai semangat dalam menunjukkan bukti kecintaan kader terhadap NKRI.

Kader ANSOR harus Ngader, yakni Menjalankan aktivitas yang memiliki orientasi dalam berjalannya kaderisasi, untuk menunjang dan memastikan keberlanjutan organisasi. Kader ANSOR harus Ngaji, yakni selalu berupaya untuk Belajar dan memperdalam ilmu kepada Kyai dan guru yang memiliki sanad keilmuan dan wawasan kebangsaan yang jelas. Dan Kader Ansor juga harus Makaryo, mewujudkan kemandirian kader dan organisasi dalam mencukupi kebutuhan Ekonomi.

Ngaji menjadi bagian gerakan spiritual kader ansor untuk mendekatkan diri kepada-Nya, kaderisasi harus masive berjalan agar organisasi Kader ini (red-Ansor) kedepan dapat menyiapkan pemimpin berkualitas untuk Nahdlatul Ulama (NU), dan yang terpenting jangan sampai Kita sebagai kader tidak bekerja, Menjadi kader Mandiri merupakan salah satu syarat agar organsiasi Ansor dapat berjalan dengan maksimal

Di beberapa momen kordinasi dan konsolidasi GP Ansor Cabang Kab Cilacap, Aliman selalu mengingatkan pentingnya tiga pilar tersebut. Demikian juga saat pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Cilacap Tengah.

PKD dilaksanakan selama dua hari mulai hari sabtu 27/02/2021 sampai ahad 28/02/2021 bertempat di BLK CHASANIYAH Gunungsimping Cilacap Tengah. Acara pembukaan PKD dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap Samsul Aulia Rahman

PKD mengambil tema “Membentuk Kader yang Militan, Berideologi Pancasila dan Berkarakter Ahlussunnah Wal Jamaah Al Nahdliyah“.  Kegiatan sendiri PKD diikuti oleh 30 peserta dibuka langsung oleh Aliman S.Pd., ketua PC GP ANSOR CILACAP

Dalam sambutan sekaligus sebagai pengisi materi “Visi dan Orientasi Pembangunan Cilacap”, Samsul Aulia Rahman menyampaikan bahwa Kader Ansor adalah penerus pemimpin pemerintah dan NU. Kepada mereka, sudah barang tentu harus dibekali ilmu dan aqidah yang benar.

Kegiatan sendiri PKD yang diikuti oleh 30 peserta diakhiri dengan pelaksanaan Baiat Kader GP Ansor. Seluruh peserta PKD, diharapkan langsung proaktif untuk menjalankan roda organisasi GP Ansor Cilacap Tengah bersama dengan pengurus yang sudah ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − 12 =

Back to top button