Badan Otonom NU

H Sholahudin Aly, Ansor Harus Menegakkan Aturan Organisasi

H Sholahudin Aly, Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah mengingatkan kepada seluruh kader Ansor Cilacap tentang pentingnya bersama-sama menegakkan dan menjalankan roda organisasi berdasarkan aturan-aturan yang tertuang pada PD, PRT, dan PO.

“Yakinlah, bahwa jika jalur komando dari tingkat pimpinan pusat sampai ranting berjalan secara kompak, maka Ansor akan menjadi organisasi yang semakin diperhitungkan, bukan hanya di negara kita saja, tetapi juga di dunia internasional,” kata H Sholahudin Aly.

Ajakan H Sholahudin Aly kepada Kader Ansor untuk tegakkan aturan organisasi disampaikannya dalam sambutan Pembukaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke-3 Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Cilacap di Gedung MI Ma’arif 01 Muktisari Kecamatan Gandrungmangu, Sabtu (20/03/21).

Baca Juga : AD ART (Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga) NU

H Sholahudin Aly juga menegaskan pentingnya kader Ansor, juga Banser, untuk mengambil peran-peran yang mendatangkan nilai kemanfaatan bagi organisasi, anggota dan masyarakat.

“Untuk bermanfaat bagi orang lain tidak harus menunggu menjadi profesor, doktor, Kyai, pejabat atau lainnya
Bermanfaat lah bagi orang lain dengan kondisi mu saat ini, apapun itu,” tegas pria yang akrab disapa Gus Sholah ini.

Selain Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah  juga hadir dalam Rakercab 3 tersebut Wakil Sekretaris PCNU Cilacap, Banu Tholib, Ketua PC GP Ansor Cilacap ‘Aliman beserta seluruh Pengurus Harian, Kasatkorcab Banser Hadi Mustofa dan jajarannya, Serta perwakilan dari PAC GP Ansor se Kabupaten Cilacap.

Banu Tholib, M.Ag dari PCNU Cilacap juga menyampaikan, pentingnya penataan organisasi di semua tingkatan, dengan mengedepankan pelaksanaan peraturan organisasi.

“Berhimpunnya kita dalam jam’iyyah NU adalah dilandasi oleh semangat yang bersifat kolektif kolegial, semangat kebersamaan untuk terus melestarikan Ajaran Islam Ahlussunah Wal Jamaah, Aswaja, dan menjaga keutuhan NKRI. Sehingga tidak boleh kita berjalan sendiri-sendiri”, tegasnya di hadapan peserta Rakercab.

Rakercab ke 3 Ansor Cilacap
Pimpinan Sidang memandu jalannya pelaksanaan Rakercab ke 3 GP Ansor Kabupaten Cilacap

Keputusan Rapat Kerja Cabang

Baca Juga : Apa Itu Rakercab (Rapat Kerja Cabang)? 

Gelaran tahunan PC GP Ansor kabupaten Cilacap, berupa rapat kerja cabang telah memasuki babak ke 3. Itu artinya, sejak mendapatkan mandat konferensi cabang di Sidareja pada tahun 2018 lalu, PC GP Ansor periode 2018-2022 ini sudah 3 kali menyelenggarakan Rapat Kerja Cabang.

Sebagai forum yang memiliki tujuan untuk mengevaluasi dan merancang pelaksanaan program, Rapat Kerja Cabang III meminta Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se Kabupaten Cilacap untuk memberikan laporan kegiatannya di tahun 2020 dan rencana kegiatan untuk tahun 2021.

Jika disajikan dalam angka, bersumber dari laporan dan rencana kegiatan yang disampaikn oleh PAC dan pembahasan dalam rapat kerja cabang III, penyelenggaraan organisasi Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Cilacap tahun 2020 dan rencana tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan Konferensi Anak Cabang

Dalam periode tahun 2020, sedikitnya ada 6 kali penyelenggaraan Konferensi anak cabang di Cilacap yang meliputi Kecamatan Majenang, Wanareja, Kesugihan, Gandrungmangu, Cipari dan Cilacap Selatan. Kini ke 6 PAC telah memiliki legalitas kelembagaan atau Surat Keputusan dari Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah. Kecuali Cilacap selatan yang masih dalam tahap revisi pengajuan SK.

Pada tahun 2021, dijadwalkan sedikitnya ada 13 PAC yang harus menyelenggarakan Konferensi Anak Cabang. Yaitu Kecamatan Adipala, Bantarsari, Karangpucung, Kawunganten, Jeruklegi, Cimanggu, Binangun, Sidareja, Kroya, Patimuan, Sampang, Nusawungu dan Cilacap Utara.

  1. Status Legalitas PAC

Kabupaten Cilacap memiliki 24 Kecamatan, dari kesemuanya sudah terbentuk kepengurusan PAC GP Ansor. Dari sisi legalitas kelembagaan PAC yang dibuktikan dengan kepemilikan SK, sampai dengan tahun 2020 ada 21 PAC sudah memiliki SK dan 3 PAC belum ber-SK. Ketiga PAC tersebut adalah Dayeuhluhur, Cimanggu dan Cilacap Utara.

  1. Status Legalitas Pimpinan Ranting

Dengan jumlah total 284 Desa dan Kelurahan yang ada di kabupaten Cilacap, sebanyak 245 telah terbentuk kepengurusan Pimpinan Ranting, selebihnya atau sebanyak 39 desa belum terbentuk kepengurusan Pimpinan Ranting. Dari kepengurusan ranting yang sudah ada tersebut, 120 Pimpinan Ranting telah memiliki SK dan 125 belum memiliki SK.

  1. Estimasi jumlah kader

Dikabupaten Cilacap, estimasi Jumlah anggota Gerakan Pemuda Ansor berdasarkan laporan dari PAC se-kabupaten cilacap sebanyak 4.782 anggota. Kesugihan menjadi kecamatan terbanyak yang memiliki estimasi jumlah kader yaitu sebanyak 800 orang.

Dari total estimasi jumlah kader tersebut, Kabupaten Cilacap dalam melakukan pendataan anggota melalui sistem online yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat GP Ansor baru terdata sebanyak 929 data aktif dan 359 Data baru untuk di approval.

  1. Surat Menyurat PC GP Ansor

Sepanjang tahun 2020, sekretariat PC GP Ansor Cilacap telah mengeluarkan surat sebanyak 114 surat. Dengan rincian 72 buah berupa surat keputusan, 13 buah surat rekomendasi, 9 buah surat permohonan, 16 buah surat undangan, dan 4 buah surat instruksi atau edaran.

  1. Peserta Rapat Kerja Cabang III

Rapat kerja cabang pada tahun ke 3 ini, dilaksanakan pada sabtu, 20 maret 2021 dengan berlokasi di MI Maarif 01 Gandrungmangu, dimulai pukul 14.00 dan selesai pukul 20.30 WIB. Dihadiri oleh utusan setiap PAC sebanyak 2 orang dari unsur Ketua PAC dan Kepala Satkoryon Banser, Pengurus Harian PC GP Ansor sebanyak 18 orang, Pengurus Satuan Koordinasi Cabang Barisan Ansor Serbaguna sebanyak 5 orang, Pengurus Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Cabang sebanyak 4 orang, Pimpinan Wilayah 1 orang, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap 1 orang dengan total keseluruhan peserta yang mengisi daftar hadir sebanyak 67 orang.

  1. Laporan Kegiatan PAC di tahun 2020

23 PAC hadir memberikan laporan kegiatan tahun 2020 dan rencana kegiatan tahun 2021 secara tertulis, dan diwakili oleh 4 orang menyampaikan secara verbal dihadapan seluruh peserta rakercab.

Dari keseluruhan laporan kegiatan tahun 2020 yang disampaikan secara tertulis, totalnya ada 279 kegiatan yang dilakukan oleh PAC. Dari kegiatan tersebut, jika dikategorisasikan sedikitnya ada 6 kategori kegiatan yang sudah dilakukan oleh PAC.

  1. Kegiatan Konsolidasi dan Administrasi sebanyak 82 kegiatan. Misalnya dalam bentuk rapat-rapat pengurus, pelaksanaan konferensi, rapat kerja, Pendampingan rapat anggota dan lain-lain.
  2. Kegiatan Sosial Kemasyarakat sebanyak 56 Kegiatan. Kegiatan dengan kategori ini menjadi kegiatan paling banyak ke 2 mengingat pada tahun 2020 kabupaten cilacap masuk dalam masa pandemi, dan di akhir tahun 2020 musibah banjir banyak melanda kecamatan di kabupaten cilacap. Bentuk kegiatan yang hampir semua PAC laksanakan diantaranya adalah Pembentukan Satgas Covid 19, Penggalangan donasi bantuan untuk masyarakat terdampak musibah, Pendirian posko banjir hingga terlibat dalam kegiatan pembagian masker bersama stakeholder kecamatan.
  3. Kegiatan Keagamaan dan Penguatan Ideologi Aswaja sebanyak 42 Kegiatan. Bentuk kegiatan kategori ini diantaranya rutinan majelis dzikir dan sholawat rijalul ansor, pengajian rutin kitab kuning atau fikih tematik, Mujahadah, Maulid, hingga ziarah ke makam para kesepuhan, baik tingkat lokal maupun antar wilayah.
  4. Kegiatan Bidang Kebanseran sebanyak 32 Kegiatan.
  5. Kegiatan penguatan Ekonomi kader sebanyak 18 Kegiatan.
  6. Kegiatan lain-lain sebanyak 49 kegiatan.

Kesemua kegiatan ini adalah kegiatan yang berhasil terdokumentasikan oleh setiap PAC. Pada prakteknya, masih ada kegiatan yang tidak terdokumentasikan oleh PAC.

  1. Rencana Kegiatan Tahun 2021.

Sedikitnya ada 166 Kegiatan yang direncakan oleh PAC GP Ansor di Cilacap untuk tahun 2021. Yang meliputi 74 kegiatan untuk kategori konsolidasi organisai dan administrasi, 31 Kegiatan untuk kegiatan keagamaan dan penguatan ideologi aswaja, 29 kegiatan kaderisasi, 17 Kegiatan yang mengarah pada penguatan ekonomi, 9 Kegiatan dibidang sosial kemasyarakatan dan 6 kegiatan masuk kategori lain-lain.

Pada tahun 2021 ini muncul kembali kegiatan yang mengarah pada kaderisasi. Pada tahun 2020, nyaris kegiatan kaderisasi tidak muncul, karena adanya edaran dari Pimpinan Pusat Gerakan pemuda ansor tentang kegiatan GP Ansor pada masa pandemi covid-19.

Dalam jadwal kaderisasi yang telah disusun, pada tahun 2021 rencananya akan ada 17 kali penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), 4 Kali penyelenggaraan pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser, 1 kali Latihan Instruktur dan Kursus Pelatih dan 1 Kali kegiatan Pendidikan dan Latihan Khusus (Diklatsus) Banser.

9. Program Kerja PC GP ANSOR Tahun 2021.

Pada tahun 2021 ini PC GP Ansor sedikitnya merencanakan kegiatan dengan menyasar 5 issue utama, yaitu :

  1. Kaderisasi dan Konsolidasi Organisasi.
  2. Tata Kelola Administrasi dan Kelembagaan
  3. Kemandirian Ekonomi
  4. Penguatan ideologi Aswaja An Nahdliyyah
  5. Sosial dan Kemasyarakatan

Demikian potret Rapat Kerja Cabang III yang berhasil dicatat oleh sekretariat PC GP Ansor Kabupaten Cilacap.

Diolah dari Sekretariat GP Ansor Cilacap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × three =

Back to top button