Antologi NU

AD ART (Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga) NU

AD ART (Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga) NU. Organisasi Nahdlatul Ulama / NU memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang biasa disingkat dengan AD ART NU. Lalu bagaimana kedudukan, isi kandungan dan fungsi dari AD ART NU? Artikel pendek ini akan memberikan penjelasan secukupnya.

Apa itu AD ART NU? Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU adalah pokok-pokok dan kaidah-kaidah dasar berorganisasi yang menjelaskan, mengatur dan memberi sangsi-sangsi organisatoris dan bersifat mengikat, yang ditetapkan melalui forum Muktamar NU, sebuah forum permusyawarat tertinggi di organisasi Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) ini. Sebelum menggunakan istilah Muktamar, permusyawarat tertinggi NU dikenal dengan nama atau sebutan Kongres.

Karena ditetapkan dan diputuskan melalui forum Muktamar, maka kedudukan AD/ART NU sangat tinggi dalam hirarki peraturan organisasi. Bahkan dalam kedudukan tertinggi. Jika dibuat hierarki peraturan, maka AD/ART NU ada di urutan nomor satu, disusul kemudian dengan jenis aturan organisasi NU lainnya.

Mengapa ada pemilahan antara Anggaran Dasar dengan Angaran Rumah Tangga NU? Sesuai namanya, AD bersifat sangat prinsip, mendasar. Bab dan pasal-pasal dalam Anggaran Dasar NU berisi penjelasan-penjelasan secara ringkas dan umum. Sementara itu, Anggaran Rumah Tangga (ART) berisi Bab dan pasal-pasal lebih banyak, yang menjelaskan secara lebih rinci dan detail tentang kerumahtanggaan organisasi NU.

Keduanya, antara AD dan ART tidak bisa dipisahkan. Keduanya merupakan satu kesatuan aturan organisasi yang saling melengkapi. AD menjadi rujukan ART, dan ART menjelaskan secara rinci isi dari AD. AD dan ART kemudian menjadi rujukan dan referensi utama aturan-aturan organisasi NU di tingkat bawah nya.

AD ART (Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga) NU

Isi Kandungan AD ART NU

Anggaran Dasar NU memiliki isi dan kandungan yang terdiri dari 13 Bab. Di antaranya Bab tentang Nama, Kedudukan dan status, pedoman, aqidah dan asas, Lambang NU, Tujuan dan Usaha, Keanggotaan, Hak dan Kewajiban, Struktur dan Perangkat Organisasi, Kepengurusan dan Masa Khidmat, Tugas dan Wewenang Pengurus, Bab tentang Permusyawaratan, Rapat-Rapat, Keuangan dan Kekayaan Organisasi, Bab Perubahan, Pembubaran Organisasi dan Penutup.

Anggaran Rumah Tangga NU terdiri dari 26 Bab, memiliki isi dan kandungan yang lebih lengkap, karena menjelaskan beberapa Bab dalam AD NU, dan  terdiri dari 104 pasal. Bab-bab dalam ART NU antara lain mengatur tentang ;

  1. Keanggotaan,
  2. Tatacara Penerimaan dan Pemberhentian Keanggotaan
  3. Kewajiban dan Hak Anggota,
  4. Tingkatan Kepengurusan,
  5. Perangkat Organisasi,
  6. Susunan Pengurus Besar,
  7. Susunan Pengurus Wilayah,
  8. Susunan Pengurus Cabang dan Pengurus Cabang Istimewa,
  9. Susunan Pengurus Majelis Wakil Cabang,
  10. Susunan Pengurus Ranting,
  11. Susunan Pengurus Anak Ranting,
  12. Susunan Pengurus Badan Otonom,
  13. Syarat Menjadi Pengurus,
  14. Pemilihan dan Penetapan Pengurus,
  15. Pengisian Jabatan Antar Waktu,
  16. Rangkap Jabatan,
  17. Pengesahan dan Pembekuan Pengurus,
  18. Wewenang dan Tugas Pengurus,
  19. Kewajiban dan Hak Pengurus
  20. Permusyawaratan Tingkat Nasional,
  21. Permusyawaratan Tingkat Daerah,
  22. Permusyawaratan Badan Otonom,
  23. Rapat-Rapat,
  24. Keuangan dan Kekayaan,
  25. Laporan Pertanggungjawaban
  26. Ketentuan Penutup

Sementara itu, ada dua naskah dokumen historis yang menjadi bagian integral dari Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga NU. Yaitu Muqaddimah Qonun Asasi dan Naskah Khittah NU. Keduanya tidak bisa dipisahkan dan merupakan satu kesatuan.

Silakan Download Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU .pdf tahun 2015, di SINI

Catatan:

  • Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU ini adalah hasil dari Muktamar NU Ke-33 di Jombang-Jawa Timur Pada Agustus 2015.
  • Hingga saat ini/saat Anda membaca ini, AD ART NU ini merupakan yang paling baru dan berlaku saat ini.
  • Jika dikemudian hari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merevisi/mengeluarkan AD ART selanjutnya, maka informasi akan segera admin update dan informasikan di halaman ini.
  • NU Cilacap Online ikut bertanggungjawab atas kebenaran isi artikel ini yang disarikan dari naskah asli Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU (2015)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 2 =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button