Mobil, Sepeda Motor, Odong-Odong Ramaikan Pawai Hari Santri

NU CILACAP ONLINE – Sebanyak 73 Mobil dan 11 Odong-Odong ramaikan pawai Hari Santri Nasional tingkat kecamatan Nusawungu Cilacap, Ahad (22/10/2023), usai upacara di lapangan desa Nusawungu.

Mobil dan odong-odong membawa peserta upacara Hari Santri. Mereka berasal dari rombongan Fatayat NU, Muslimat NU, para guru dan siswa siswi Madrasah Ibditaiyah (MI). Juga warga NU.

Baca juga Peran Santri Sebagai Motor Penggerak Kemajuan

Odong-odong adalah sejenis kendaraan hiburan yang biasanya hadir di keramaian warga ala pasar malam, taman bermain, pasar, hingga taman rekreasi. Namun, odong-odong kini bisa menjjadi angkutan penumpang untuk ke pasar ataupun antar jemput anak sekolah.

Antusiasme warga NU Nusawungu terlihat saat beerangkat ke lapangan mengikuti upacara Hari Santri Nasional. Juga saat bersama-sama pawai menyusuri jalan di wilayah kecamatan Nusawungu.

Upacara berjalan teratur dan lancar. Setelah upacara selesai dilanjutkan pemberian piala kepada pemenang lomba futsal oleh PAC IPNU Nusawungu. Setelah itu tampil atraksi pencak silat, persembahan dari kelompok pencak silat Pagar Nusa.

Ada beberapa atraksi di antaranya jurus pencak silat, duel peserta dan atraksi dilindas motor. Atraksi tersebut mengundang tepuk tangan yang riuh gemuruh dari penonton. Hal yang menghawatirkan jika dilihat, tapi berhasil dilakukan.

aksi pagar nusa nusawungu

Upacara Tertib dan Lancar

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Nusawungu tahun ini sangat menarik. Kali ini para petugas upacara berasal dari Badan Otonom IPNU dan IPPNU PAC Nusawungu.

”IPNU dan IPPNU ingin menunjukkan bahwa mereka bisa membaur menjadi petugas sekaligus menghandle apa yang menjadi tanggungjawabnya,” tutu Dede Rifki, Ketua PAC IPNU Nusawungu.

Baca juga Kisah Lahirnya Hari Santri Nasional

Dede Rifki menuturkan, setelah pembubaran upacara, dilanjutkan dengan pawai. Rute pawai Hari Santri Nasional dengan mobil, odong-odong dan sepeda motro, start dari lapangan desa Nusawungu desa Kedungbenda. Dari pertigaan desa Kedungbenda ke selatan menuju desa Jetis. Dari perempatan desa Jetis kearah barat menuju desa Karangpakis.

Kepada NU Cilacap Online, Saimun S.Pd.I., Wakil Sekretaris MWCNU Nusawungu mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional di Nusawungu berjalan tertib, lancar dan khidmat.

“Upacara berjalan sesuai rencana. Para petugas juga masing-masing melaksanakan tanggungjawanya. Ini sekaligus mencerminkan kekompakan dalam kepanitiaan upacara,” ungkapnya.

Baca juga Pawai Resolusi Jihad Meriahkan HSN MWCNU Karangpucung

Pawai Mobil Hari Santri

Menyinggung pelaksanaan pawai setelah upacara, Saimun menegaskan, pawai berjalan lancar, aman. Antusiasme waraga NU dalam pawai juga mencerminkan semangat peringatan Hari Santri.

Hadir dalam upacara Hari Santri Nasional tingkat kecamatan Nusawungu beberapa tokoh. Antara lain Camat Nusawungu, Kepala Kepolisian Sektor (KAPOLSEK), Komandan Rayon Militer (KORAMIL), Syuriyah dan Tanfidziyah Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan seluruh Badan Otonom Nahdltul Ulama (BANOM NU).

Baca juga Presiden Jokowi; Santri Adalah Pilar Kekuatan Bangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button