Badan Otonom NU

Neni Ismiati: IPPNU Cilacap Fokus Ke 8 Kegiatan di Tahun 2022

Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cilacap Neni Ismiati mengatakan IPPNU akan fokus ke 8 (delapan) kegiatan di tahun 2022. Hal itu disampaikan Neni saat mengikuti Rapat Kerja Cabang bersama PCNU Cilacap, Sabtu (8/1) di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap.

Yang pertama adalah kegatan BROWNIS (Ngobrol Manis) bersama Kader IPPNU Se Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi untuk penguatan Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) IPPNU.

“Brownis sendiri merupakan realisasi penguatan gerak langkah kepengurusan di semua tingkatan IPPNU; melalui obrolan (komunikasi dan konsolidasi) program. Direncanakan, brownis terselenggara sebulan sekali periode Februari 2022 hingga Januari 2023,” ungap Neni

Kegiatan IPPNU Cilacap 2022 juga merambah ke pengadaan Kartu Tanda Anggota (KTA) IPPNU menjadi priorotas mengingat ini program dari Pimpinan Pusat IPPNU. Mengingat pentingnya IPPNU sebagai wadah kaderisasi NU, PC IPPNU Cilacap juga akan melaksanakan Workshop Kaderisasi sekaligus Latihan Kader Utama (LAKUT).

Lakut adalah pelatihan yang membentuk idealisme kader sehingga mampu mengembangkan pengetahuan, sikap, skill organisatoris secara optimal. Tujuan LAKUT adalah membentuk kader yang mampu mengelola organisasi secara profesional dan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan keorganisasian serta permasalahan sosial kemasyarakatan.

Baca Juga

Kaderisasi, Porseni dan Konseling

Sebagai Ketua IPPNU, Neni Ismiati menyadari bahwa kaderisasi sesuai aturan organisasi menjadi priorotas. Dari level Makesta, Lakmud hingga Lakut.

“Setidaknya, di level Cabang, dalam periode Kami harus melaksanakan minimal 1 kali Latihan Kader Utama (Lakut). Ini sudah menjadi bagian dari amanat Rapat Kerja Cabang (Rakercab) IPPNU tahun 2021 lalu,” tegas Neni Ismiati.

Kepada NU Cilacap Online, Neni Ismiati mengatakan optimis bahwa Kegiatan IPPNU Cilacap 2022 akan terlaksana. Kondisi tahun 2002 berbeda dengan tahun 2021 yang lalu. Oleh sebab itu, IPPNU juga mencanangkan kegiatan PORSENI IPNU, Konseling Sebaya Ruang Sahabat sebagai tindak lanjut Konseling Pelajar Putri dan GenRe Jateng. Juga Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Media Sosial.

“Semua Kegiatan IPPNU Cilacap 2022 muaranya pada peningkatan kualitas kader IPNU. Termasuk menghasilkan kader yang mahir di bidang kepenulisan dan peningkatan eksistensi media sosial,” katanya.

Di tahun 2022, Neni berharap soliditas kepengurusan IPPNU Cilacap semakin menguat. Karena baginya itu merupakan modal bagi pelaksanaan program dan kegiatan.

Sejak pelaksanaan Konferensi Cabang IPPNU Cilacap XIV April 2021 lalu, PC IPPNU Cilacap sudah melaksanakan lebih dari 40 kegiatan; baik yang terfokus di level Cabang, PAC, Ranting maupun Komisariat. Dalam laporan tahunannya kepada PCNU Cilacap, kegiatan konsolidasi dan kaderisasi mendominasi kegiatan PC IPPNU Cilacap.

“Konsolidasi yang Kami ikuti tidak hanya terfokus ke level PAC, PK dan Ranting. Beberapa PAC baru, terentuk dan terlantik. Juga Pimpinan ranting dan Pimpinan Komisariat. Kegiatan di level Pimpinan Wilayah juga kami ikuti,” ungkap Neni.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

sixteen − 3 =

Back to top button