Badan Otonom NU

Makesta IPNU IPPNU Cilacap Selatan Siapkan Generasi NU

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Cilacap Selatan menyelenggarakan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA). MAKESTA berlangsung dari hari Sabtu-Ahad (19 – 20/02/2022) bertempat di Masjid Al-Hidayah, Tegalkamulyan, Cilacap Selatan.

MAKESTA Raya PAC IPNU IPPNU Cilacap Selatan mengusung tema “Ber-IPNU IPPNU Its My Dream”, dihadiri oleh pengurus Nahdlatul Ulama (NU) setempat. Turut menghadiri pembukaan, Waka 1 Pengembangan Organisasi dan Komisariat Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Cilacap Farahdiba Nadya dan Dinda Anjelin.

Sekretaris Majelis Wakil Cabang NAhdlatul Ulama (MWCNU) Cilacap Selatan Sunarko juga memberi tanggapannya atas terlaksananya MAKESTA.

“MAKESTA merupakan bagian dari penguatan terhadap generasi NU, khususnya pada sasaran pemuda dan pelajar NU. Lewat penguatan dan pengkaderan tersebut, diharapkan NU di Cilacap Selatan akan terus kuat dan tetap eksis,” kata Sunarko.

Ia juga menyampaikan bahwa MAKESTA harus terus dilaksanakan dalam kondisi apa pun dengan materi yang tidak hanya doktrinasi, melainkan juga mengandung pengetahuan ilmiah.

Materi Makesta

Selama kegiatan berlangsung, sejumlah rangkaian acara sukses dilaksanakan. Di antaranya pemaparan 6 materi pokok MAKESTA, yakni Ahlussunah wal jamaah, ke-NU-an, IPNU IPPNU, keorganisasian, wawasan kebangsaan, dan kepemimpinan. Diselipkan pula dalam acara kegiatan keagamaan seperti tadarus Al-Qur’an serta kegiatan olahraga berupa outbond.

MAKESTA Raya PAC IPNU IPPNU Cilacap Selatan juga membuka kesempatan bagi PAC lain yang ingin mendelegasikan anggotanya ber-MAKESTA. Dengan demikian, terdapat 42 peserta yang terdiri dari 16 IPNU dan 26 IPPNU yang berasal dari delegasi ranting-ranting di Cilacap Selatan, Kecamatan Jeruklegi, Kecamatan Cilacap Tengah, dan Cilacap Utara.

Peserta Makesta IPNU IPPNU Cilacap SelatanMAKESTA raya Cilacap Selatan ini merupakan wujud keseriusan dari para pengurus untuk mencetak generasi penerus IPNU IPPNU khususnya di tingkat kecamatan. Kegiatan organisasi yang vakum akibat terpaan badai korona harus diatasi dengan pengkaderan. Harapan pengurus hasil dari MAKESTA, para anggota menjadi calon-calon kader yang militan dan aktif mengembangkan organisasi.

Acara MAKESTA selesai pada Ahad siang selepas duhur. MAKESTA ditutup dengan sambutan dari Tim Kadierisasi PC IPNU Cilacap Lukman Hakim.

“IPNU IPPNU bagaikan mata dengan tangan. Jika tangan terluka maka mata akan menangis dan sebaliknya jika mata menangis tangan akan mengusap air mata itu. Di sini bisa dimaknai bahwa kita adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Di kala berjuang pasti ada kesulitan, di situlah kita diuji, jika kita bersama pasti bisa, jika kita bercerai pasti runtuh kalian-kita,” ucap Lukman Hakim.

MAKESTA diakhiri dengan ucapan selamat berjuang dan sesi foto bersama. Baca Juga >> Makesta, Pengertian, Tujuan, Output, Indikator dan SOP

Kontributor : Charisma Fatimah Azzahro
Editor: Shevilla Dewi Pramudhita

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button