Badan Otonom NU

Tradisi Piala Bergilir Untuk Pengantin IPNU-IPPNU

Ada tradisi pemberian Piala Bergilir Untuk Pengantin IPNU-IPPNU. Tradisi unik ini telah berlangsung bertahun-tahun dilaksanakan oleh jajaran Pengurus Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPNU-IPPNU) Sampang Kabupaten Cilacap.

Tradisi tersebut adalah penyerahan piala bergilir untuk pengurus IPNU-IPPNU  yang menikah. Serah terima piala dilakukan oleh pasangan pengurus  yang telah menikah terlebih dahulu kepada pengurus  yang menikah berikutnya. Untuk selanjutnya,piala akan disimpan oleh pengurus yang menikah tersebut dan saat ada pengurus  yang menikah lagi, maka piala akan diserahkan kepadanya. Begitulah seterusnya.

Tradisi Piala Bergilir Untuk Pengantin IPNU-IPPNU
dok. istimewa

Bertempat  di acara resepsi pernikahan Fauzan Ahmad  dan Laeli Istiqomah, tradisi tersebut kembali dilaksanakan. Adapun acara  resepsi diselenggarkan di rumah mempelai wanita yang beralamat di Di Desa Sidasari Kecamatan Sampang  pada hari Sabtu (5/12.2020) silam. Ucapan selamat pun berdatangan baik yang hadir secara langsung maupun melalui media social.

Hadir dalam acara tersebut Pembina PAC IPNU-IPPNU Sampang, segenap pengurus PAC IPNU-IPPNU Sampang, dan perwakilan dari pengurus ranting IPNU-IPPNU se Kecamatan Sampang.

Ucapan selamat tampak diunggah di akun Instagram milik MWC NU Sampang dengan nama akun @NUSampang_official. 2  buah foto mempelai tampak pada unggahan disertai  Sederet kata sebagai caption.

@NUSampang_official

Tradisi Penyerahan Piala Bergilir Pernikahan @pacipnuippnu_sampang , guna menjaga tali silaturahmi antara pengurus dengan para demisioner.

Selamat kepada Rekan @faozanachmad29 (Demisioner Ketua PAC IPNU Sampang 2012-2014) dan Rekanita @laeliistiqomah24 (Demisioner Sekretaris PAC IPPNU Sampang 2014-2016). Semoga menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah. Aamiin

Tampak di dalam foto yang diunggah moment serah terima sebuah piala oleh 2 pasangan muda mudi. Bisa dipastikan pasangan penerima adalah Fauzan Ahmad yang dalam caption tersebut merupakan demisioner Ketua PAC IPNU periode 2012-2014.

Sedangkan perempuan disebelahnya adalah Laeli Istiqomah yang dalam hal ini adalah demisioner skretaris PAC IPPNU Sampang periode 2014-2016. Sedangkan pasangan yang menyerahkan piala diduga adalah pasangan pasangan  yang juga demisioner pengurus PAC IPNU-IPPNU Sampang yang telah lebih dahulu menikah.

Ketua PAC IPNU Sampang, Dody Gondo Setiawan menuturkan, “Penyerahan Piala Bergilir ini tujuannya untuk mengeratkan tali silaturahmi antara pengurus IPNU IPPNU yang lama dan pengurus baru sekaliagus untuk mengingatkan kepada kedua mempelai pengantin yang sudah berjuang di momen- momen kegiatan IPNU IPPNU di Kecamatan Sampang.  Dan tradisi seperti ini di Kabupaten Cilacap hanya ada satu, ya di PAC Sampang ini, di PAC yang lain  tidak ada”, ucapnya dengan bangga.

Dody juga menceritakan  asal usul diadakannya Piala Bergilir. Menurutnya, adanya kegiatan penyerahan piala bergilir dimulai pada tahun 2010.

“Tradisi ini di pelopori oleh pembina PAC- IPNU IPPNU Sampang Bapak Agung Awaludin tepatnya pada tahun 2010. Saat itu beliau  menjabat sebagai Ketua PAC IPNU Sampang, piala diberikan sebagai wujud penghargaan rekan-rekan atas  pengabdiannya di  kepengurusan PAC IPNU IPPNU Sampang sampai naik ke pelaminan,” kata Dody. Dody menceritakan bahwa di piala tersebut  tercantum nama-nama pengurus yang telah menikah.

“ Ada 30 nama tercantum di piala bergilir. Itu dari kurun 2010 sampai 2020 sekarang ini. Uniknya,  pemilik piala ini akan bergilir secara terus menerus. muter dari pengantin satu ke pengantin berikutnya. Pokoknya kalo ada pengurus yang menikah, maka piala akan diserahkan kepada pengurus tersebut, dan begitu seterusnya, ” pungkasnya.

Kontributor : Habib Yusuf (IPNU Sampang)

Editor : Naeli Rokhmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × 4 =

Back to top button