Badan Otonom NU

Posbindu Fatayat NU Adipala Gelar Layanan Kesehatan CERIA

Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) PAC Fatayat NU Adipala kembali beraksi menggelar layanan kesehatan CERIA untuk yang kedua kalinya. Untuk kali ini Posbindu PTM bertempat di Majelis Ta’lim Roudlotul Falah; yang terletak di Jalan Kantil RT 02 RW 01 Dusun Cibolang Desa Gombolharjo.

Kegiatan Posbindu ini bersamaan dengan pertemuan rutin Fatayat NU Ranting Gombolharjo. Ahad, (5/21). Selain Pengurus Ranting dan pengurus PAC Fatayat NU Adipala, hadir pula Ketua Muslimat NU Ranting Gombolharjo. Juga Pimpinan Majelis Ta’lim Roudlotul Falah Gombolharjo dan Ketua Lembaga Kesehatan MWCNU Adipala.

Dalam sambutannya pimpinan Majelis Ta’lim Ahmad Sabdin menyampaikan rasa bangga dan senang atas pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, selain menambah ilmu, juga semua anggotanya bisa cek kesehatan langsung oleh petugas dari Fatayat NU Adipala.

“Layanan kesehatan oleh Posbindu Fatayat NU Adipala ini kiranya bisa istiqomah; terus berjalan, bergiliran dari satu tempat ke tempat yang ain. Juga bersinergi dengan Banom NU atau lembaga NU atau instansi yang lainnya,” terang beliau.

Layanan Kesehatan CERIA

Sementara itu, Wakil Ketua Posbindu PTM PAC Fatayat NU Adipala Suminah menjelaskan, Pos Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) adalah dari Fatayat oleh Fatayat dan untuk Fatayat. Posbindu PTM Fatayat NU ini bersinergi dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Adipala.

Artikel Terkait

Petugas Layanan Kesehatan Posbindu Fatayat NU Adipala
“Tahapan dalam kegiatan Posbindu PTM ada lima meja dalam pelayanan bagi peserta. Diawali dari pendaftaran yang berisi pemberian nomor kunjungan, data pribadi serta lembar informasi. Tahap kedua wawancara yang mana ada pengisian kartu monitoring faktor risiko PTM dan keswa,” ungkap Suminah.

Baca Juga : 140 Lansia Ikuti Layanan Kesehatan Gratis Posbindu

Tahap selanjutnya, Suminah membeberkan, adalah pengukuran fisik dan biokimia. Sedangkan tahapan keempat adalah pencatatan dan pelaporan, dan yang terakhir adalah pelayanan konseling.

Selain itu Suminah juga mengungkapkan, layanan kesehatan Posbindu Fatayat NU Adipala membawa misi untuk hidup sehat. Sumainah menyayatakan, untuk sehat kita harus selalu CERIA.

CERIA di sini mengandung arti : C berarti Cerdas intelektual,emosional dan spiritual; E; Empati dalam berkomunikasi efektif; R; Rajin beribadah sesuai agama dan keyakinan; I Interaksi yang bermanfaat bagi kehidupan; dan A, Asah, Asih, Asuh tumbuh kembang dalam keluarga dan masyarakat.

“Layanan Kesehatan melalui Posbindu PTM Fatayat NU Adipala akan selalu diadakan setiap bulan; dengan cara bergilir dari Ranting yang satu ke Ranting yang lain; sesuai jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya,” imbuh Suminah.

Kontrbutor: Fathin Amamah
Editor: Khayatur Rohman

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button