MWCNU

Ngaji Kader Aswaja Angkatan Ke-1 MWCNU Gandrungmangu

Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Majelis Wakil Cabang (MWCNU) Gandrungmangu melaksanakan giat Ngaji Kader Aswaja angkatan ke-1; yang bertepatan di bulan Ramadhan 1443 H di Pondok Pesantren Fathurrohman Gandrungmangu.

Ngaji Kader Aswaja ini dimulai dari tanggal 15 Sya’ban dan akan selesai pada tanggal 25 Ramadhan; yang diikuti oleh utusan Ranting Nahdlatul Ulama (NU) se Gandrungmangu sebanyak 13 Ranting.

Kiai Nur Hamim Sekretaris MWCNU Gandrungmangu mengatakan, Ngaji Kader Aswaja merupakan salah satu usulan program dari Lembaga Dakwah Nadlatul Ulama saat Musyawarah Kerja (Musker) Majelis Wakil Cabang Gandrungmangu yang ke-2.

“Ini strategi untuk menguatkan pemahaman kader NU tentang keagamaan dan kebangsaan, sebab belakangan ini ada banyak paham lain yang cukup keras menghantam ideologi Aswaja yang kita anut,” katanya

Kiai Nur Hamim  menambahkan, walaupun merupakan kegiatan LDNU dan pesertanya adalah delegasi Ranting NU; akan tetapi meraka yang menjadi peserta bukan Pengurus NU, melainkan mereka adalah kader GP Ansor dari setiap Ranting NU yang ada di Gandrungmangu.

““Karena sebagaian besar peserta adalah kader Ansor Gandrungmangu yang aktif di Rijalul Ansor; jadi pengembangan dan pengimplementasian dari peserta bisa dituangkan di program Ansor,” tuturnya.

Ketua Ranting NU Rungkang Gandrungmangu Cilacap Kiai Ahmad Syafi’i mengungkapkan, adanya kegiatan Ngaji Kader Aswaja ini harus disambut dengan baik.

“Sebagai Pengurus Ranting NU Rungkang, Kami berharap mereka yang ikuti ngaji kader aswaja ini biasa mengimpelemtasikan apa yang mereka peroleh selama 40 hari,” tegasnya.

Materi Aswaja

Dalam pantauan NU Cilacap Online, materi yang disampaikan dan dikaji dalam kegiatan ini ada empat yakni; Pertama kitab al ajwibah gholiyah, kitab mafahim, kitab intabih dinuka fil khatar, yang dalam hal ini KH Fathurrohman (Wakil Katib Syuriyah PCNU Cilacap) sebagai qori.

Kedua yaitu materi Ke Organisasi An disampaikan oleh Kiai Nur Hamim Sekretaris MWCNU Gandrung. Ketiga Tamrinan dan Sawir oleh Ketua (Lajnah Batsul Masail) LBM Kiai Faturohman. Keempat materi jurnalistik dalam hal ini disampaikan oleh anas mubarok kontributor Nu Online Cilacap.

Muhammad Rifai, salah satu peserta Ngaji Kader Aswaja MWCNU Gandrungmangu mengunkapkan rasa terima kasihnya atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kepada semua kepanitiaan dan khususnya LDNU MWCNU Gandrungmangu. Saya berharap acara seperti ini tidak hanya ada di Gandrungmangu saja. Tapi bisa terlaksana juga di MWCNU yang lain,” ungkapnya.

Kegiatan ngaji Kader Aswaja angkatan ke-1 MWCNU Gandrungmangu ini adalah cara untuk membentuk kader muda NU; agar mereka bisa berperan aktif di masyarakat maupun di dunia maya. Dengan bekal hasil ngaji aswaja, sebagai kader NU kelak bisa mendakwahkan Islam yang rahmatan lil Alamin ala Ahlussunah wal Jamaah an nahdliyah. Juga mampu memebrikan citra baik dalam melaksanakan roda organisasi.

Baca Juga : Ansor Cimanggu Peringati Nuzulul Qur’an Di Desa Cisalak

Kontributor: Anas Mubarok
Editor: Munawar AM

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

fourteen + 9 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button