Badan Otonom NU

Ansor Cimanggu Peringati Nuzulul Qur’an Di Desa Cisalak

Gerakan Pemuda Ansor Pimpinan Anak Cabang Cimanggu Cilacap peringati Nuzulul Qur’an bersama perangkat desa di Cisalak, mengambil tempat di Masjid Arrohman, Rabu, 28 April 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi kader Ansor dan Banser khususnya di Cisalak.

Disampaikan kepada kontibutor NU Cilacap Online, kegiatan berlangsung dengan khidmat dimulai dari berbuka puasa, Shalat Maghrib, Shalat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah bersama perangkat desa, para Kyai muda dan jamaah Masjid Arrohman

Hadir dalam kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an Di Desa Cisalak antara lain KH. Ali Mushobar Syuriyah MWCNU Cimanggu, Doddy Afandi Firdaus, M.Si Ketua PAC GP Ansor Cimanggu,  Wasko Kepala Desa Cisalak, Maryanto Pol PP Kecamatan Cimanggu, Wahyudin Polsek Cimanggu, K. Muslim – Syuriyah Ranting NU Cisalak, K. Ishomuddin Ketua Tanfidyah Ranting NU Cisalak, Pimpinan Ranting Ansor Desa Cisalak, Anggota Ansor Banser Cimanggu
dan Jamaah Masjid Arrohman Desa Cisalak

Baca Juga : PAC GP Ansor Cimanggu Tarhim Selama Ramadhan 1442

Acara dibuka oleh Kepala Desa Cisalak. Dalam sambutannya, Wasko menyampaikan bahwa baru pertama kali kita bisa melaksanakan kegiatan semacam ini bersama organisasi kepemudaan di masa pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Harapannya anggota Ansor Banser di Kecamatan Cimanggu terus bisa bersinergi dalam membangun Desa.

Ketua Ranting NU Cisalak Kyai Ishomuddin menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga atas kedatangan PAC GP Ansor Cimanggu yang sudah menghidupkan malam di bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif,  diantaranya peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid. Dimana masjid adalah tempat suci yang mustajabah

Doddy Afandi firdaus, M.S.I Ketua PAC GP Ansor Cimanggu menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk menguatkan keimanan dan ketaqwaan Anggota Ansor Cimanggu. Doddy mengingatkan pesan Gus Ketum Yaqut Kholil Qomas agar Kader harus Ngaji, Ngader dan Makaryo.

“Anggota Ansor Banser harus siap ditempatkan amanah dimana dan kapan pun untuk NKRI. Serta harus menjadi garda terdepan dalam segala bidang. Misalnya ketika ada suatu bencana alam di desanya harus segera sigap membantu dan menolong korban” ungkap Doddy.

Ansor Banser Cisalak Cimanggu
Sebagian Anggota Banser Cisalak Cimanggu Cilacap hadir dalam rangka Peringati Nuzulul Qur’an Di Masjid Arrohman Desa Cisalak Cimanggu

Doddy juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua fihak yang sudah sinergis dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an dan Tarawih di Masjid Ar Rahman Desa Cisalak khususnya PRNU Desa Cisalak dan Pemerintah Desa Cisalak.

“Kami mengajak seluruh kader Ansor Banser terus menerus bergerak bangkit membantu dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Doddy di akhir sambutannya

Sementara itu, KH. Ali Mushobar, Syuriyah MWCNU Cimanggu menyampaikan, sebagai warga Nahdliyyin kita senantiasa memohon barokah dan meminta istiqomah menjadi bagian dari golongan orang yang menang dihadapan Allah SWT.

“Bersamaan dengan malam Lailatul Qadar ( Q.S Al Qodr ) turunnya Al Qur’an secara keseluruhan 30 Juz dari Loh Mahfud ke dunia, kita berikhtiar enjaga tradisi dengan istiqomah membaca Al Qur’an senantiasa kita mendapatkan barokah, apalagi di malam lailatul qadar” ajak KH Ali Mushobar.

Baca Juga : Apa dan Bagaimana Pengertian dan Ketentuan Lailatul Qadar

Dikatakannya, tandanya Lailatul Qodar salah satunya adalah jika pagi hari sinar matahari atau cahayanya tidak bercampur atau bening, air yang mengalir berhenti sejenak.

Kyai Ali Mushobar juga menegaskan bahwa Ramadhan adalah bulan penuh kebaikan, maka bayak yang mengatakan bahwa Satu tahun berharap seluruh nya adalah bulan Ramadhan. Pada bulan ramadhan segala dosa diampuni, surga rindu atau tertarik kepada orang yang berpuasa, orang yang membaca Al Qur’an, orang yang memberi sedekah. Senantiasa keluarga kita mendapat keberkahan ke-‘aliman sampai ke anak cucu kita.

Di akhir sambutannya, Kyai Ali Mushobar menegaskan, kegiatan ini harus berlanjut dalam kemasan yang lain, sebagai tonggak sejarah agar senantiasa Khidmat titah dan harokah kepada Ulama/Kyai di Desa Cisalak bisa istiqomah dan mendorong Kader Ansor banser selalu berkhidmat pada organisasi, Nahdlatul Ulama dan NKRI.

Kontributor : Budi Ari Wibowo Bin Martono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × 4 =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button