Ranting NU

Ranting NU Karangrena Ngaji Bareng Memperingati Nuzulul Quran

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap menyelenggarakan “Ngaji Bareng KH Moch Taufick Hidayatulloh”; dalam rangka memperingati malam Nuzulul Quran, Senin (18/04/2022) di Masjid Nurul Huda Desa Karangrena.

Ketua Tanfidziyah NU Ranting Karangrena Sumartono mengatakan “Ngaji Bareng KH Moch Taufick Hidayatulloh” bersamaan dengan memperingati malam Nuzulul Quran merupakan bagian dari banyak kegiatan bulan Ramadan yang terus dilakukan oleh PRNU Karangrena.

“Ada tiga belas agenda besar yang Pengurus Ranting NU Karangrena di bulan Ramadhan ini. Salah satunya peringatan malam Nuzulul Quran,” kata Sumartono.

Peringatan malam Nuzulul Quran, diyakini sebagai waktu turunya (wahyu) Al-Qur’an pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW; ketika beliau menyepi di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan. Untuk itu, Sumartnono berharap peristiwa tersebut untuk terus diingat

“Nuzulul Qur’an harus menjadi menjadi acuan umat Islam untuk terus membaca dan mengakaji Al-Qur’an; juga mengimplementasikannya sebagai pedoman hidup di dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Pada kesempatan “Ngaji Bareng” tersebut, KH Moch Taufick Hidayatulloh memberikan tausiyah kepada pengurus, anggota dan warga jamaiyah Nahdatul Ulama Karangrena.

“Nuzulul Quran itu peristiwa Al-Qur’an pertama kali diturunkan, sedangkan Lailatul Qadar merupakan malam kemuliaan yang jatuh pada bulan Ramadhan. Maka siapa pun yang berjumpa Lailatul Qadar dan orang itu melakukan ibadah, ganjarannya sama dengan ibadah 1000 bulan atau 83 Tahun,” ungkap KH Moch Taufick Hidayatulloh.

Selain itu, dirinya juga mengumpamakan bahwa Lailatul Qadar sama halnya malam yang sempit. Sebab di malam Lailatul Qadar ribuan bahkan jutaan malaikat turun ke bumi.

Ngaji Bareng Ranting NU Karangrena memperingati Nuzulul Quran adalah program satu dari tiga belas agenda program di bulan Ramadan yang di inisiasi oleh PRNU Karangrena.

Adapun ketiga belas program Ramadan tersebut yaitu bersih-bersih masjid, workshop pengelolaan zakat,  ziarah kubur bersama, tadarus Al Qur’an, buka bersama ustad Ulin Nuha, pembagian takjil, pengumpulan dan pembagian zakat fitrah, khotmil quraan, takbir keliling, dan acara puncak menyelanggarakan sholat idul fitri 1443 H di Masjid Nurul Huda Desa Karangrena.

Baca Juga : Ansor Cimanggu Peringati Nuzulul Qur’an Di Desa Cisalak

Kontributor: Toto Priyono
Editor: Munawar AM

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

three × 4 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button