140 Lansia Ikuti Layanan Kesehatan Gratis Posbindu

proses pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan LKNU Cilacap

pcnucilacap.com – Sejumlah 140 orang lansia mengikuti layanan kesehatan gratis yang dilaksanakan di Rumah Sakit Islam Amanu Majenang pada Kamis (10/09/20).  Kegiatan ini merupakan program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) yang dilaksanakan oleh Lembaga Kesehatan NU (LKNU) Cilacap dan Lembaga Amil Zakat dan  Shodakoh (NU Care Lazisnu) Cilacap bekerja sama dengan Pengurus Anak Cabang (PAC)  Muslimat NU Majenang.

Ditemui di lokasi, Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi menuturkan bahwa dalam aksi posbindu ini LAZISNU membawa Mobil Sehat NU (MOBISNU).

“Hari ini, tim Mobil Sehat NU (Mobisnu) bersama tim LKNU Cilacap menggelar layanan kesehatan gratis, yang diikuti oleh 140 pasien di antaranya ibu-ibu dan Lansia,” tutur Fauzi.

Ia juga menjelaskan, para pasien mengikuti layanan kesehatan seperti cek gula darah, kolesterol, asam urat, dan konsultasi.“Pemeriksaan gula darah, kolestrol, asam urat, dan konsultasi kesehatan bersama dokter dan perawat,” paparnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Hj. Faiqoh Subkhi Ketua  PAC Muslimat NU Majenang, menuturkan antusiasme peserta yang didominasi oleh ibu-ibu lansia.

“Muslimat NU dalam kegiatan ini turut serta melakukan pelayanan, pendampingan dan arahan kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu dan lansia yang hendak memeriksa kesehatan” , tutur HJ Faiqoh.

Senada dengan HJ Faiqoh , Basith Wahib, S.Kep., Ns selaku pengurus LKNU Cilacap  juga mengapresiasi antusiame warga dalam kegiatan ini.

“Jumlah peserta yang memeriksakan diri pada program Posbindu di majenang ini terbilang cukup bagus, antusiasme masyarakat dalam kesehatan cukup baik.” Ungkapnya

Basith juga mengatakan, bahwa kegiatan Posbindu merupakan kegiatan Rutin Lazisnu dan LKNU Cilacap yang akan menyasar ke sejumlah kecamatan di wilayah Cilacap, tujuannya adalah melayani masyarakat dalam kesehatan.

Selain daripada itu, ia menambahkan, bahwa dengan hadirnya Lazisnu dan LKNU ini sebagai bukti bahwa NU hadir ditengah Masyarakat.

“Kegiatan Posbindu yang dilakukan secara rutin dari Lazisnu dan LKNU Cilacap di Wilayah Cilacap, bisa menciptakan pelayanan yang Promotif sekaligus Preventif”, tambahnya.

Pelayanan ini selain membantu masyarakat, juga membantu upaya pemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan.” Pungkasnya

Kontributor : Bahtiar

About Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two + 4 =