Daerah

Pengurus Perkumpulan Para Pemijat Indonesia (PAP3I) Cilacap

Perkumpulan Para Pemijat Penyehatan Indonesia (PAP3I) Cilacap secara resmi dibentuk kepengurusannya. Pembentukan PAP3I) dilaksanakan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP Priambodo ) yang beralamat di Jalan Masjid Karangkandri KecamatanKesugihan  Kabupaten Cilacap, Sabtu (12/02/) siang.

Pertemuan para praktisi terapis Pijat Penyehatan Cilacap ke dua ini adalah ajang pemantapan dan sosialisasi kepengurusan perkumpulan para pemijat tradisional yang ada di kabupaten Cilacap. Tujuannya dari kegiatan ini adalah memperkuat solidaritas dan salah satu upaya menjaga kelestarian pijat dan pengobatan tradisional. Puluhan tukang pijat dan pengobatan tradisional hadir di acara yang berlangsung  sederhana tersebut.

Sejarah Singkat PAP3I

Apa itu PAP3I? Perkumpulan Para Pemijat Penyehatan Indonesia dibentuk oleh para praktisi pijat penyehatan yang peduli terhadap perkembangan pijat penyehatan di Indonesia.

Pendirinya aktif melakukan kegiatan pelatihan untuk masyarakat sekitar, secara swadaya maupun sebagai narasumber di kegiatan Kementerian Kesehatan RI bidang kesehatan tradisional. Kemudian mereka dilibatkan dalam menyusun buku pedoman pelatihan selfcare akupresur untuk kader (masyarakat).

Artikel Terkait

Atas saran dari Kemenkes pula maka dibentuklah AP3I pada tahun 2003. Pembentukan AP3I oleh dr. Agnes Maureen mewakili Kementrian Kesehatan RI bidang Kesehatan Tradisional, dan para pendiri yaitu : Putu Oka Sukanta, Baron Suwarta, Budi Santoso, Rismanto, Siti Maryanah, Juliana Mangunsong, Ratna Fawgi dan praktisi pijat penyehatan lainnya yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Pada tahun 2017 AP3I berubah menjadi P-AP3I (Perkumpulan Para Pemijat Penyehatan Indonesia).

Tujuan PAP3I

Tujuan utama dibentuknya PAP3I adalah untuk menjadi wadah yang dapat menampung aspirasi dan inspirasi, untuk meningkatkan kemampuan serta profesionalisme para pemijat penyehatan di Indonesia.

Pada tahun 2012 P-AP3I bermitra dengan Dirjen PAUDNI, Kemendikbud RI menyusun Standar Kompetensi Pijat Refleksi. 2014 Membentuk LSK PRI atau Lembaga Sertifikasi Kompetensi Pijat Refleksi Indonesia sebagai lembaga penyelenggara uji kompetensi pijat refleksi. 2017 terbentuk LSK PITRA INDONESIA (Pijat Tradisional Indonesia) sebagai Penyelenggara Uji Kompetensi Pijat Tradisional Indonesia.

Visi dan Misi PAP3I

Manjadi wadah dalam menampung inspirasi dan aspirasi guna meningkatkan profesionalisme praktisi pijat penyehatan di Indonesia yang berpengetahuan, berketrampilan dan menjunjung tinggi norma dan etika

Misi PAP3I adalah :

  1. Melestarikan budaya pijat penyehatan indonesia yang berlandaskan kemanusiaan dan akhlak mulia
  2. Mewujudkan kesetaraan keilmuan pijat tradisional melalui standar kompetensi
  3. Melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  4. Menjadi mitra profesional bagi pihak terkait baik pemerintah maupun swasta

Pengurus PAP3I Cilacap

Ketua Pengurus PAP3I Cilacap Aris Musthofa mengatakan, pertemuan diadakan sebagai upaya mempererat tali silaturahim. Selain itu sebagai ajang komunikasi antar praktisi pemijat tradisional Cilacap.

Perkumpulan Pemijat Indonesia di Cilacap

“Pertemuan pertama satu bulan lalu di rumah Nur Aida Desa Sampang pembentukan kepengurusan; dan pertemuan kedua ini di LKP Primabodo Karangkandri Kesugihan; adalah tindak lanjut serta pemantapan kepengurusan organisasi supaya program kerja segera dijalankan,” ujar Aris kepada NU Cilacap Online.

Turut hadir di pertemuan tersebut ketua DPC PAP3I Banyumas Ciptono Wahyu Prasetyadi S.E. Ia menyampaikan materi program kerja organisasi dan mensupport Kepengurusan DPC Cilacap yang masih baru terbentuk.

“Kami Akan bantu dan mendampingi teman teman kepengurusan PAP3I Cilacap, mereka butuh banyak perhatian. Seperti lisensi atau sertifikat dan pelatihan. Agar skill mereka bertambah,” ujar pria yang juga Pemilik LKP Cakrawala Purwokerto.

Pak Cip Menambahkan, Profesi tukang pijat dan pengobatan tradisional keberadaannya sudah ada ribuan tahun lalu. Karenanya perlu dilestarikan agar tidak tenggelam oleh perkembangan zaman. Meski pada era tekhnologi seperti sekarang ini, mereka juga dibutuhkan masyarakat.

“Harapannya para praktisi terapis pijat dan pengobatan tradisional ikut andil dalam gerakan kesehatan masyarakat, kami siap bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan lainnya,” ucapnya.

Silaturrahmi Para praktisi Terapis Penyehatan Cilacap ini berawal dari keprihatinan kebanyakan terapis tradisional berbakat belum memiliki ijin praktek resmi dan wadah yang berskala nasional dan diakui oleh Dinas Kesehatan RI. Selanjutnya, dengan adanya PAP3I ini akan menjadi wadah bagi para terapis terapis tradisional akan memiliki sarana untuk bertukar informasi. Termasuk dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pendapatan.

Sruktur Pengurus  DPC PAP3I Cilacap 2022 – 2024 adalah sebagai berikut: Ketua: Aris Musthofa, Sekretaris 1: Agung Lindu Nagara S.S; Sekretaris 2: Khayaturrohman, Bendahara : Idahwati dan para anggota terdiri dari Praktisi Terapis Penyehat Pijat Tradisional Kabupaten Cilacap

Penulis : Khayaturrohman
Editor: Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

16 − 2 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button