Badan Otonom NU

Pimpinan Cabang IPPNU Cilacap Masa Bakti 2021-2023 Dilantik

Pengurus Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) Cilacap Masa Bakti 2021-2023 resmi dilantik pada Ahad (31/10) di Gedung Serbaguna MAN 3 Cilacap. Dengan mengangkat tema “Satu dalam Pijakan, Satu dalam Juang, Wujudkan Organisasi Berkembang”.

Pelantikan ini dikemas dengan rangkaian pentas seni di antaranya penampilan Hadroh dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU Adipala, Tari Tradisional dari PAC IPPNU Sampang, Kolaborasi Paduan Suara PAC IPPNU Kroya dengan PAC IPPNU Sampang dan kesenian Pencak Silat Pagar Nusa perguruan Maos dan Sapu Jagad. Pedang pora dari Pagar Nusa mengiringi prosesi pelantikan PC IPPNU Cilacap.

Pelantikan ini sebagai ajang estafet ketua terpilih dari Umaroh Dina Suryana kepada Neni Ismiati secara resmi. Ketua PC IPPNU Cilacap Masa Bakti 2021-2023 Neni Ismiati mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung pelantikan ini dan akan bersama pengurus baru membawa IPPNU Cilacap lebih aktif dan progresif.

“Semoga pengurus yang terlantik bisa membagi waktu serta mengembangkan diri dan juga organisasi. Sebab, organisasi itu bukan untuk orang yang memiliki banyak waktu tapi yang dapat menyempatkan waktu,” ucap Neni.

Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) IPPNU Jawa Tengah, Alifah Muhandis mengucapkan selamat kepada pengurus dan berpesan agar segera menyusun program kerja dan melaksanakan konsolidasi organisasi.

“Kami harap PC IPPNU Cilacap Masa Bakti 2021-2023 dapat menyusun program kerja yang bisa menjawab tantangan saat ini. Bagaimana tetap berkegiatan meski dalam keadaan pandemi dan dapat menyiasati kegiatan agar tetap menarik”, ujarnya.

Baca Juga

Tugas Utama IPPNU

Menurut Alifah, para remaja merupakan sasaran utama dari paparan ideologi radikal.

“Tugas utama IPPNU berada di segmentasi pelajar. Perlu adanya tanggungjawab mendampingi pelajar agar tidak terpapar ideologi radikal dan bagaimana mengawal pelajar agar tetap mencintai NKRI,” tambahnya.

“Dan tentunya harus ada kolaborasi baik secara internal maupun eksternal, dari banom maupun organisasi kepemudaan yang lain sehingga IPPNU dapat mengembangkan keterampilan yang dimiliki,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua PCNU Cilacap, H Paiman Sahlan dalam sambutannya. Paiman menerangkan bahwa IPPNU harus berpartisipasi aktif membina pemuda, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“IPPNU harus sudah menempa diri mulai hari ini. Tantangan pemuda hari ini sudah banyak, di satu sisi agama, di sisi lain liberalisasi kaum muda, pemahaman beragama anak muda”, ujarnya.

Di akhir sambutannya, Paiman berpesan kepada IPPNU agar bersiap menggantikan pengurus NU di masa mendatang. Menurutnya program dua tahun yang akan ditargetkan harus realistis dan memprioritaskan kaderisasi organisasi.

Paiman juga memberikan arahan bagi pengurus baru. Ada dua tips menurutnya, yang pertama luruskan niat. Gunakan masa khidmat sebagai bentuk salah satu ibadah ghoiru mahdoh. Kedua, hadirkan rasa. Pengurus dalam mentargetkan program harus mampu membuat orang lain nyaman. Sehingga tidak menggenapkan yang datang, dan mengganjilkan yang tidak datang.

Baca Juga : Struktur Organisasi PC IPPNU Cilacap Masa Bakti 2021-2023

Pelantikan PC IPPNU Cilacap Masa Bakti 2021-2023 ini turut mengundang seluruh Banom NU, diantaranya, PC Gerakan Pemuda Ansor, PC Fatayat NU, PC Muslimat. Turut hadir dari organisasi kepemudaan, PC Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) Cilacap, Forum Genre Cilacap, dan Dewan Kerja Cilacap (DKC) Kwarcab 1101 Cilacap.

Pada puncak acara, pembagian lomba-lomba Semarak Hari Santri PC IPNU IPPNU Cilacap, diantaranya; Lomba Da’i Milenial, Lomba Paduan Suara, dan Liga Pelajar Futsal.

Penulis : Zidni Choiron Nafi
Editor : Shevilla Dewi Pramudita

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button