Esai Opini Wawasan

Buku Moderasi Beragama, Download File .Pdf

Buku Moderasi Beragama ini bertujuan untuk menjelaskan apa (what), mengapa (why), dan bagaimana (how) terkait moderasi beragama, Apa itu moderasi beragama?, Mengapa ia penting?, dan bagaimana strategi mengimplementasikannya?

Ada tiga bagian utama untuk menjawab tiga pertanyaan di atas, yakni: Kajian Konseptual Moderasi Beragama; Pengalaman Empirik Moderasi Beragama; serta Strategi Penguatan dan Implementasi Moderasi Beragama.

Bagian pertama Moderasi Beragama ini berisi penjelasan konseptual terkait moderasi beragama, mulai dari definisinya, nilai dan prinsip dasarmya, sumber rujukannya dalam tradisi berbagai agama, dan indikatornya. Pada bagian ini, pembahasan tentang prinsip adil, berimbang, akomodatif, inklusif, dan toleran akan menjadi bagian penting sebagai indikator adanya moderasi.

Bagian kedua membahas latar belakang dan konteks sosio-kultural pentingnya moderasi beragama, serta contoh implementasinya dalam pengalaman empirik masyarakat Indonesia. Bagaimana menjadikan moderasi sebagai cara pandang (perspektif) dalam seluruh praktik kehidupan beragama.

Bagian ketiga Buku Moderasi Beagama memetakan langkah-langkah dalam melakukan penguatan dan implementasi moderasi beragama. Tujuan penguatan ini adalah agar moderasi beragama dapat secara terstruktur sebagai program nasional, sehingga melekat menjadi cara pandang baik bagi setiap individu maupun lembaga.

Penguatan moderasi beragama ini dengan tiga strategi utama, yakni: pertama, sosialisasi gagasan, pengetahuan, dan pemahaman tentang moderasi beragama kepada seluruh lapisan masyarakat; kedua pelembagaan moderasi beragama ke dalam program dan kebijakan yang mengikat; dan ketiga, integrasi rumusan moderasi beragama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Strategi struktural ini dilakukan untuk melengkapi dan memperkuat langkah-langkah lain yang selama ini sudah ditempuh, dan semakin perlu diperkuat. Yaitu, memfasilitasi ruang-ruang perjumpaan antarkelompok masyarakat, untuk memperkuat nilai-nilai insklusif dan toleransi, misalnya dalam bentuk dialog lintas-iman.

Sebanyak mungkin pihak yang mendambakan hidup rukun dan damai dalam keragaman, bisa memiliki Buku Moderasi Beragama ini, harus menjadi milik bersama, bukan hanya milik penganut agama tertentu saja.

Pengarusutamaan Moderasi Beragama

Moderasi harus dipahami sebagai komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan yang paripurna. Setiap warga masyarakat, apa pun suku, etnis, budaya, agama, dan pilihan politiknya harus mau saling mendengarkan satu sama lain. Juga saling belajar melatih kemampuan mengelola dan mengatasi perbedaan di antara mereka.

Jadi jelas bahwa moderasi beragama sangat erat terkait dengan menjaga kebersamaan dengan memiliki sikap tenggang rasa. sebuah warisan leluhur yang mengajarkan kita untuk saling memahami dan ikut merasakan satu sama lain yang berbeda dengan kita.

Dalam empat tahun terakhir ini, sosialisasi moderasi beragama gencar melalui berbagai cara. Kementerian Agama gencar menerjemahkan ruh moderasi beragama itu ke dalam setiap kebijakan unit, khususnya dalam program-program strategis.

Pengarusutamaan moderasi beragama memang perjuangan yang tidak mudah. Perlu ikhtiar menjadikannya sebagai cara pandang setiap umat beragama. Upaya upaya ini juga harus terintegrasi ke dalam sistem perencanaan pembangunan Indonesia jangka menengah dan jangka panjang. Agar supaya program-program yang dijalankan mendapat dukungan semua pihak.

Kita berharap agar moderasi beragama dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi kebudayaan dalam memajukan sumber daya manusia Indonesia.

Dalam konteks bernegara, penting untuk menerapkan moderasi beragama agar paham agama yang berkembang tidak bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan. Pemahaman dan pengamalan keagamaan secara esensial tidak boleh bertentangan dengan sendi­-sendi kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Buku Moderasi Beragama bisa didownload File .Pdf nya di SINI

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button