Dokumentasi
Trending

Jadwal Imsakiyah Cilacap Tahun 2022 M/1443 H

Jadwal Imsakiyah tahun 1443 H/2022 M untuk Kabupaten Cilacap oleh Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap; berlaku untuk Kota Cilacap dan wilayah kecamatan serta desa di seluruh Kabupaten Cilacap.

Lembaga Falakiyah NU Cilacap, pada setiap menjelang bulan Ramadhan, selalu menerbitkan Jadwal Imsakiyah. Hal itu sudah menjadi tugas dari Lembaga yang sangat spesifik di tubuh organisasi Nahdlatul Ulama (NU) ini. Mengapa spesifik?

Karena Lembaga Falakiyah mencoba mengembangkan dan melestarikan Ilmu Falak secara umum; sebuah ilmu yang sangat erat hubungannya dengan science (pengetahuan) dan teknologi; khususnya di disiplin keilmuan astronomi.

Jadwal Imsakiyah, termasuk Jadwal Imsakiyah Cilacap Tahun 1443 H/ 2022 M, juga merupakan produk yang spesifik dari Lembaga Falakiyah, di mana lebih populer di saat bulan Ramadhan. Apakah berarti Imsakiyah tidak berlaku di luar bulan Ramadhan?

Imsakiyah sebagai penanda waktu, tidak hanya berlaku selama bulan Ramadhan; melainkan juga berlaku bagi yang menjalankan puasa sunnah; di waktu waktu tertentu di 11 bulan lainnya dalam kalender hijriyah.

Bagi Lembaga Falakiyah NU, apa yang berhubungan dengan Imsakiyah saling bertautan satu dengan lainnya. Jadwal Imsakiyah memang menandai waktu jelang Subuh tiba; dan limit waktunya bisasanya sekitar 10 menit.

Baca Juga : Mencari Titik Temu Awal Ramadhan

Imsak, Kehati-hatian

Namun dalam jadwal Imsakiyah, tercatat pula waktu dalam hal ini jam dan menit untuk menandai tibanya waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Juga waktu Dhuha. Apa makna keterkaitan ini? Ini adalah satu kesatuan pengetahuan, pemahaman sekaligus praktik pelaksanaan ibadah dan amaliyah yang diupayakan selaras dengan ketentuan Syariat Islam.

Ibadah dan Amaliyah yang tertampung ketentuannya dalam Jadwal Imsakiyah adalah Puasa dan Shalat Fardhu. Puasa dilaksanakan dari terbitnya fajar hingga terbenamnya fajar. Namun, ada pula waktu khusus tertentu yang dianggap menjadi penentu dimulainya puasa, yaitu Imsak. Di Indonesia, ada istilah imsak yang kerap dijadikan acuan untuk berhenti makan dan minum sahur.

Imsak adalah bentuk kehati-hatian; sebagai bentuk kehati-hatian, ia menyebut lebih baik jika sudah selesai makan dan minum ketika memasuki waktu imsak. Karenanya, waktu imsak biasanya ditetapkan pada 10 menit sebelum masuknya shalat subuh.

Hal itu dilakukan agar dalam rentang waktu itu, segala sesuatu yang membatalkan puasa sudah dihentikan, termasuk makan dan minum. Lebih baik bila orang yang berpuasa tersebut sudah tidak lagi makan dan minum dan sudah melakukan imsak sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar atau masuknya waktu subuh. Namun, hal itu bukan berarti pelarangan makan dan minum di waktu imsak.

Situs Berita Dokumentasi NU Cilacap Online menyediakan jadwal imsakiyah, di sini >> Download Jadwal Imsakiyah Cilacap Tahun 1443 H/2022 M

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seventeen − 14 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button