Jadwal Imsakiyah Sudah Dengan Ikhtiar dan Ihtiyath Yang Tepat

NU CILACAP ONLINE – Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1444 H / 2023 yang diterbitkan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Cilacap sudah dengan ikhtiar dan ihtiyath yang tepat. Demikian disampaikan Katib Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap Kia Abdal Malik melalui jaringan seluler saat dihubungi NU Cilacap Online, Ahad (19/3/2023).

Ikhtiar yang dimaksud Kiai Abdal Malik adalah bahwa Lembaga Falakiyah NU Cilacap sudah menempuh cara-cara organisasi; melalui rapat internal tingkat Cabang, dan rapat bersama dengan Pengurus Lembaga Falakiyah PCNU Se Jawa Tengah.

“Di bawah kordinasi Lembaga Fakaliyah PWNU Jawa Tengah, rapat sudah membahas dan menetapkan waktu-waktu dalam jadwal imsakiyah, termasuk waktu Shalat untuk kebutuhan pedoman waktu selama bulan Ramadhan 1444 H / 2023 M. Ini yang kami maksud dengan Jadwal Imsakiyah dengan ikhtiar,” katanya.

Kemudian, menyinggung masalah waktu Imsak dalam Jadwal Imsakiyah Cilacap Tahun 2023 M/1444 H, Kiai Abdal Malik menegaskan, Waktu Imsak Lembaga Flakiyah NU Cilacap adalah Waktu Subuh dikurangi 12 menit. Atau, berlangsung selama 12 menit menuju waktu subuh tiba.

“Jika ada yang menetapkan waktu Imsak 10 menit menuju waktu subuh, ini juga tetap bisa dipedomani. Karena keduanya memang sudah cukup untuk acuan wilayah Kota Cilacap. Keduanya bisa dijadikan acuan penentuan waktu Imsak (tiba),” tegas Kiai Abdal Malik

Apa itu Ihtiyath?

Bagaimana dengan jadwal Imsakiyah yang disusun dan ditetapkan dengan Ihtiyath? Untuk diketahui, Lembaga Falakiyah NU menggunakan ihtiyath 2 menit untuk waktu shalat.

Apa itu Ihtiyath? Ihtiyath adalah waktu yang ditambahkan pada hasil penghitungan waktu shalat yang sebenarnya, untuk mengantisipasi jam yang kurang akurat serta untuk menjangkau wilayah yang lebih luas.

Sementara itu, titik yang berada dalam daerah berlakunya jadwal imsakiyah disebut Markaz. Jika Markaz diambil di pusat kota, maka untuk kota Cilacap, kemungkinan terjadi perbedaan antara wilayah di sebelah barat kota dan di sebelah timur kota Cilacap sangat terbuka.

“Lembaga Falakiyah NU Cilacap sudah mengantisipasi dalam penyusunan Jadwal Imsakiyah dengan ikhtiar sekaligus dengan Ihtiyath 1 – 2 menit untuk beberapa desa dan beberapa kecamatan. Ini ditempuh karena memang dengan jarak yang ada dari pusat Markaz, tidak mungkin terjadi kesamaan satu waktu di beberapa wilayah dengan kriteria tertentu,” tambah Kiai Abdal Malik.

Ihtiyath yang digunakan Lembaga Falakiyah NU Cilacap sesuai dengan Surat Edaran Lembaga Falakiyah PBNU nomor : 014/LF-PBNU/II/2023. Dikatakan dalam surat edaran resmi tersebut, bahwa Ihtiyath sebesar 2 menit. Kecuali bila geografi kabupaten / kota telah diketahui dengan baik sehingga ihtiyath–nya bisa lebih kecil atau lebih besar dari 2 menit.

Dalam surat edaran tersebut juga ditegaskan; jadwal Imsakiyah Ramadhan Nahdlatul Ulama merupakan wajah jamiyyah Nahdlatul Ulama. Sehingga diharapkan mencerminkan identitas Nahdlatul Ulama dan memiliki keseragaman dalam segenap tingkatan, baik di cabang, wilayah maupun pusat. Selain itu juga diharapkan bersifat edukatif dan mudah digunakan. (MaM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button