Santri Wajib Mempertahankan NKRI

pcnucilacap.com. Upacara   Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020 dilaksanakan di pendopo Kabupaten Cilacap pada Kamis 22/10/2020. Upacara diikuti diikuti oleh jumlah  peserta yang terbatas dan disiarkan melalui live streaming di kanal youtube Formaraci Kankemenag Cilacap.

Hadir dalam acara ini ketua PCNU Cilacap, Rois Syuriah PCNU Cilacap, Bupati Cilacap, Kankemenag, beberapa pejabat daerah dan tokoh agama serta  perwakilan dari beberapa MWCNU , Pemuda Ansor dan Muhamadiah, fatayat, Muslimat dan  Wanita Aisiyah.

Berlaku sebagai inspektur upacara adalah Bupati Cilacap H Tato Suwarto Pamuji, dan sebagai pemimpin acara adalah Kasi PD Pontren Banu Tolib MPd. Sedangkan pembaca teks Resolusi Jihad adalah ketua PCNU Cilacap KH Nasrulloh Muhson.

Bupati Cilacap H Tato Suwarto Pamuji saat menyampaikan pidato pada upacara Hari Santri

Upacara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Dari awal masuk diharuskan mencuci tangan dan memakai masker yang sudah disediakan kemudian diukur suhu tubuh. Seluruh peserta tetap memakai masker selama kegiatan berlangsung. Mereka bahkan tidak melakukan sesi salaman. Sebagai gantinya mereka saling  menangkupkan tangan ke dada, dan ada juga yang saling mengepalkan tangan . Kendati demikian, hal itu tidak mengurangi rasa khidmat jalannya acara.

Santri Wajib Mempertahankan NKRI

Ditemui di sela-sela acara, bupati Cilacap H Tato Suwarto Pamuji menyampaikan apresiasimya terhadap para santri. Menurutnya santri wajib mempertahankan negara .

“Hari santri  dimana ada resolusi Jihad, resolusi jihad ini adalah ini untuk mempertahankan NKRI untuk melanjutkan cita-cita  kemerdekaan. Artinya , santri harus pertahankan NKRI,kedepan”, kata Tato.

“Mempertahankan  NKRI itu tidak hanya dari segi keamanan, tapi sesuai dengan slogan “Bangga Mbangun Desa”,  yaitu    pertama santri adalah (memperhatikan ) pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan sosial dan budaya. Artinya santri harus belajar.

Penyerahan penghargaan kepada Nauval Zainul Adzkia Juara 1 MTQ tingkat propinsi Jawatengah

Tato juga menyampaikan bahwa, saat ini santri bukan perang melawan musuh tapi melawan covid-19. Ini berawal dari masalah kesehatan, akan tetapi berimbas pada ekonomi, keagamaan, pendidikan dan lainnya. Maka santri harus menang melawan covid-19.

Disampaikan oleh Kankemenag Cilacap KH Imam Tobroni di sela-sela acara bahwa hal ini merupakan kebanggan tersendiri bagi para santri.

“Upacara HSN taun ini sangat istimewa. Karena dilaksanakan di  saat kita dalam kondisi pandemic covid-19. Alhamdulillah bisa terlaksana dengan lancar dan bahkan dilaksanakan di pendopo kabupaten. Dan  baru tahun ini  upacara Hari Santri  difasilitasi oleh pemerintah. Ini dalah kebanggaan untuk kita semua atas pengakuan pemerintah kepada santri Cilacap  “, kata  KH Imam Tobroni.

KH Imam Tobroni juga menyampaikan harapannya  kepada santri agar terus belajar dan tidak ketinggalan teknologi digitalisasi.

“Santri indonesia sesuai kompetensinya  menuntut ilmu seluas-luasnya baik baik ilmu agama,umum, teknonogi Maupun ilmu agama.  Maka  ayo santri Indonesia jangan lepas dari digitalisasi  dan teknologi informasi. Sehingga kita bisa ikut membangun inovasi. Ikut membangun semangat kewirausahaan para santri kita, sehingga kedepan santri-santrilah  yang pemimpin di Negara ini , santri-santrilah yang akan memimpin dunia ”, pungkasnya.

Saat upacara berakhir, bupati memberikan penghargaan kepada santri berprestasi asal kecamatan Majenang Nauval Zainul Adzkia. Nauval adalah juara 1 MTQ tingkat Propinsi Jawatengah tahun 2020. Nauval juga nantinya akan mewakili Jawatengah dalam MTQ nasional pada bulan November mendatang. Usai upacara doa bersama pun digelar di dalam pendopo kabupaten.

 

About Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 + 3 =