Badan Otonom NU

Makesta, Ajang Kaderisasi IPNU IPPNU Karangjengkol

Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) sebagai ajang kaderisasi Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Karangjengkol Kesugihan Cilacap digelar, Ahad (26/09).

Pelaksanaan Makesta pada hari Sabtu-Ahad tanggal 25-26 September 2021. Sebanyak 29 orang peserta mengikuti Makesta dengan rincian laki-laki 18 dan 11 perempuan. Peserta berasal dari ranting Karangjengkol sendiri dan dari luar Ranting.

Pada acara pembukaan, hadir Rais Syuriyah Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Karangjengkol Kiai Sulam Munajat. Pada kesempatan tersebut, beliau berpesan agar Kader IPNU IPPNU harus berani tampil beda.

“Bahwasanya pelajar (pemuda) yang sudah bergabung di IPNU IPPNU harus berani untuk berbeda dalam bersikap. Lebih tepatnya dalam berpenampilan, perilaku, dan memiliki akhlak yang baik,” kata Kiai Sulam Munajat.

Dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Kesugihan yang di wakilkan oleh Ahmad Abdullah Zarkasyi menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta Makesta.

“Selamat berkhidmat berproses, berorganisasi dan mari bersama-sama mengabdi di Nahdlatul Ulama khususnya di Desa Karangjengkol,” ujar Zarkasyi.

Makesta Sebagai Ajang Kaderisasi
Peserta Makesta IPNU IPPNU Karangjengkol Kesugihan Cilacap siap memasuki ajang kaderisasi berkelanjutan untuk melanjutkan kepemimpinan organisasi

Makesta Sebagai Ajang Kaderisasi

Ketua pantia Akhsan Nurul Baha mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara Makesta adalah sebagai ajang kaderisasi IPNU IPPNU Karangjengkol, juga agar peserta Makesta dapat melanjutkan estafet kepemimpinan.

“Out put dari acara Makesta yaitu agar dapat mencetak kader yang mampu mewujudkan cita-cita ulama sesuai tema, yakni Laksmitaning Subrata Tan Nyipta Marang Pringabayaning Lampah. Artinya, adalah dalam menempuh suatu perjalanan yang luhur hendaknya manusia tidak boleh terpengaruh oleh segala macam rintangan,” ujar Ahsan.

Rekan Akhsan juga berharap acara ini bisa rutin berjalan setiap tahunnya. Manual acara di mulai dari hari Sabtu pukul 13.00 siang yang di lakukan di Gedung Madin Al ikhlas Karangjengkol. Pada Ahad pukul 03.00, seluruh peserta mengukiti pembaiatan.

Dina Fitriani, salah satu peserta Makesta mengaku terkesan dengan kegiatan Makesta ini.

“Di sini saya mendapatkan wawasan tentang IPNU IPPNU. Rasanya lelah karena kegiatan padat tapi senang karena bertambah teman dan pengalaman. Ikut Makesta ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa,” tutur Dina.

Zidan Nur Rahman menyampaikan hal senada.

“Saya ikut Makesta karena kemauan sendiri. Tujuan saya ikut Makesta yaitu untuk menjadi anggota resmi IPNU. Kesannya ada dapat materi baru yang belum di ketahui dan mempunyai relasi yang luas dalam Lingkup NU,” tutur Zidan.

Kontributor: Fakih
Editor: Naeli Rokhmah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × one =

Back to top button