Badan Otonom NU

Makesta PK IPNU IPPNU MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi Ajang Kaderisasi

Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi menyelenggarakan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA).

MAKESTA yang bertempat di MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi diselenggarakan pada Jumat-Minggu (12 – 14/10/2021). MAKESTA ini sebagai ajang pencarian kader baru untuk generasi IPNU IPPNU.

Dalam pantauan NU Cilacap Online, MAKESTA PK IPNU IPPNU MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi kembali diadakan setelah vakum 2 tahun akibat pandemi. Hal ini sebagai bentuk keseriusan IPNU IPPNU Jeruklegi mencari kader untuk menjadi penerus di generasi selanjutnya.

Hadir dalam pembukaan Makesta Sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jeruklegi Mohammad Anhar.

“Kalian di sini adalah calon-calon kader NU. MAKESTA ini sebagai wadah untuk menghasilkan kader-kader NU,” kata Anhar di hadapan peserta MAKESTA.

MAKESTA PK IPNU IPPNU MTs Jeruklegi tahun ini mengambil tema “Pelajar Berprestasi, Berakhlakul Karimah, dan Berintegritas.”

Sesuai tema yang diusung, MAKESTA diharapkan menciptakan pelajar yang memiliki prestasi tinggi baik dalam ilmu pengetahuan maupun agama sehingga memiliki akhlak yang karimah. Tak lupa hasil yang diinginkan dari MAKESTA ini yaitu orang-orang yang bertanggung jawab terhadap organisasi.

“Selama ada niat dan kemauan dalam berorganisasi, maka akan ada jalannya. Jika diniatkan ikhlas, maka tidak terasa lelah berjuang di organisasi,” pesan ketua panitia MAKESTA Achmad Nur Fauzi.

Makesta IPNU IPPNU MTs Maarif Jeruklegi

Cita-cita tertinggi penyelenggaraan MAKESTA di MTs tahun ini, yakni terciptanya pelajar yang aktif di masyarakat. Pelajar yang dekat dengan masyarakat dan memberi manfaat bagi diri dan lingkungannya. Hal ini seirama dengan yang disampaikan Kepala MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi saat penutupan kegiatan.

“Saya berharap rekan-rekanita setelah MAKESTA ini bisa aktif di masjid dan mushola di lingkungan masing-masing. Tidak lupa tetap konsisten mengaji. Jangan sampai ada kata pensiun untuk mengaji,” imbau Kepala MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi Imro’atun Mahmudah.

Baca Juga:

MAKESTA MTs tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini MAKESTA diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut. Tidak diperbolehkannya acara menginap menjadikan kegiatan harus dilaksanakan berhari-hari.

Hari pertama dan kedua dipergunakan untuk pemaparan materi sebanyak 5 materi. Materi-materi tersebut antara lain : Keorganisasian, Kepemimpinan, Ahlussunnah wal Jamaah & ke-NU-an, perihal seluk beluk sejarah IPNU IPPNU, dan Keindonesiaan.  Sementara pada hari ketiga dimaksimalkan untuk sedikit review materi, prosesi pembaiatan, dan outbound.

Meskipun beberapa manual acara terlaksana lebih lambat, seluruh acara dapat berjalan dengan khidmat. Khususnya pada prosesi pembaiatan yang diiringi gerimis tidak menurunkan semangat peserta maupun panitia untuk melanjutkan acara.

Kontributor : Charisma Fatimah Azzahro

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button