Feature & Figur

GP Ansor Cilacap Serius Wujudkan Kemandirian Organisasi

Pimpinan Cabang GP Ansor Cilacap serius untuk wujudkan kemandirian organisasi melalui lembaga perekonomian. Disampaikan oleh Ahmad Rusydan kepada NU Cilacap Online bahwa program kerja konkrit tersebut dituangkan dalam Rapat Kerja Cabang pada tanggal 14 Maret 2021 di Gandrungmangu.

Ahmad Rusydan yang juga seorang pengusaha muda didaulat menjadi wakil ketua bidang Perekonomian. Menurut Rusydan, rencana kegiatan Ketua Bidang Perekonomian pada tahun 2021 bersifat melanjutkan dan memperkuat serta mengevaluasi program kerja tahun 2020.

“Pada Tahun 2020, Program Kerja Lembaga perekonomian adalah sebagai distributor tunggal air kemasan mineral bermerk Aura dari PT Aura Nusantara perusahaan yang berdomisili di Yogyakarta” , terang Rusydan.

Baca Juga : Omset BMTNU Cilacap Capai 18 Milyar

Lembaga perekonomian PC GP Ansor mempunyai aset bangunan berupa  (aktiva pasif) sebesar 10 Juta rupiah berupa gudang dan omset sebesar  sudah mencapai 2 Juta rupiah perbulan. Sistematika usaha menggunakan sistem MoU melalui lembaga perekonomian di masing – masing PAC Se-Kabupaten Cilacap, Pada tahun 2020 ada 8 PAC yang sudah mengadakan MoU.

“Pengembangan sektor usaha ini  adalah sebagai wujud sinergitas organisasi dari tingkat hulu ke hili”, ungkap Sahabat Rusydan.

Usaha Sektor Jasa

Point GP Ansor Cilacap wujudkan kemandirian diperkuat pada Rakercab Tahun 2021 di mana Lembaga perekonomian GP Ansor Cilacap merumuskan dua sektor usaha baru yang berupa sektor usaha jasa, distributor dan accesoris. Dalam Sektor Jasa PC GP Ansor melalui lembaga perekonomiannya telah mengadakan kerjasama dengan beberapa Bank Swasta nasional dalam talangan dana Haji.

Dalam hal ini ditunjuk sebagai pelaksana dan penanggungjawab tersebut adalah Sahabat Saifur Rahman yang juga seorang  kontraktor. Sedangkan untuk Bidang Distrubutor air mineral Aura dipercayakan kepada Sahabat Narto yang merupakan  kader dan bekerja sebagai Tenaga Ahli Pendamping Desa kemendes RI.

“Selain itu untuk penyediaan accesoris atau seragam Ansor dan Banser di percayakan kepada sahabat Kusdiantoro yang merupakan pengurus dan bekerja sebagai pengawai KUD di Desa Tritih Kulon Kecamatan Jeruklegi”, lanjut Rusydan.

Sementara itu, Narto sebagai penanggungjawab distributor air mineral Aura menyampaikan dalam rancangan bidang usaha tersebut setidaknya ada dua harapan yaitu kemandirian organisasi dan meningkatkan perekonomian anggota.

Omzet organisasi yang diharap dari berbagai sektor usaha yang djalankan dicanangkan mampu menembus 10 Juta perbulan, sehingga akan mempermudah dalam mewujudkan organisasi yang mandiri dan independent.

“Maka dalam hal ini, Ansor Cilacap melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan. Harapan  kedepan akan cepat terwadahi produk–produk lokal dari berbagai jenisnya dan mampu tertampung serta dapat didistribusikan dalam pangsa pasar yang lebih luas melalui lembaga perekonomian PC GP Ansor Cilacap”, pungkas Narto mengkahiri perbincangan dengan NU Cilacap Online.

Kontributor: Mafoel Pratama

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

sixteen + 2 =

Back to top button