Esai Opini Wawasan

Tips Sehat Saat Puasa di Masa Pandemi Ala dr. Dewi Suniawati

Oleh Dokter Dewi Suniawati

Bulan Ramadhan telah tiba. Bulan dimana kita umat Islam diwajibkan melakukan puasa selama sebulan penuh. Menghadapi bulan puasa ini, NU Cilacap Oficial Media mendatangkan secara khusus seorang pakar kesehatan dari Lembaga Kesehatan Nahdlatu Ulama (LKNU) Cilacap Dokter Dewi Suniawati yang juga penangung jawab Balai Pengobatan NU Azzahra Cilacap dalam acara webinar yang bertajuk “Persiapan Bulan Ramadhan Versi Agama dan Medis”. Acara ini dilakukan dengan zoom meeting dan juga disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube NU Cilacap Online pada Sabtu malam (10/04/21) pukul 19.45 WIB.

Dalam paparannya, Dokter Dewi Suniawati mengatakan bahwa puasa itu  baik untuk jasmani dan rohani kita. Menurutnya puasa dapat memberikan energi positif bagi pikiran dan tubuh kita. Karena di saat puasa,  selain menahan lapar dan dahaga, kita juga harus menahan hawa nafsu. Kita juga harus bisa menahan amarah, berbohong, dan berkata kasar yang dapat mengurangi pahala puasa kita.

Tips Menghadapi Bulan Puasa

Apa saja yang harus kita persiapkan untuk menghadapi bulan puasa ? Berikut ini Dokter Dewi Suniawati telah membagikan tipsnya untuk kita.

  1. Jaga Pola Makan. Makan makanan yang bergizi dengan tinggi serat. Perbanyak sayuran dan buah-buahan, untuk melindungi tubuh agar terpenuhi kebutuhan nutrisi sehingga tubuh tidak mudah lelah ataupun sakit Sabda Nabi Saw, “makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang”. Jika kita makan dengan porsi yang berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Puasa mengajarkan kita untuk sederhana bukan malah menghambur hamburkan makanan atau sebagai pemuas nafsu lapar dan haus dengan berbagai makanan dan minuman.
  1. Perbanyak Minum Air Putih. Minum air putih minimal 8 gelas perhari agar terhindari dari dehidrasi. Karena tubuh kita 60% terdiri dari air. Hindari minuman bersoda dan minuman dengan pengawet lainnya.
  1. Hindari Aktivitas Tidak Berguna. Seperti begadang tiap malam yang hanya untuk ngobrol ngalur-ngidul.  Perjalanan ke daerah yang jauh bukan untuk tuntutan kerja tapi hanya berlibur atau jalan-jalan saja. Kita juga harus menjaga resiko keselamatan dan kesehatan terutama di masa Pandemi.
  1. Menyelesaikan Pekerjaan. Atur konsentrasi bekerja dan beribadah. Agar  tetap konsentrasi beribadah dan tidak diganggu kerja, maka pekerjaan yang menumpuk bisa anda selesaikan dalam hari-hari ini. Supaya nantinya tidak sampai pusing/stress, leher kaku,dlL saat Ramadhan tiba.
  1. Mulai Latihan Ibadah Malam. Sementara pada hari-hari biasa anda jarang, bahkan tidak pernah melakukannya. Karena kalau anda tiba-tiba memaksakan tubuh dan jadwal dengan mengubah drastis, maka tubuh anda akan  “ kaget “ maka siapkan dan berlatihlah mulai hari-hari ini. Mulai dari yang ringan dulu kemudian pada malam-malam berikutnya lanjutkan dan tingkatkan. Maka, pada Ramadhan nanti anda sudah memiliki kebiasaan, dan tubuh anda sudah melakukan penyesuaian
  1. Membersihkan Rumah. Agar tetap dalam kondisi yang bersih, Lingkungan yang bersih membantu badan kita juga sehat.
  1. Membersihkan peralatan beribadah. Cuci bersih sajadah,sarung,mukena,jemur peci supaya terhindar dari sarang kuman. Bawa Peralatan ibadah seperti sajadah dan mukena sendiri jika kita. Melaksanakan ibadah di Masjid.

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan berpuasa akan membuat pikiran, hati dan tubuh kita saling bersinergi positif. Dengan demikian, Sinergi positif di bulan puasa ini  adalah membentuk jiwa dan raga yang sehat. Berikut adalah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh manusia.

  1. Membantu memperbaiki kondisi medis. Diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim
  2. Menyehatkan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa. Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes.
  3. Mengurangi risiko kanker. Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Meski masih perlu diteliti lebih lanjut membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker.
  4. Menjaga berat badan. Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah. Namun, bisa kembali naik begitu Anda berbuka puasa. karena ketika berpuasa kita kehilangan cairan, bukan berat badan

Demikian persiapan menyambut bulan Ramadhan juga tips agar tetap sehat saat puasa di masa pandemi. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. Dengan berpuasa akan membuat pikiran, hati dan tubuh kita saling bersinergi positif. Dan dengan demikian, sinergi positif di bulan puasa ini  adalah membentuk jiwa dan raga yang sehat.

Semoga kita sampai pada Ramadhan dengan kondisi yang sehat dan prima. Semoga Puasa kita diterima oleh Alloh SWT. Tetap Jaga Protokol Kesehatan. Semoga Pandemi Covid-19 Cepat berlalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

five − 5 =

Back to top button