Pondok Pesantren

Pesantren Assa’idiyyah Cibeunying Santuni Anak Yatim dan Jompo

Pondok Pesantren Assa’idiyyah Babakan Desa Cibeunying Kecamatan Majenang santuni anak yatim dan jompo bersamaan dengan peringatan bulan Rajab, Ahad (28/2), bertempat di komplek pondok pesantren. Hadir dalam acara menyambut Bulan Rajab tersebut, Kepala Desa Cibeunying, para perwakilan orang tua Yatim, peserta penerima santuan dan para santri.

KH Agus Salim, Pengasuh Pondok Pesantren Assa’idiyyah Cibeunying kepada NU Cilacap Online mengatakan, santunan diberikan kepada tidak kurang dari 45 Yatim, 11 Jompo dan 34 dhuafa lainnya. Bagi KH Agus Salim, mengatakan mengasihi anak yatim dan orang tua apalagi jompo, adalah pintu dikabulkannya segala hajat dan doa. Insya Allah.

Beliau mengutip sebuah riwayat, katanya: Diriwayatkan bahwasannya telah dikatakan sebuah pertanyaan kepada Raja Iskandar Dzilqornain : Apa sebabnya kamu itu lebih memuliakan gurumu dibanding orang tuamu, dia menjawab : Karena sesungguhnya orang tuaku yang telah menurunkanku dari langit ke bumi, sedangkan gurukulah yang telah mengangkatku dari bumi menuju langit “.

“Dengan riwayat ini, kita diajari bagaimana sebaiknya memuliakan orang tua. Sebagai anak, kita harus senantiasa memuliakan orang tua. Kemudian terhadap anak-anak yatim dan jompo, kita juga harus tetap memuliakannya,” ungkapnya.

Lili Warli, Kepala Desa Cibeunying, menyampaikan apresiasi pada pondok pesantren yang perhatian pada kaum dhuafa, jompo dan yatim. Pesantren sebagai lembaga pendidikan juga sebagai lembaga penguatan bermasyarakat.

Artikel Terkait

“Dengan kegiatan santunan ini, Pondok Pesantren Assa’idiyah ini membuktikan wujud kepeduliannya. Kami menyambut baik dan mendukung kegiatan yang menggabungkan unsur keagamaan dan sosial kemasyarakatan sekaligus. Kami juga berharap, kegiatan ini bisa dilanjutkan di masa yang akan datang” aku kades Lili Warli.

Acara santunan Anak Yatim dan Jompo Pondok Pesantren Assa’idiyah Cibeunying diawali dengan pembukaan, pembacaan Ayat Al Qur’an, menyayikan lagu Indonesia Raya dan Subhanol Wathon. Kemudian dilanjut dengan prakata oleh Pengasuh Pesantren sekaligus Mai’iudlotul Hasanah.

KH Agus Salim, pengasuh Pondok Pesantren Assa’idiyyah Babakan Cibeunying Majenang merupakan salah satu sosok Ulama di wilayah Majenang yang gigih memperjuangkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah. KH Agus Salim pernah menjabat sebagai Rais Syuriyah MWCNU Majenang Masa Khidmat 2013-2018

Kontributor: Imam Hamidi Antassalam

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

16 + fourteen =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button