Makesta IV PKPT IPNU IPPNU Al-Ghazali Tanamkan Fikrah Pelajar

NU CILACAP ONLINE – Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Al-Ghazali Cilacap menggelar Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) IV Jumat-Ahad (26 – 28/11/2021) di  MI Ya Bakii 2 Kalisabuk, Kesugihan.

Turut hadir dalam pembukaan Makesta IV antara lain Wakil Ketua 1 PC IPPNU Cilacap Bidang Pengembangan Organisasi dan Komisariat Farahdiba Nadya.  Ia menyampaikan perihal amanah organisasi.

Farahdiba mengatakan, bahwasanya usai mengikuti MAKESTA, para peserta mampu mengemban amanah dan tanggung jawab organisasi agar roda organisasi tidak mati.

“Kalian yang mengikuti MAKESTA Pimpinan Komisariat ini Kami beri amanah untuk belajar sekaligus praktik tentang sikap bertanggung jawab. Selain itu, juga semangat dalam mengemban amanah organisasi. Oleh sebab itu, ikutilah MAKESTA ini dengan rasa ikhlas,” kata Farahdiba.

Kepada panitia MAKESTA IV dan pengurus PKPT IPNU IPPNU Al-Ghazali Cilacap, Farahdiba juga berpesan: agar setelah pelaksanaan Makesta, tidak melalaikan peserta.

Baca Juga

“Para peserta yang telah mengikuti makesta dan karenanya sudah sah menjadi anggota IPNU dan IPPNU, jangan sampai lepas; harus ada pengawalan, dirawat, dan ditempa dengan baik dan benar di IPNU IPPNU,” katanya.

Fikrah Pelajar NU

MAKESTA IV PKPT IPNU IPPNU Al-Ghazali Cilacap ini merupakan gerbang kaderisasi utama di organisasi. Penyelenggaraan MAKESTA hendak menekankan, bahwasanya pelajar dalam lingkup IPNU IPPNU pun masih cocok bagi mahasiswa.

Muhammad Musyafa, demisioner PKPT IPNU Al-Ghazali Cilacap tahun 2018 menegaskan hal tersebut dalam sesi diskusi materi IPNU dan IPPNU.

“Pelajar menurut istilah yaitu orang-orang yang terikat dalam institusi pendidikan. Sedangkan secara umum, pelajar adalah orang yang terus belajar. Fikrah Pelajar NU harus digali dan muncul dari institusi pendidikan dan nuansa keterpelajaran,” kata tokoh yang akrab disapa Mas Mumu itu.

PKPT IPNU IPPNU Al-Ghazali Cilacap merupakan wadah bagi pelajar NU (orang yang belajar); yang ada di kampus Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap (UNUGHA).

Keberadaan PKPT IPNU IPPNU di UNUGHA. Menjadi nama besar bagi kampus NU yang memiliki fasilitas berupa organisasi tersebut yang mana badan otonom NU.

Baca juga Paham Keagamaan Organisasi Nahdlatul Ulama (NU)

“Kampus kita ini adalah kampus NU, akan terasa tidak seimbang kalau tidak ada IPNU IPPNU. Ber-IPNU IPPNU adalah sebuah bukti bahwa rekan dan rekanita telah berkhidmat pada NU;” tutur ketua PKPT IPNU Al-Ghazali Cilacap Ahmad Sulaiman.

MAKESTA IV PKPT IPNU IPPNU Al-Ghazali Cilacap digelar 3 hari 2 malam dengan mengangkat tema; “Ngasah Ati, Lathi, lan Pekerti.MAKESTA diikuti 15 peserta putra dan 35 peserta putri. Beberapa agenda menarik terlaksana dalam kegiatan tersebut, seperti penyampaian 8 materi, pentas seni, sarasehan demisioner dan pendiri PKPT UNUGHA, dan outbound.

Kontributor : Charisma Fatimah Azzahro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button