Daerah

Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap Ke-166

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke-166 disemarakkan dengan berbagai rangkaian kegiatan pokok yang diawali semaan dan khotmil Al-Qur’an di Masjid Agung Darussalam, Ziarah Taman Makam Pahlawan, Tasyakuran dan Do’a bersama, serta upacara peringatan Hari Jadi yang akan digelar Senin (21/3/2022).

Acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap Ke-166 yaitu semaan dan khotmil Qur’an di Masjid Agung Darussalam; Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman membuka acara tersebut; kemudian ziarah menuju Taman Makam Pahlawan Surengrono, Kecamatan Jeruklegi; juga Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karangsuci di Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah,.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman mengatakan, sema’an dan khataman Al-Qur’an adalah salah satu upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk itu, kegiatan ini menjadi salah satu acara pokok dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap setiap tahun.

“Al-Qur’an adalah sumber Barokah (Kebaikan) dalam kehidupan kita. Karenanya, sudah menjadi kewajiban kita bersama sebagai umat Islam untuk terus mengkaji dan mendalaminya”, kata Syamsul.

“Ziarah sebagai refleksi nilai keikhlasan, tetapi juga bentuk penghormatan untuk mengenang jasa para pahlawan; yang merupakan hal penting untuk pembelajaran dari leluhur sekaligus melanjutkan cita-cita mereka mewujudkan Cilacap yang sejahtera”, tambahnya.

Setelah sebelumnya telah dilaksanakan sema’an al qur’an dan ziarah makam pahlawan selanjutnya adalah acara Tasyakuran dan Do’a bersama yang diikuti perwakilan OPD dilingkungan Pemkab Cilacap, Minggu (20/3) malam di Pendopo Wijayakusuma Cakti  dan di masing-masing Kecamatan.

Baca Juga : Wisata Religi dan Ziarah Fatayat NU Cilacap Perkuat Amaliyah

Tasyakuran dan Doa Bersama

Hadir dalam acara tasyakuran; Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Forkopimda, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf. Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih, pimpinan BUMN/BUMN, pimpinan perbankan, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lain.

KH Mukhlisudin Affandi membuka Doa bersama. Juga pemotongan tumpeng Mradipta oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya mengatakan, kegiatan malam hari ini merupakan wujud rasa syukur kita kehadirat Allah SWT. Syukur atas berbagai nikmat dan limpahan rizki yang kita terima, sehingga Kabupaten Cilacap sampai dengan saat ini masih tetap dalam kondisi yang sejuk, aman dan damai.

Bupati berharap, melalui kegiatan ini menjadi bentuk rasa syukur seraya memohon bimbingan, petunjuk serta perlindungan Allah SWT; semoga Kabupaten Cilacap yang berusia ke-166 ini. Warga masyarakat Kabupaten Cilacap pada khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya, senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Kemudian wabah Pandemi Covid-19 segera berakhir, jauh dari berbagai ujian dan musibah, serta berbagai kemudahan dan limpahan barokah, sehingga kehidupan kita senantiasa berada dalam ketentraman, kedamaian, dan kesejahteraan.

Ketua panitia peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap Ke-166, Arida Puji Hastuti mengatakan, Doa bersama dan tasyakuran merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke-166 Kabupaten Cilacap sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allat SWT, Kabupaten Cilacap sudah berusia 166 tahun.

Adapun pelaksanaan puncak peringatan Hari Jadi pada hari Senin (21/3/2022), yaitu Upacara di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti. Di hari yang sama, juga akan berlangsung Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Cilacap serta prosesi penyerahan panji Jalabhumi Wijayakusuma Cakti dari Ketua DPRD kepada Bupati Cilacap; sebagai Representasi amanat rakyat pada Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap. (Achmad Nur Wahidin)

Baca Juga >> RM Adipati Arya Tjakra Sewaya Bupati Cilacap Ke 5

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button