Badan Otonom NU

Ansor Kawunganten Gelar Pelatihan Media Berbasis Android

Kawunganten, NU Cilacap

Pengurus Anak Cabang  Gerakan Pemuda (PAC GP ) Ansor Kawunganten menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan  Adminitrasi Keskretariatan dan Media berbasis Android.

Kegiatan ini didasari pemikiran bahwa dunia digitali kian bertambah pertumbuhannya dari tahun ke tahun, tak ayal skill atau kemampuan dalam ranah ini di butuhkan baik oleh perusahaan, instansi maupun keorganisasian.

Contohnya  adalah konten kreator,  baik  media sosial maupun media online pun membutuhkannya. Tak pelak hal ini disinyalir sebagai penguatan informasi di ranah dunia maya seperti Media Sosial (Medsos). Kebutuhan akan informasi yang demikian itu juga diperlukan oleh organiasi kepemudaan Nahdlatul Ulama (NU). Melihat perkembangan media yang pesat ini,

Ansor Kawunganten
dok, PAC GP Ansor Kawunganten

Acara ini diselenggrakan bersamaan dengan Rapat Kerja PAC GP Ansor Kawunganten.  di Markas Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kawunganten, Senin 7 Desember 2020. Agenda ini dihadiri  PC GP Ansor Cilacap dan  Banom se kecamatan Kawunganten. Adapun peserta  adalah  skertaris dari  Banom-Banom ranting dari Ansor, Fatayat, IPNU-IPPNU dan Muslimat se Kecamatan Kawunganten.

Untuk materi tentang keadministrasian diisi oleh Skretaris PC GP Ansor Cilacap, Ahmad Fajri Nida. Sedangkan untuk materi media berbasis android diisi oleh tim media publikasi di  MWC NU Kawunganten dan PAC GP Ansor Kawunganten Sochibul Faih dan  Khanif.

Ketua PAC GP Ansor Kawunganten Sumardiyono menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kualitas administrasi organisasi di Nahdlatul Ulama.

“Kegiatan ini diadakan dengan tujuan  untuk lebih meningkatkan dalam hal keadministrasian organisasi yang lebih baik .  Tentunya untuk meningkatkan profesionalisme pengurus Banom NU di wilayah Kecamatan Kawunganten, ” kata Sumardiyono

Sumardiyono juga menyampaikan harapannya, “Kami berharap dengan latihan ini akan  menjadikan administrasi yang lebih tertib,  lebih transparan, lebih akuntabel sehingga lebih baik kedepannya”.

Saatnya Kader NU Menguasi  Konten Media

Sesi  selanjutnya peserta mendapatkan materi bimbingan media berbasis android yang diisi oleh tim media publikasi di  MWCNU Kawunganten dan PAC GP Ansor Kawunganten  yakni Shohibul  Faih dan Khanif.

Di sesi ini peserta mendapatkan pengertian tentang pentingnya conten creator untuk kepentingan publikasi. Untuk itu para peserta diajari untuk membuat konten-konten sederhana  tentang informasi terkait kegiatan NU di tingkat ranting, PAC, dan seterusnya.

Sohibul Faih selaku pemateri  menuturkan bahwa kader-kader NU hendaknya tidak asal mengupload  begitu saja foto-foto kegiatan di media social. Akan tetapi membuat foto-foto tersebut menjadi lebih menarik dengan cara mengedit dan menyisipkan kata-kata keterangan sehingga menjadi lebih  menarik dan bermakna.

Peserta tampak begitu antusias. Jatah waktu yang awalnya hanya 30 menit menjadi 2 jam karena peserta meminta dibimbing langsung untuk praktek.

“Biasanya teman-teman mengupload foto-foto di akun media social seperti facebook, Instagram, twitter dengan tujuan untuk menyimpan gambar. Nah sekarang jangan lagi seperti itu. Jadikan fot-foto yang kita publish itu agar lebih menarik dan bermakna. Caranya dengan menyisipkan kata-kata keterangan sehingga gambar akan lebih bercerita. Tujuannya adalah untuk berdakwah dan bersyiar”, kata Faih.

Penulis : Bahtiar

Editor : Naeli Rokhmah

Show More

Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four × one =

Pilih Artiikel Menarik Lainnya
Close
Back to top button