Lembaga NU

Shalat Jumat Perdana di Masjid Nur Tjokrosiwojo PCNU Cilacap

Shalat Jumat Perdana di Masjid Nur Tjokrosiwojo PCNU Cilacap akan dilaksanakan pada Hari Jumat Pon, 14 Desember 2018 bertepatan dengan 6 Robiutsani 1440 H.

Seperti diketahui , dalam serah terima Masjid dari Wakif ke PCNU Cilacap, Senin, 3 Desember 2018 yang lalu, telah dinyatakan bahwa di Masjid Nur Tjokrosiwojo memang akan dimakmurkan antara lain dengan pelaksanaan Shalat Jumat. 

Shalat Jumat Perdana di Masjid Nur Tjokrosiwojo

“Pelaksanaan Shalat Jumat Perdana diputuskan melalui Rapat Kerja Ta’mir Masjid Nur Tjokrosiwojo, Selasa (11/12). Ini sekaligus merupakan bentuk tanggungjawab Ta’mir Masjid setelah peresmian dan diserahterimakan,” demikian diungkapkan oleh H. Aid Mustaqim, Sekretaris LTMNU Cilacap.

Peresmian Masjid Nur Tjokrosiwojo [Gambar]

Dalam Rapat Kerja tersebut juga diputuskan perihal Imam Shalat Jumat dan Khatib yang akan bertugas sejak Shalat Jumat Perdana dan seterusnya. Ketua LTMNU Cilacap H. Kiswandi menyebutkan beberapa nama sebagai Imam Shalat Jumat.

“Di antaranya, Drs. KH. Nasrulloh Muchson, Drs. KH. Imam Mudaris, KH. Mukhlisudin Affandi, KH. Maslahudin, KH. Sya’roni Jazuli. Mereka menjadi Imam sekaligus menjadi Khatib untuk membacakan Khutbah Jumat,” katanya

Tentang pelaksanaan Shalat Jumat ini, sudah disosialisaikan kepada seluruh jajaran pengurus NU, Lembaga dan Badan Otonom. Sosialisasi juga disampaikan kepada masyarakat sekitar Masjid Nur Tjokrosiwojo.

Aid Mustaqim menambahkan, pelaksanaan Shalat Jumat Masjid NU Cilacap ini kiranya bisa semakin mendekatkan Organisasi NU Cilacap dengan warga masyarakat di sekitar Masjid.

“Nilai kemanfaatan Masjid yang menjadi tanggung jawab LTMNU Cilacap, harus berorientasi kepada peningkatan kualitas hablun minannas sekaligus hablun minallah,” katanya.

Sejarah Shalat Jumat

Awal mula shalat Jumat pada dasarnya telah diisyaratkan saat Nabi Muhammad masih berada di Mekkah dan belum hijrah ke Madinah. Namun, ibadah tersebut belum bisa terlaksana karena jumlah umat Islam yang masih sedikit serta banyaknya intimidasi dari kaum kafir Quraisy.

Akhirnya, Nabi Muhammad dan para sahabatnya melaksanakan shalat Jumat pertama kali saat perjalanan hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Hal itu dilakukan pada pekan kedua bulan Rabiul Awal atau pekan terakhir September 622 masehi.

Nabi Muhammad dan para sahabat tiba di Quba atau kira-kira 7 kilometer dari Madinah pada Senin, 8 Rabiul Awal. Di sana, rombongan Rasulullah beristirahat selama 4 hari dan juga membangun masjid.

Pada hari ke-5 atau pada Jumat pagi, Rasulullah dan sahabat melanjutkan perjalanan ke Madinah. Setelah 3 kilometer berjalan, tepatnya di Wadi Ranuna, Nabi Muhammad menjalankan shalat Jumat untuk pertama kali.

Di tempat tersebut juga, saat ini telah berdiri masjid dengan nama Masjid Jumat. Hal ini dilakukan untuk mengenang sejarah shalat Jumat pertama. Selain melaksanakan shalat Jumat pertama kali, Rasulullah juga membawakan khutbah Jumat.

Baca Juga >> Hukum, Syarat, Rukun, Sunah Khutbah Jumat dan Adab Khatib

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

11 + 9 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button